Tabel Menabung Harian, Cara Efektif Capai Tujuan Finansial

Rabbani Haddawi

Seorang penulis dan editor profesional dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Memiliki keahlian dalam penulisan konten bidang keuangan, investasi, serta asuransi.

Isi Artikel

Tabel menabung harian dapat menjadi cara untuk mencapai tujuan finansial yang diharapkan. Menabung harian adalah salah satu kegiatan yang penting bagi kehidupan finansial kita. 

Menabung secara teratur dan konsisten akan membantu kita mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai, baik itu untuk membeli barang yang diinginkan, mempersiapkan masa depan, atau bahkan mempersiapkan pensiun. 

Salah satu cara untuk membantu mempermudah menabung harian adalah dengan menggunakan tabel menabung harian. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut.

Tabel Menabung 3 Juta Sebulan

Membuat tabel menabung harian sebenarnya tergantung pada preferensi, tujuan, dan kemampuan masing-masing orang. Sebab, tentunya pengeluaran dan pendapatan setiap orang berbeda-beda, bukan?

Apabila kamu memiliki target menabung Rp 3.000.000 dalam sebulan, kamu bisa membagi nominal tersebut dengan beberapa jumlah nominal yang lebih kecil untuk mencapai target yang diharapkan. Besarnya nominal tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan kemampuanmu.

Misalnya, kamu bisa menabung dari jumlah nominal besar dahulu ketika mendapatkan gaji kemudian semakin berkurang nominalnya seiring berjalannya hari agar lebih ringan. Berikut merupakan contoh tabel menabung harian Rp 3 Juta sebulan.

Baca Juga: 6 Cara Menabung untuk Beli Rumah, Tips dan Trik yang Efektif

Tabel Menabung Harian untuk Pelajar dengan Uang Jajan Terbatas

Sebagai pelajar, tentunya uang jajan yang kamu miliki pasti masih terbatas. Namun, hal tersebut tidak perlu dijadikan halangan sebab kamu tetap bisa menabung harian dengan tabel yang nominalnya disesuaikan.

Jika kamu memiliki uang jajan Rp 50.000 per hari, kamu bisa juga membuat tabel simulasi menabung harian selama 30 hari untuk mencapai Rp 1.000.000. Berikut pembagiannya yang bisa kamu ikuti.

Usahakan untuk selalu menabung lebih dari 50 persen uang jajanmu, dan tambah nominalnya setiap pergantian minggu. Memang, akan cukup terasa berat di akhir karena berarti nominalnya sudah cukup besar, dan hanya tersisa sedikit yang bisa kamu gunakan untuk jajan.

Apabila uang jajanmu lebih sedikit dari simulasi di atas, atau kebutuhan harianmu lebih banyak dan hanya bisa menyisihkan sedikit, kamu bisa menyesuaikan lagi nominal tabungan harian tersebut sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan kemampuanmu.

Baca Juga: 15 Challenge Menabung yang Seru dan Efektif, Coba Yuk!

Tips Menabung Harian agar Efektif dan Berhasil

Menabung harian dengan target dan nominal sendiri dapat membantumu lebih baik dalam mengatur keuangan dan mengerem pengeluaran yang tidak benar-benar diperlukan. Namun, untuk bisa lebih berhasil dalam menabung harian, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti seperti di bawah ini.

1. Membuat Anggaran Pengeluaran Harian

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menabung harian adalah membuat anggaran pengeluaran harian. Kamu dapat menentukan berapa jumlah uang yang bisa kamu keluarkan dalam sehari dan membaginya menjadi beberapa kategori pengeluaran seperti makanan, transportasi, dan belanja kebutuhan harian. 

Dengan membuat anggaran pengeluaran harian ini, kamu dapat mengetahui dengan pasti berapa jumlah uang yang dapat dialokasikan untuk setiap kategori pengeluaran dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu.

2. Menabung Sebelum Mengeluarkan Uang

Hal kedua yang perlu dilakukan untuk menabung harian adalah menabung sebelum mengeluarkan uang. Sebagai contoh, jika kamu bisa mengeluarkan Rp100.000 dalam sehari, maka kamu dapat membaginya menjadi dua bagian, yaitu Rp50.000 untuk keperluan sehari-hari dan Rp50.000 untuk menabung. 

Dengan menabung sebelum mengeluarkan uang, kamu dapat memastikan bahwa kamu menyisihkan uang untuk menabung sebelum uang tersebut digunakan untuk pengeluaran harian.

3. Menentukan Tujuan Tabungan

Hal ketiga yang perlu dilakukan untuk menabung harian adalah menentukan tujuan tabungan. Tujuan tabungan dapat berupa hal yang ingin dicapai dalam jangka pendek atau jangka panjang, seperti membeli sebuah gadget baru, persiapan kuliah, atau mempersiapkan kebutuhan di masa depan. 

Dengan menentukan tujuan tabungan ini, kamu dapat memotivasi diri sendiri untuk menabung dan mempercepat tercapainya tujuan finansial.

4. Memanfaatkan Aplikasi Keuangan

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi keuangan untuk membantu mengelola keuanganmu. 

Aplikasi keuangan dapat membantumu memantau pengeluaran dan memberikan notifikasi jika kamu sudah mendekati batas pengeluaran yang ditentukan. Selain itu, aplikasi keuangan juga dapat membantumu untuk memantau perkembangan tabunganmu dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 15 Cara Menabung dengan Cepat dan Efektif beserta Tipsnya

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menabung dan mencapai tujuan finansial yang kamu inginkan, ya. Jika kamu tertarik dengan tips dan informasi seputar keuangan seperti artikel di atas, selalu kunjungi laman KitaMapan untuk mendapatkan update terbarunya.

Kamu juga bisa berlangganan newsletter-nya hanya dengan memasukkan alamat email. Yuk, mulai terapkan tips mengelola keuangan dari KitaMapan sekarang!

Jangan Sampai Ketinggalan!
Subscribe info dan berita financial dari kami sekarang.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.