CPNS

CPNS BPK 2021 Membuka 1.320 Formasi, Yakin Gak Minat?

Close Pop up
cpns bpk 2021
Tertarik ikut CPNS BPK 2021? Cek formasi lengkapnya di sini!

Isi Artikel

Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK ternyata juga membuka formasi untuk CPNS 2021. Hal ini berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan secara resmi oleh BPK pada tanggal 8 Juli. Untuk kamu yang mungkin masih pilih-pilih instansi, mungkin bisa mempertimbangkan formasi CPNS BPK 2021. Agar lebih jelasnya lagi, yuk lihat informasi lengkapnya di bawah ini!


Formasi CPNS BPK 2021

Pengumuman formasi CPNS BPK 2021 tertuang dalam surat Nomor: 01/S.Peng/X/07/2021 yang dikeluarkan BPK pada 8 Juli lalu. Pada CPNS 2021, BPK membuka 1.320 formasi.

Formasi CPNS BPK 2021 ini terbuka untuk lulusan D3 hingga S1, dan terbuka bagi formasi umum dan formasi khusus baik lulusan terbaik, disabilitas dan juga putra/putri Papua dan Papua Barat.

  

Rincian Formasi CPNS BPK 2021

BPK membuka kesempatan yang selebar-lebarnya untuk kamu yang ingin berkarir di lembaga auditor negara melalui CPNS. Nantinya ketika dinyatakan lolos, kamu akan ditempatkan pada kantor pusat maupun juga kantor BPK perwakilan di seluruh Indonesia.

Penempatan unit kerja yang dibuka oleh BPK di beberapa regional antara lain:

  • Sumatera
  • Jawa
  • Kalimantan
  • Sulawesi
  • Maluku
  • Papua
  • Bali
  • Nusa Tenggara

Saat proses pendaftaran di laman SSCASN, kamu harus memilih unit kerja tersebut. 

Berikut ini rincian formasi CPNS BPK 2021:


1. Pemeriksa Ahli Pertama

Jumlah formasi yang dialokasikan untuk formasi ini adalah 1257 formasi terbagi untuk beberapa regional.

Untuk regional  penempatan Sulawesi, Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara. Disediakan  593 formasi dengan pembagian 543 formasi umum, 40 formasi lulusan terbaik, 10 formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.  

Regional Jawa disediakan 62 formasi, umum 24 formasi, dan cumluade 38 formasi. Lalu untuk regional Kalimantan dibuka 150 formasi, untuk umum 141 dan formasi cumlaude 9 formasi

Sementara itu, regional Sumatera mendapatkan alokasi formasi sebanyak 452 formasi  yang terbagi 407 formasi umum dan 45 formasi khusus lulusan terbaik

Kualifikasi pendidikan untuk formasi ini sama untuk setiap regionalnya yaitu:

- S1 Akuntansi

- S1 Hukum

- S1 Ilmu Komunikasi

- S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan

- S1 Manajemen

- S1 Statistika

- S1 Teknik Sipil

- S1 Teknik Lingkungan

- S1 Teknik Informatika

- S1 Sistem Informatika

- S1 Sastra Arab

- S1 Sastra Inggris

- S1 Sastra Jerman

- S1 Sastra Perancis

- S1 Sastra Spanyol

- S1 Statistik

- D4 Akuntansi


2. Pranata Komputer Pertama

Jumlah kebutuhan formasi CPNS BPK 2021 untuk formasi ini ada sebanyak 35 formasi. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan:

- S1 Teknik Informatika

- S1 Sistem Komputer

- S1 Teknik Komputer

- S1 Ilmu Komputer

- S1 Sistem Informasi

Dari 35 formasi tersebut, dibagi untuk beberapa regional:

1. Regional Sulawesi, Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara: 13 formasi (6 formasi untuk umum dan 7 formasi untuk disabilitas) 

2. Regional Jawa: 7 formasi (4 formasi umum dan 3 formasi untuk disabilitas)

3. Regional Kalimantan: 5 formasi (4 formasi untuk umum dan 1 formasi khusus disabilitas)

4. Regional Sumatera: 10 formasi (4 formasi umum dan 6 formasi dikhususkan untuk disabilitas)


3. Pengolah Data Informasi dan Hukum

Formasi ini dibuka untuk lulusan D3 dengan kualifikasi pendidikan bidang Teknik Informatika/Manajemen, Teknik Informatika/Administrasi Perkantoran/ Manajemen. Jumlah formasi yang dibutuhkan untuk jabatan ini adalah 28 formasi. Dibagi untuk beberapa regional, seperti:

1. Regional Sulawesi, Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara: 13 formasi (formasi umum 8 formasi dan 5 formasi untuk disabilitas) 

2. Regional Kalimantan: 5 formasi (4 formasi umum dan 1 untuk formasi disabilitas)

3. Regional Sumatera: 10 formasi (6 formasi umum dan 4 formasi khusus disabilitas)


Kriteria Peserta Formasi CPNS BPK 2021

Ada empat kriteria peserta pendaftaran CPNS yang dibuka BPK pada tahun ini, yaitu kriteria formasi umum, kriteria formasi khusus disabilitas, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat.


1. Formasi Umum

Kriteria pertama formasi umum ini adalah pelamar lulusan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan.


2. Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Formasi ini dikhususkan untuk pelamar yang merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak/ibu asli Papua/Papua Barat), dibuktikan dengan Akta Kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.


3. Formasi Khusus Disabilitas

Ini adalah formasi khusus bagi pelamar yang menyandang disabilitas dan memenuhi ketentuan, sebagai berikut:

  1. Mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri seperti makan dan minum, mandi, memakai pakaian, menjangkau ke atas, melintasi lorong, naik lift/naik tangga.
  2. Mampu berkomunikasi secara lisan maupun tertulis dengan baik, benar dan lancar:
  3. Mampu mengoperasikan/bekerja menggunakan alat sarana kerja dan komputer dengan baik.
  4. Melampirkan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; serta wajib diunggah ke https://sscasn.bkn.go.id.
  5. Membuat video yang menggambarkan kemampuan sesuai kriteria butir 1) s.d 3) diatas, mengunggah video dalam googledrive dan wajib mengunggah tautan/linknya ke https://sscasn.bkn.go.id.


Persyaratan Pendaftaran Formasi CPNS BPK 2021

Ada persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan BPK untuk kamu yang tertarik melamar pada formasi CPNS BPK 2021.


1. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, prajurit Tentara Republik Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil; Calon/Prajurit TNI; Calon/Anggota Kepolisian Negara Republik pada saat diangkat sebagai CPNS pada Pelaksana BPK.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Sehat jasmani, rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  8. Usia pelamar berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah untuk Sarjana Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3), minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun 0 (nol) bulan 0 (nol) hari pada saat mendaftar di https://sscasn.bkn.go.id.


2. Persyaratan Khusus

1. Untuk kamu yang mengikuti formasi khusus Penyandang Disabilitas dan Putra/putri Papua dan Papua Barat merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Program Studi yang terakreditasi pada saat kelulusan dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) yang telah memperoleh Ijazah (bukan Surat Keterangan Lulus) dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4.

2. Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pendidikan tinggi. Bagi pelamar yang pada saat pendaftaran belum memperoleh penyetaraan ijazah atau sedang dalam proses penyetaraan ijazah, dapat melampirkan/mengunggah Ijazah dan wajib menyerahkan bukti penyetaraan ijazah pada saat pemberkasan, bila tidak dapat menyampaikan dokumen tersebut maka dianggap gugur.

3. Bila kamu mendaftar formasi Pranata Komputer:

    a. Bersedia untuk tidak memberikan data dan informasi kepada pihak yang tidak berkepentingan;

    b. Mampu mengelola sistem komputer, program paket, database, dan sistem jaringan komputer serta membangun rancangan rinci sistem informasi sesuai standar, sistem, dan prosedur yang berlaku.

4. Persyaratan khusus formasi Pelaksana Pengolah Data Informasi dan Hukum:

    a. Bersedia untuk tidak memberikan data dan informasi kepada pihak yang tidak berkepentingan;

    b. Mampu melaksanakan kegiatan pengelolaan data dan informasi hukum berdasarkan standar, sistem, dan prosedur yang berlaku

5. Bagi yang ingin melamar posisi Fungsional Pemeriksaan, syarat khususnya adalah

    a. Mampu menjaga independensi dan integritas dalam tugas pemeriksaan;

    b. Bersedia untuk tidak memberikan data dan informasi kepada pihak yang tidak berkepentingan;

    c. Bersedia meninggalkan domisili untuk jangka waktu tertentu dalam rangka pelaksanaan tugas pemeriksaan;

    d. Mampu bekerja di luar gedung saat melakukan cek fisik dalam tugas pemeriksaan;

    e. Memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk beradaptasi dengan adanya perubahan-perubahan karena pelaksanaan tugas pemeriksaan dapat berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain dengan situasi/ kondisi di lapangan yang sangat bervariasi;

    f. Mampu dan bersedia bekerja secara optimal untuk menyelesaikan tugas pemeriksaan secara tepat waktu (termasuk hari libur, dan lebih dari 8 jam sehari apabila diperlukan);

    g. Mampu bekerja dibawah tekanan dalam penyelesaian tugas pemeriksaan;

    h. Mampu melakukan perjalanan fisik di dalam negeri maupun ke luar negeri melalui darat, laut, dan udara serta perjalanan ke daerah terpencil/pedalaman/remote area dalam melaksanakan tugas pemeriksaan.


Dokumen Persyaratan Formasi CPNS BPK 2021

Ada beberapa dokumen persyaratan yang harus kamu lengkapi untuk mendaftar di formasi CPNS BPK 2021, seperti berikut:

  1. Surat Lamaran (Format file dapat diunduh pada portal cpns.bpk.go.id). Diketik komputer dan ditandatangani diatas materai Rp10.000 file diunggah dalam bentuk .pdf
  2. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (eKTP)/Surat Keterangan Perekaman eKTP unggah dalam bentuk .pdf.
  3. Scan Asli Surat Pernyataan BPK (Format file dapat diunduh pada portal cpns.bpk.go.id). Diketik komputer dan ditandatangani diatas materai Rp10.000 lalu diupload .pdf
  4. Scan Asli Ijazah sesuai kualifikasi pendidikan berformat .pdf (tidak boleh Surat Keterangan Lulus).
  5. Bukti penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti (khusus bagi pelamar lulusan luar negeri)
  6. Scan Asli Transkrip sesuai formasi-nilai IPK yang dipersyaratkan
  7. Pas Foto berwarna dengan latar belakang merah dengan format .jpeg
  8. Bukti akreditasi institusi yang menyatakan “A” atau “unggul” pada saat kelulusan (khusus formasi Cumlaude) dengan format .pdf.
  9. Bukti Akreditasi Program Studi yang menyatakan “A” atau “Unggul” pada saat kelulusan (khusus formasi Cumlaude) berformat .pdf
  10. Khusus formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, scan Asli Akta Kelahiran dan/atau Surat Keterangan Lahir dan Surat Keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Suku (format file dapat diunduh di portal cpns.bpk.go.id) berformat .pdf
  11. Khusus penyandang disabilitas, scan asli Surat Keterangan Dokter Rumah Sakit/Puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat disabilitas dan Surat Pernyataan Disabilitas (format dapat diunduh pada portal cpns.bpk.go.id)  format .pdf
  12. Tautan Video yang menggambarkan kemampuan melakukan aktivitas (khusus penyandang disabilitas).

Dokumen yang kamu unggah haruslah dokumen asli dan berwarna. Pastikan juga semua terbaca jelas, tidak blur.


Tata Cara Pendaftaran Formasi CPNS BPK 2021

Pendaftaran CPNS BPK 2021 sudah dibuka, kamu dapat melakukan pendaftaran di sscasn.bkn.go.id. Pertama kamu harus membuat akun SSCASN dengan memasukan NIK, KK, dan data diri lainnya

Setelah kamu berhasil membuat akun SSCASN, kamu bisa mendaftar instansi dengan mengisi data pribadi memilih seleksi instansi yang dilamar, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan yang akan dilamar. Lalu unggah semua dokumen persyaratan. 


Ketentuan Penempatan Formasi CPNS BPK 2021

BPK punya ketentuan tersendiri untuk penempatan yang telah ditentukan di tiap-tiap regional, seperti:

  1. CPNS hasil penerimaan Tahun Anggaran 2021 akan ditempatkan pada unit kerja/regional sesuai dengan pilihan peserta pada saat pendaftaran pada portal https://sscasn.bkn.go.id/. Bagi CPNS yang ditempatkan di regional Kalimantan dan regional Sulawesi, Maluku, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara bersedia berkarier di regional tersebut sampai dengan jabatan administrator atau jabatan fungsional ahli madya atau selama periode minimal 12 tahun sesuai dengan kebutuhan organisasi dan setelah periode tersebut akan berkarir lintas regional (nasional).
  2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun dan tidak diperkenankan mengajukan pemindahan tempat tugas baik di dalam maupun keluar wilayah regional selama ikatan wajib kerja 5 (lima) tahun serta tidak diperkenankan mengajukan pemindahan tempat tugas keluar dari regional selama masa pada poin a yang akan dituangkan dalam surat pernyataan.
  3. CPNS hasil penerimaan Tahun Anggaran 2021 masih dimungkinkan untuk berpindah tempat tugas, setelah ikatan wajib kerja 5 (lima) tahun sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan mengacu pada poin a.


Tahap Seleksi Formasi CPNS BPK 2021

Ada beberapa tahap seleksi yang akan kamu lalui dalam penerimaan CPNS, pertama seleksi administrasi dimana panitia akan memverifikasi berkas yang telah kamu unggah. Lalu setelah kamu dinyatakan lolos tahap administrasi, kamu bisa mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), berbobot 40 persen dari keseluruhan. 

Setelah SKD, kamu masih ada satu seleksi lainnya yaitu Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) yang berbobot 60 persen, terdiri dari:

  • Tes Psikologi Klasikal 40 persen;
  • Wawancara Psikologi dan LGD 25 persen;
  • Psikiatri Klasikal 30 persen;
  • Uji Penambahan Nilai dari Sertifikat Kompetensi 5 persen.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mendaftar formasi CPNS BPK 2021. Agar kamu bisa lolos kamu bisa, persiapkan diri sebaik mungkin dengan latihan soal di aplikasi KitaLulus. Dapatkan paket ribuan soal lengkap dengan pembahasan, try out sampai kelas online di satu aplikasi. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play