10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Mengelola Finansialmu

Rabbani Haddawi

Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.

Isi Artikel

Di era yang semakin canggih ini, mengatur keuangan menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Salah satu cara yang bisa membantu kamu mengatur keuangan dengan lebih efisien adalah dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan. 

Lewat aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mencatat, melacak, dan menganalisis keuanganmu secara praktis dan cepat. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang aplikasi pencatatan keuangan dan bagaimana penggunaannya bisa mempermudah kamu mengelola uang.

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik untuk Finansial

Urusan mengatur keuangan, sering kali bikin pusing, ya? Tenang saja, sekarang ada 10 aplikasi pencatat keuangan keren yang bisa kamu coba! Dengan fitur-fitur keren dan gampang banget digunakan, semua aplikasi ini bisa kamu download langsung dari Playstore atau App Store.

Yuk, kita lihat apa saja aplikasi keren yang bisa bantu kamu atur keuangan dengan lebih baik!

1. Finansialku: Catat Keuangan Harian untuk Financial Freedom

Selain mencatat transaksi, aplikasi pencatat keuangan gratis ini juga bisa membantumu mencatat semua aktivitas menabungmu. Dengan Finansialku, kamu bisa lebih cepat mencapai tujuan keuangan yang selama ini sudah ditargetkan.

2. Money Manager Expense & Budget: Pencatat Keuangan yang Lengkap

Money Manager Expense & Budget adalah aplikasi pencatat keuangan yang lengkap banget. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencatat semua transaksi harian, bulanan, bahkan tahunan. Kamu juga bisa mengkategorikan setiap pemasukan dan pengeluaran sesuai keinginanmu.

Selain itu, Money Manager juga punya fitur keamanan berupa passcode atau PIN. Jadi, data keuanganmu tetap aman. Tidak cuma itu, semua data yang tercatat juga bisa di-backup dan di-restore dengan mudah.

3. Money Lover: Aplikasi Pencatat Keuangan dengan Tampilan Keren

Money Lover adalah aplikasi pencatat keuangan dengan tampilan yang simpel tapi keren banget. Di aplikasi ini, kamu bisa mencatat segala jenis transaksi dan mengelompokkannya berdasarkan kategori. Kamu juga bisa melihat laporan keuangan selama satu bulan penuh dengan grafik yang keren.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang punya usaha sendiri, seperti entrepreneur atau UMKM. Dengan Money Lover, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih efektif.

Baca juga: Contoh Template Excel Laporan Keuangan Pribadi. Gratis!

4. Sribuu: Kelola Keuangan dengan Fitur Konsultasi

Sribuu adalah aplikasi pencatat pengeluaran yang bisa membantu kamu mengatur pemasukan dan pengeluaran. Selain laporan keuangan bulanan, aplikasi ini juga memberikan hasil analisis dari laporan keuanganmu.

Kamu juga bisa menghubungkan Sribuu dengan akun bank atau dompet digitalmu. Keamanan data penggunanya dijamin, salah satunya dengan fitur passcode yang bisa mencegah akses dari orang lain.

Selain itu, Sribuu juga menawarkan kemudahan dalam mengelola keuangan melalui fitur konsultasi dengan financial planner yang tersedia di aplikasi.

5. Wallet: Aplikasi Pengatur Keuangan yang Mudah

Ada juga Wallet, aplikasi pencatat pengeluaran yang sangat mudah digunakan. Dengan Wallet, kamu bisa mencatat semua pengeluaran dan pemasukanmu sehari-hari, bahkan yang kecil-kecil aja.

Setiap transaksi yang tercatat akan ditampilkan dalam bentuk grafik yang dibagi ke dalam berbagai kategori. Dan yang lebih seru lagi, Wallet juga bisa terhubung dengan rekening bank dan dompet digitalmu.

Tidak usah khawatir soal keamanan data, semua data di Wallet bisa di-backup dengan mudah melalui fitur cloud sync.

6. Money+: Aplikasi Pencatat Keuangan Fitur Lengkap

Money+ hadir dengan berbagai kemudahan untuk mengatur keuanganmu. Kamu bisa mencatat transaksi secara real-time, melihat laporan keuangan untuk evaluasi, dan memilih kategori yang sesuai saat mencatat.

Tampilan Money+ juga bisa disesuaikan sesuai keinginanmu. Cocok banget untuk kamu generasi milenial dan Gen Z.

7. Spendee: Pencatat Keuangan yang Praktis

Dengan Spendee, ngelacak pengeluaranmu jadi lebih praktis. Aplikasi ini akan memperlihatkan kebiasaan pengeluaranmu secara langsung. Supaya tidak ada transaksi yang terlewat, Spendee bisa terhubung langsung dengan rekening bank atau dompet digitalmu.

Spendee juga mendukung berbagai jenis mata uang, jadi kamu bisa mencatat pengeluaranmu saat sedang berada di luar negeri.

Tips: Coba Kalkulator Investasi - Simulasi Untuk Wujudkan Mimpimu

8. Monefy: Aplikasi Pencatat Keuangan Terpercaya

Monefy adalah aplikasi pencatat keuangan terpercaya yang memungkinkanmu melacak berbagai pengeluaran sehari-hari dengan mudah. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa membuat lebih dari 1 akun pencatatan keuangan, sehingga kamu tidak perlu repot pakai banyak aplikasi di satu perangkat.

9. DompetKu: Pengelolaan Keuangan yang Efisien

DompetKu adalah aplikasi keuangan terbaik yang membantu kamu mengelola keuangan dari berbagai sumber, seperti rekening bank dan e-wallet. Keunggulan DompetKu lainnya adalah fitur multiple accounts yang memungkinkan kamu mengatur keuangan dari berbagai sumber pemasukan tanpa perlu menggunakan banyak aplikasi.

Selain itu, DompetKu juga bebas iklan, jadi kamu bisa fokus dalam penggunaannya. Semua data yang tercatat bisa disimpan di Google Drive, sehingga lebih aman dan mudah diakses di berbagai perangkat.

10. Catatan Keuangan Harian: Simpel dan Rapi

Bagi kamu yang suka tampilan yang simpel dan rapi, Catatan Keuangan Harian bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini menyediakan laporan bulanan yang bisa diunduh dalam format file pdf, teks, atau xls.

Tips Memilih Aplikasi Pencatatan Keuangan yang Tepat

Dalam memilih aplikasi pencatatan keuangan, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Yuk, simak beberapa tips berikut ini untuk memilih aplikasi pencatatan keuangan yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Pertimbangkan fitur-fitur apa saja yang kamu butuhkan dalam aplikasi pencatatan keuangan. Apakah kamu memerlukan fitur untuk mencatat pengeluaran harian, membuat anggaran, atau melakukan investasi? Pastikan aplikasi yang kamu pilih bisa memenuhi kebutuhanmu dengan maksimal.

2. Ketersediaan di Berbagai Platform

Pastikan aplikasi tersebut bisa digunakan di perangkat yang kamu miliki, baik itu smartphone, tablet, atau komputer. Pilihlah aplikasi yang tersedia di platform yang kamu gunakan supaya kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan nyaman.

3. Keamanan Data

Pastikan aplikasi yang kamu pilih memiliki keamanan data yang baik. Informasi keuanganmu adalah hal yang sangat sensitif, jadi penting untuk memilih aplikasi yang menggunakan enkripsi data dan memiliki kebijakan privasi yang jelas.

4. Kemudahan Penggunaan

Pilihlah aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif. Kamu tidak mau kan menghabiskan waktu berlama-lama hanya untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi tersebut? Pilihlah aplikasi yang bisa kamu kuasai dengan cepat supaya kamu bisa langsung memulai mengatur uangmu.

Pengelolaan uang yang baik adalah kunci untuk mencapai stabilitas keuangan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Lewat aplikasi pencatatan keuangan, kamu bisa mempermudah proses mengatur uang dengan efisien. 

Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mencatat transaksi, melacak pengeluaran dan pemasukan, serta melakukan analisis keuangan. Penting untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan memiliki keamanan data yang baik.

Jika kamu ingin mengatur keuangan dengan lebih fleksibel dan gratis selamanya, kamu bisa mencoba Template Excel Laporan Keuangan Pribadi dari KitaMapan.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa saja aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

Jika kamu senang dengan artikel-artikel serupa, kamu bisa mendapatkan berbagai artikel edukasi finansial lainnya hanya di KitaMapan, lho! Kamu juga bisa berlangganan newsletter-nya hanya dengan memasukkan alamat email. Yuk, mulai terapkan tips mengelola keuangan dari KitaMapan sekarang!

Jangan Sampai Ketinggalan!
Subscribe info dan berita financial dari kami sekarang.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.