Mau Buka Usaha Laundry? Cek Dulu Modal Laundry yang Harus Dikeluarkan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

modal usaha laundry
Isi Artikel

Salah satu peluang usaha yang bisa meramaikan pasar adalah usaha laundry kiloan. Terutama yang tinggal di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi dan aktivitas sibuk setiap harinya. Tentunya mereka tidak sempat untuk mencuci baju. Membuka usaha ini juga membutuhkan modal laundry yang tidak sedikit.

Layanan mencuci dan menyetrika pakaian, kini menjadi pilihan sebagian besar orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Usaha laundry kiloan ini bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Modal laundry yang dibutuhkan sekitar Rp6 juta sampai Rp10 juta. Dan tentunya untung yang dihasilkan pun bisa berkali-kali lipat.

Bagaimana? Apakah Anda masih tertarik untuk mengetahui lebih terkait usaha laundry kiloan ini? Jika masih, simak penjelasan terkait modal laundry yang sudah dirangkum KitaLulus di bawah ini.

Mengenal Usaha Laundry

Laundry memiliki arti pada tindakan mencuci pakaian, tempat mencuci pakaian, atau pakaian yang sudah dicuci. Sementara kegiatan laundry adalah menggabungkan kegiatan mencuci dan tempat mencuci pada waktu dan lokasi yang sama.

Sedangkan usaha laundry merupakan sebuah usaha di bidang jasa yang menawarkan cuci pakaian dan sejenisnya yang umum digunakan oleh konsumen. Pada umumnya usaha laundry kiloan ini membutuhkan banyak mesin cuci untuk mencuci pakaian yang masuk. Oleh karena itu, dibutuhkan modal laundry untuk membuka usaha ini.

Bisnis usaha laundry pertama kali terkenal di Amerika Serikat, lalu menyebar ke seluruh dunia. Awal mulanya adalah ketika banyak imigran China yang datang ke Amerika sebagai tenaga kerja industri pertanian.

Hingga pada tahun 1850, seorang imigran China bernama Wah Lee membuka usaha jasa laundry tangan pertama di Amerika Serikat. Hal inilah yang menyebabkan banyak imigran China lainnya ikut membuka jasa yang sama.

Usaha laundry tersebut terus berkembang sampai banyak industri yang memproduksi mesin cuci setelah listrik ditemukan. Bahkan hingga kini, usaha laundry terus berkembang dengan berbagai alat mesin cuci yang semakin canggih dan modern.

Lalu, mengapa usaha laundry ini dibutuhkan masyarakat? Dan berapa modal laundry yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini?

Alasan Usaha Laundry Selalu Dicari

Saat ini, usaha laundry sudah banyak ditemukan di berbagai sudut kota. Oleh karena itu, usaha laundry ini menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa usaha laundry sangat dicari dan dibutuhkan masyarakat. Di antaranya adalah:

  • Tidak ada waktu untuk mencuci. Di tengah padatnya mobilitas dan sibuknya aktivitas seperti di kota besar, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya. Meskipun terlihat mudah, mencuci pakaian pun membutuhkan waktu dan tenaga. Mulai dari mencuci, menyetrika, hingga melipatnya dengan rapi dan memasukkannya ke lemari pakaian.
  • Lebih praktis. Dengan menggunakan jasa laundry, waktu yang tadinya dipakai untuk mencuci bisa digunakan untuk melakukan hal lain atau sekedar istirahat di rumah. Alasan inilah yang menyebabkan banyak orang yang mengandalkan jasa laundry.
  • Keahlian dari orang terpercaya. Banyak orang meyakini bahwa dengan menggunakan jasa laundry, pakaian mereka lebih terawat dan wangi. Sebab tidak banyak orang yang memiliki keahlian untuk mencuci pakaian tertentu seperti pakaian berbulu, pakaian kulit, atau bahkan kain kebaya dengan banyak payet yang menghiasi. Oleh karena itu, banyak orang mempercayai pakaiannya dicuci dengan ahlinya.

Kelebihan dari Usaha Laundry

Sebelum membahas modal laundry yang dibutuhkan, Anda harus paham mengenai kelebihan dari usaha yang membantu banyak orang ini. Kelebihan inilah yang membuat usaha laundry terus berkembang pesat seperti saat ini.

Beberapa kelebihan usaha laundry dibandingkan usaha lainnya, adalah:

1. Seiring dengan Perkembangan Zaman

Berkembangnya teknologi juga membuat banyak inovasi untuk mesin cuci. Tentunya hal ini juga membuat kegiatan mencuci menjadi lebih mudah. Sehingga nantinya akan banyak orang yang semakin membutuhkan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya.

2. Mudah Dipelajari

Dengan adanya mesin cuci yang canggih dan terkini, sebenarnya kegiatan mencuci tidak membutuhkan keahlian khusus kecuali untuk pakaian jenis tertentu. Modal laundry yang dibutuhkan hanya ketekunan dan terus mempelajari cara kerja mesin cuci, maka Anda bisa membuka usaha laundry kiloan dari rumah. Bahkan Anda bisa memulai dengan sumber daya yang seadanya.

3. Dimulai dari Rumah

Usaha laundry ini tidak membutuhkan ruangan khusus. Bahkan Anda bisa memulainya dari rumah sendiri. Sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha. Modal laundry yang dibutuhkan dalam hal ini adalah dengan meluangkan beberapa meter ruangan di rumah Anda untuk menempatkan mesin cuci dan area menjemur.

Kekurangan dari Usaha Laundry

Selain kelebihan dari usaha laundry yang membuat usaha ini terus berkembang, ternyata ada beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya adalah:

1. Persaingan yang Tinggi dan Ketat

Salah satu kelebihan dari usaha laundry adalah mudah dilakukan. Sehingga banyak orang yang mencoba peruntungannya di usaha ini. Jika Anda berencana untuk membuka usaha laundry di rumah, sebaiknya periksa kondisi sekitar. Hal ini dilakukan untuk memastikan pesaing laundry lainnya dan agar usaha yang Anda jalani bisa bertahan lama.

2. Cuaca Menjadi Penghalang

Meskipun sudah banyak mesin cuci yang bisa mengeringkan pakaian, cuaca masih menjadi hal utama dari usaha laundry ini. Terutama sinar matahari yang terik untuk mengeringkan pakaian. Sebab jika cuaca tidak baik, pakaian pun akan tidak kering sempurna dan bisa menyebabkan bau bahkan rusak.

3. Ruangan yang Luas

Jika Anda memutuskan untuk membuka usaha laundry di rumah, maka pastikan ada ruangan luas untuk menempatkan mesin cuci dan perlengkapan lainnya. Modal laundry dari usaha ini adalah dengan mengorbankan setengah dari luas rumah agar usaha laundry Anda bisa berjalan.

Modal Laundry yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda masih yakin ingin membuka usaha laundry? Jika masih, berikut rincian modal laundry yang diperlukan.

Estimasi penghitungan modal laundry yang dibutuhkan adalah kurang lebih sebesar Rp10 juta. Maka rincian biayanya adalah sebagai berikut:

Penghitungan Modal Laundry untuk biaya operasional bulanan

Dari estimasi modal laundry yang dikeluarkan, maka Anda bisa memperkirakan nominal keuntungan yang bisa didapatkan per bulannya. Berikut estimasi penghitungannya:

Jika estimasi total keuntungan per bulan sebesar Rp3 juta, maka Anda bisa mendapatkan balik modal di bulan ketiga. Dan di bulan-bulan berikutnya Anda sudah bisa meraup banyak keuntungan lebih dari 50%. Itulah gambaran estimasi penghitungan modal laundry yang harus Anda keluarkan. Apakah masih tertarik? Simak tips berikut ini jika memang ingin membuka usaha laundry.

Tips Membuka Usaha Laundry

Jika Anda sudah merasa yakin untuk membuka usaha laundry di rumah, maka ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Di antaranya adalah:

1. Layanan Antar Jemput

Tips pertama untuk membuka usaha laundry adalah siapkan layanan antar jemput. Anda bisa mengantar dan menjemput laundry pelanggan. Hal ini pun bisa dilakukan dengan online, via chat WhatsApp. Selain itu, Anda juga bisa memberikan gratis ongkir dalam jarak radius tertentu.

2. Hitung dan Persiapkan Modal

Pastikan Anda benar-benar sudah memegang modal laundry yang harus dikeluarkan. Hitung dengan teliti dan terinci di setiap barang yang dibutuhkan. Hal ini untuk meminimalisir adanya barang dadakan yang tidak berkaitan dengan usaha laundry Anda.

3. Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi strategis nantinya akan mempengaruhi layanan antar jemput. Pastikan lokasi Anda strategis agar menghindari biaya operasional yang membengkak.

4. Pemilihan Harga

Sebaiknya Anda periksa dulu kisaran harga usaha laundry di dekat lokasi Anda. Jangan sampai Anda mematok harga yang lebih rendah apalagi lebih tinggi. Pastikan harga yang Anda tawarkan masuk akal dan ramah di kantong.

5. Terapkan Cara Mencuci yang Efektif

Sebelum membuka usaha laundry, pastikan Anda sudah memahami cara atau teknik operasional mencuci yang efektif. Mulai dari mencuci hingga pengemasan pakaian. Hal ini tentunya akan memberikan dampak bagi kualitas layanan usaha laundry Anda.

6. Waspada Pesaing Lain

Meskipun ada banyak pesaing, jangan sampai Anda menjadikan mereka sebagai tolak ukur atau patokan dalam menjalankan usaha ini. Anda harus menemukan cara sendiri dan menjadi unik di antara usaha sejenis lainnya.

7. Temukan Pemasok Material

Tips selanjutnya adalah Anda harus memastikan bahwa material untuk kegiatan operasional selalu ada dalam stok. Oleh kerana itu, Anda harus menemukan pemasok material bahan baku yang terpercaya. Hal ini tentunya akan berdampak pada kualitas hasil cucian dari usaha laundry Anda.

8. Siapkan Sistem Pengelolaan Profit

Selain menyiapkan modal laundry dan material operasional lainnya, Anda juga sebaiknya menyiapkan sistem pengelolaan profit. Hal ini bertujuan agar usaha laundry Anda bisa terus berjalan dengan optimal.

9. Lakukan Promosi di Awal Pembukaan

Lakukan promosi pada saat membuka usaha Anda. Berikan banyak promosi untuk menarik banyak pelanggan dan juga menjangkau target pelanggan lainnya. Selain di awal pembukaan, Anda juga bisa melakukan promosi di hari-hari lainnya, seperti hari raya, libur sekolah, dan lain-lain.

Itulah penjelasan terkait usaha laundry dan modal laundry yang harus Anda ketahui. Meskipun usaha laundry ini memiliki prospek bagus kedepannya, pastikan Anda untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan bisa bertahan.

Bagi Anda yang membutuhkan karyawan untuk membantu usaha laundry, bisa menaruh lowongan di KitaLulus. Kini KitaLulus sudah beroperasi di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan karyawan terbaik mulai dari sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok