Wajar Kaya Raya! Ini 17 Rahasia Sukses Elon Musk yang Unik

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Rahasia sukses elon musk
Isi Artikel

Rahasia sukses Elon Musk– Setelah berhasil membeli Twitter di April 2022, nama Elon Musk menjadi perbincangan di seluruh penjuru dunia. Bahkan majalah Forbes menobatkannya sebagai orang terkaya di 2022. Lalu, apa kira-kira rahasia sukses Elon Musk yang bisa membuatnya kaya?

Penasaran? Mari kita ulas selengkapnya terkait fakta dan rahasia sukses Elon Musk, di bawah ini. Semoga Anda bisa menirunya ya!

BACA JUGA: Apa Itu Value Proposition? Ini 8 Elemen, Contoh, dan Cara Membuatnya

Siapa Elon Musk?

Elon Musk adalah orang terkaya di dunia

Memang benar bahwa, tidak semua orang mengenal atau mengetahui siapa itu Elon Musk. Namanya ramai diperbincangkan setelah hampir mengakuisisi perusahaan sosial media Twitter pada awal April 2022.

Siapa Elon Musk? Elon Musk adalah CEO dan founder dari Tesla dan SpaceX. Terlepas dari jabatan tersebut, ia adalah seorang penemu. Namanya mentereng dalam dunia bisnis dan teknologi. Hal ini karena penemuan-penemuannya yang berhasil membuat banyak orang terpana dan terinspirasi.

Menjadi orang terkaya di tahun 2022, membuat kisahnya banyak diulas berbagai media di penjuru dunia. Bagaimana tidak, banyak orang yang ingin mengetahui rahasia sukses Elon Musk dalam bisnis.

Terlepas dari kehidupan pribadinya, kekayaan Elon Musk saat ini mencapai USD$ 246.7 miliar atau setara dengan Rp3.552 triliun per bulan Mei 2022. Selain itu, Elon Musk juga pernah menjadi Person of the Year versi majalah Time di tahun 2021.

Fakta Elon Musk

Semua penjelasan terkait siapa Elon Musk tentu membuat Anda penasaran dengan fakta dari bos mobil listrik ini, bukan? Berkat predikat yang disambangnya, ada banyak pihak yang ingin mengetahui fakta dan rahasia sukses Elon Musk yang berhasil menjadi pebisnis in.

Berikut beberapa fakta Elon Musk yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Lahir di Afrika Selatan dan Tiga Kewarganegaraan

Fakta Elon Musk yang pertama adalah ia lahir di Pretoria, Afrika Selatan, 28 Juni 1971 dari pasangan Errol dan Maye Musk. Kemudian di usianya yang ke-17, mereka pindah ke Kanada.

Tiga tahun kemudian ia pindah ke Amerika Serikat untuk menimba ilmu di University of Pennsylvania di Philadelphia. Fakta menarik lainnya adalah, Elon memiliki tiga kewarganegaraan sekaligus. Yaitu Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat. Saat ini, ia tinggal di Los Angeles, California.

2. Kutu Buku

Mungkin Anda tidak akan percaya jika dibalik paras wajahnya yang rupawan, Elon Musk adalah seorang kutu buku. Kegemarannya membaca buku sudah dimulai sejak usianya masih kecil. Bahkan ketika berusia sembilan tahun, ia sudah membaca semua ensiklopedia yang ada.

Tidak hanya buku pengetahuan saja, tetapi ia juga membaca buku fiksi. Seperti komik, novel, dan lainnya. Dalam perharinya, Elon Musk bisa menghabiskan waktu sampai 10 jam lamanya hanya untuk membaca buku.

3. Pendiam

Kegemarannya pada buku, membuatnya menjadi pribadi pendiam. Bahkan ia jarang berbicara dengan kedua orang tuanya. Faktanya, Maye Musk, ibu Elon Musk, pernah membawa ia ke dokter karena mengira ada gangguan pendengaran yang dialami oleh anak nya.

Hal ini karena kebiasaan Elon Musk yang pendiam dan sering didapati sedang melamun. Padahal, disaat melamun ini ia sedang membayangkan beragam inovasi. Nah, kalau Anda sedang melamun apa biasanya yang dipikirkan?

4. Belajar Pemrograman Di Usia 9 Tahun

Selain gemar membaca buku, fakta Elon Musk lainnya adalah ia mulai belajar pemrograman di usia 9 tahun. Tiga tahun kemudian, ia membuat sebuah game PC bernama Blastar dengan tema luar angkasa.

Kode tersebut dijual seharga USD$500 ke salah satu majalah komputer. Inspirasi untuk membuat game ini didapatkan dari permainan arcade yang sangat terkenal di tahun 80-an. Jika Anda penasaran dengan permainan ini, Anda masih bisa memainkannya secara online.

5. Pernah Menjadi Korban Bullying

Ketika ia masih kecil, Elon Musk pernah menjadi korban perundungan atau bullying saat masih tinggal di Afrika Selatan. Hal ini terjadi karena pada saat itu, Musk menjadi salah satu siswa dengan proporsi tubuh paling kecil, muda, pendiam, dan kutu buku.

Ia pernah dipukul dan didorong dari tangga oleh para pelaku perundungan. Dari kejadian itu, Elon Musk harus menjalani perawatan beberapa hari di rumah sakit. Fakta Elon Musk yang menarik lainnya adalah ia belajar ilmu bela diri di usia 15 tahun untuk melindungi dirinya.

Fakta unik elon musk

6. Fans Berat X-Men dan Inspirasi Karakter Iron Man

Fakta menarik lainnya adalah Elon Musk seorang penggemar berat film superhero X-Men. Hal ini ia tunjukkan dengan memberi nama semua robot di Tesla Motors dengan nama karakter dari film tersebut.

Tahukah Anda bahwa, karakter superhero Iron Man terinspirasi dari pebisnis kaya ini? Elon Musk ikut membantu aktor utama Iron Man, Robert Downey Jr, untuk mengembangkan karakter ini. Bahkan beberapa set untuk film Iron Man 2 diambil di Space-X dan Elon Musk menjadi cameo di beberapa scene.

7. Pemilik Mobil Kapal Selam James Bond

Kendaraan fenomenal dari film James Bond ‘The Spy Who Loved’, Lotus Esprit, duduk manis di dalam garasi Elon Musk. Bukan sebagai pajangan saja, melainkan sebagai kendaraan miliknya.

Ya, Elon Musk adalah pemilik kendaraan fenomenal tersebut. Bahkan ia berencana untuk mengubah Lotus Esprit untuk menjadi kapal selam sesungguhnya. Apakah akan berhasil? Kita tunggu saja kabar terbarunya.

8. Berjualan untuk Orang Kaya

Ketika ia masih tinggal di Afrika Selatan, Elon Musk bersama saudara laki-lakinya, Kimbal dan sepupu mereka pernah menjual telur paskah keliling untuk orang kaya di wilayah tersebut.

Faktanya, biaya telur paskah tersebut dijual dengan harga 10 kali lipat lebih mahal dibandingkan biaya produksinya. Modal yang dibutuhkan hanya 50 sen, tapi Elon Musk menjualnya dengan harga USD$10.

9. Bertahan Hidup dengan 1 Dollar

Fakta Elon Musk lainnya adalah ia pernah bertahan hidup dengan uang 1 dollar per harinya. Jika dirupiahkan, Musk bertahan hidup dengan uang sejumlah Rp14 ribu sehari-hari.

Hal ini terjadi ketika ia baru saja pindah ke Amerika Utara. Bukan tanpa alasan, 1 dollar sehari adalah tekadnya untuk bertahan hidup. Untuk menghemat biaya pengeluaran, ia akan membeli makanan dalam jumlah banyak lalu membaginya untuk beberapa hari.

10. Pemilik Beberapa Perusahaan Besar

Satu lagi fakta Elon Musk yang perlu Anda tahu adalah ia seorang pemilik dari beberapa perusahaan besar. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa ia seorang CEO dari Tesla Motors dan Space-X.

Faktanya, ia memiliki beberapa perusahaan besar lainnya. Beberapa diantaranya adalah The Boring Company, Neuralink Corporation, dan bank online x.com yang kini menjadi PayPal.

BACA JUGA: Contoh Etika Bisnis, Tujuan, dan Penerapannya di Perusahaan

Rahasia Sukses Elon Musk yang Bisa Anda Tiru

Cara menjadi kaya seperti elon musk

Dibalik ke-10 fakta menarik terkait Elon Musk, ada beberapa rahasia sukses yang dibagikan kepada banyak orang yang ingin mengikuti jejaknya. Ada apa saja?

  • Memiliki kemampuan untuk beradaptasi.
  • Memiliki kemampuan untuk mengelola konflik.
  • Memiliki keterampilan dalam memotivasi anggota tim.
  • Memiliki tekad untuk menjalani kehidupan yang bermanfaat dan jadi orang berguna.
  • Berkontribusi kepada masyarakat.
  • Tidak menempatkan diri sebagai seorang pemimpin.
  • Rajin membaca buku untuk menyerap banyak informasi.
  • Membangun koneksi sosial dengan banyak orang dari berbagai background.
  • Tidak suka mengatur orang lain.
  • Memaksimalkan potensi investasi.
  • Memiliki pola tidur teratur dan cukup untuk menjaga produktivitas yang banyak.
  • Menyukai apa yang dikerjakan.
  • Mengikuti kata hati.
  • Berani mengambil risiko.
  • Fokus pada hal penting.
  • Bekerja super giat.
  • Menarik orang-orang berbakat yang mampu memecahkan masalah.

Apabila Anda membutuhkan karyawan di perusahaan, maka Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan terbaik dan berpotensi dan terbaik di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok