Template Job Description Accounting Staff untuk Temukan Kandidat Ideal 

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang bisnis dan digital marketing.

Isi Artikel

Setiap perusahaan membutuhkan Accounting Staff untuk mencatat transaksi dan membuat laporan keuangan bulanan sampai tahunan. Saking pentingnya, ketika membuka lowongan HRD harus selektif memilihnya. Job description Accounting Staff jadi salah satu hal penting.

Dengan job description yang dibuat sesuai standar kebutuhan, dapat membantu menyaring kandidat-kandidat terbaik. Jika Anda memiliki kesulitan bagaimana menuliskan job description Accounting Staff, KitaLulus sudah merangkumnya untuk Anda, simak artikel ini sampai selesai!


Tips Menulis Job Description Accounting Staff

Menulis job description adalah keterampilan wajib sebagai HRD. Lewat job description yang tepat akan menarik kandidat yang memenuhi syarat. Sebaliknya, jika deskripsi yang dibuat kurang jelas akan mendatangkan pelamar yang tidak sesuai. Karena itu, job description menentukan keberhasilan rekrutmen. 

Misalnya, saat ini perusahaan anda akan membuka lowongan untuk Accounting Staff. Maka Anda harus pahami terlebih dulu peran tersebut serta kualifikasi yang dibutuhkan. Anda dapat melibatkan manajer dan level senior di divisi terkait saat menulis job description.

Accounting Staff sendiri bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan dan perhitungan serta mendokumentasikannya dalam bentuk laporan keuangan perusahaan, termasuk laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.


1. Tulis Judul Lowongan Singkat dan Umum 

Jika Anda sudah mendapatkan seperti apa kualifikasi yang dibutuhkan. Saat Anda memasang lowongan pada bagian atas, tuliskan peran yang dicari dalam dua kata yang umum digunakan, hindari kebingungan dengan menggunakan nama yang tidak umum.

Kamu bisa menggunakan “Accounting Staff atau “Staf Akuntan”, dua nama ini mudah dikenali. Nama lowongan yang mudah juga membuat lowongan pekerjaan mudah ditemukan  saat pencari kerja mengetik kata kunci di kolom pencarian.


2. Buat Gambaran Pekerjaan yang Jelas

Pada bagian deskripsi pekerjaan, gambarkan secara jelas seperti apa peran Accounting Staff di perusahaan anda. Uraikan tanggung jawab dari peran tersebut secara detail, tulis dalam bentuk daftar tugas.

Tidak lupa juga jelaskan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan tersebut. Anda dapat menyebutkan syarat dasar dan syarat tambahan. Misalnya syarat dasar Accounting Staff adalah pengalaman mengelola perpajakan, sedangkan syarat tambahan adalah kandidat lebih disukai berpengalaman di industri yang sama.


Contoh Penulisan Job Description Accounting Staff

Karena punya tanggung jawab yang besar, sangat penting bagi seorang HRD untuk dapat menemukan dan merekrut Accounting Staff yang tepat. Langkahnya adalah memvisualisasikan karyawan ideal dan menuliskannya dalam job description.

Berikut ini template job description Accounting Staff yang bisa jadi referensi Anda.

Kami sebuah perusahaan yang berkembang di Indonesia, sedang mencari Accounting Staff yang akan bergabung dengan Accounting Department kami. Accounting Staff akan bertanggung jawab dalam semua tugas akuntansi harian, termasuk menyiapkan dokumen pajak dan memperbarui file pengeluaran. Anda akan melakukan transaksi keuangan dan mencatatnya di buku besar, untuk itu perhatian dan ketelitian terhadap detail sangat dibutuhkan.


Tugas dan Tanggung Jawab:

  • Memastikan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan lengkap dan benar
  • Input data yang berhubungan dengan jurnal akuntansi pada sistem keuangan (pembukuan)
  • Membuat posting jurnal
  • Membuat laporan keuangan
  • Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan.
  • Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan dan laporan perpajakan perusahaan
  • Menyusun rencana anggaran perusahaan
  • Menyusun dan membuat anggaran belanja atau pengeluaran perusahaan secara periodik (bulanan dan tahunan)


Kualifikasi yang Harus Dimiliki

  • Pria/Wanita
  • Usia Maksimal 28 tahun
  • Pendidikan minimal SMK akuntansi
  • Berpengalaman minimal 1 tahun kerja
  • Menguasai Microsoft Office terutama Excel dan sangat baik membuat spreadsheet
  • Mampu mengoperasikan atau memiliki pengetahuan sistem informasi akuntansi merupakan nilai tambah
  • Mempunyai kemampuan untuk menganalisa data
  • Seorang yang punya perhatian pada detail
  • Menguasai matematika
  • Dapat bekerja individu dan dalam tim
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, lisan dan tulisan.


Anda dapat mengubah template di atas sesuai dengan kebutuhan dan jenis industri Anda, dan menuliskannya ke dalam iklan lowongan kerja. Kini pasang iklan lowongan kerja dengan mudah hanya di KitaLulus. KitaLulus menyediakan platform yang mempertemukan talenta terbaik dan perusahaan.

Platform KitaLulus mempunyai layanan yang dapat membantu HRD mendapatkan apa yang kandidat terbaik dan sangat efisien dalam segi waktu. Sehingga proses pencarian kandidat dapat diselesaikan lebih cepat. Yuk, daftarkan akun Anda dengan cara download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok