7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dan Kelola Keuangan

Saat ini, banyak orang memiliki kondisi di mana kebutuhan meningkat, namun penghasilan tidak bertambah. Tentu saja hal tersebut membuat kondisi keuangan jadi tidak seimbang. Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui cara mendapatkan penghasilan tambahan dan kelola keuangan dengan baik.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan? Di artikel ini, KitaLulus akan memberikan rekomendasi cara mendapatkan penghasilan tambahan dan kelola keuangan dengan pintar!

Untuk kamu yang sedang butuh tambahan uang belanja, yuk langsung disimak!

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

“Jika kamu tidak bisa menekan pengeluaran, maka kamu harus meningkatkan pendapatan.” Itu adalah kalimat yang kerap kali diyakini oleh banyak orang sehingga memiliki side hustle kemudian menjadi kewajiban.

Ada banyak jenis side hustle yang bisa kamu coba. Di penjelasan berikut, KitaLulus sudah merangkum beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu coba.

1. Menjadi Freelancer

Cara pertama untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menjadi freelancer. Kamu bisa menekuni bidang kerja apa pun untuk dijadikan karir sebagai pekerja lepas. Pada umumnya, profesi yang diambil freelancer adalah content writer, content editor, programmer, copywriter, design graphic, fotografer, hingga data analyst.

Penghasilan tambahan dari freelancer biasanya berkisar dari Rp500.000 hingga Rp10.000.000, lho. Bahkan bisa lebih tinggi jika kamu bekerja sama dengan perusahaan multinasional/luar negeri atau terlibat di dalam project besar. Biasanya, sistem gajinya adalah per project. Jadi, tidak heran jika satu orang bisa memiliki 3–5 pekerjaan freelance.

2. Menjadi Reseller

Jika kamu bekerja di bidang digital marketing, kamu bisa memanfaatkan keahlian dalam mempromosikan barang untuk mencari side hustle, lho. Kamu bisa menjadi reseller dari bisnis teman atau orang lain.

Memang perlu modal, tetapi banyak pemilik usaha yang membuka peluang reseller dengan memberikan harga terjangkau untuk masuk ke tim mereka.

Jangan malu karena hanya “ikut” usaha orang lain. Sebab, seorang Racher Vennya yang sekarang sudah menjadi influencer terkenal juga berawal dari menjadi reseller ketika sekolah dulu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Menjadi Dropshipper

Prinsipnya sama seperti menjadi reseller. Namun, jika reseller harus mengeluarkan modal, maka dropshipper tidak perlu. Hal ini dikarenakan dropshipper hanya melakukan promosi lalu pengiriman barang langsung dilakukan oleh penjual asli dengan atas nama kamu.

Menjadi dropshipper menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan kelola keuangan bisa menjadi jauh lebih baik karena kamu punya sumber penghasilan lain.

Baca Juga: 12 Tips Menabung Buat yang Gajinya Pas-Pasan, Tetap Bisa Senang-Senang Kok!

4. Membuka Usaha Sendiri

Punya hobi merajut? Atau bahkan memiliki kemampuan memasak yang hebat? Atau suka K-Pop dan berencana membuat barang-barang DIY terkait idol favorit? Jika iya, yuk coba untuk buka usaha kecil sendiri.

Dengan menjadi entrepreneur akan membantu kamu untuk melatih mental dan kreativitas. Sebab, entrepreneur yang baru merintis biasanya akan berperan sebagai one man show.

Kamu akan menjadi CEO, tim marketing, tim promosi, hingga tim packing seorang diri. Namun, jangan salah. Jika barang yang kamu buat benar-benar berkualitas, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang tinggi, lho.

5. Menjadi Affiliate

Cara mendapatkan penghasilan tambahan lainnya yaitu menjadi affiliate. Sudah banyak brand hingga e-commerce yang menerapkan sistem ini. Affiliate merupakan salah satu strategi digital marketing di mana pengusaha atau brand membutuhkan orang lain untuk melakukan promosi barang atau jasa yang dimiliki mereka.

Sebagai rasa terima kasih, company akan memberikan imbalan kepada affiliate dengan memberikan komisi dalam besaran tertentu dari jumlah barang yang berhasil dia jual.

Sistem affiliate biasanya membagikan kode tertentu kepada orang yang akan membeli barang atau menggunakan suatu jasa. Nah, kode tersebut digunakan sebagai penanda bahwa customer datang karena si affiliate.

Jangan remehkan sistem ini, ya. Sebab, jika ditekuni kamu bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta penghasilan tambahan, lho! Sudah banyak kisah sukses affiliate yang bisa kamu temui di media sosial.

6. Menjadi Konten Kreator

Kemudahan teknologi membuat media hiburan menjadi tanpa batas. Semua orang bisa menikmati berbagai jenis konten. Nah, ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu dengan menjadi konten kreator.

Kamu bebas membuat konten sesuai passion kamu, misalnya memasak, menari, menyanyi, menggambar, dan lain sebagainya. Buat konten semenarik mungkin lalu upload di Instagram, TikTok, atau Youtube.

7. Memulai Investasi

Nah, cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang terakhir adalah dengan berinvestasi. Cara ini tentu saja sesuai dengan kata pepatah, yaitu sekali mendayung dua pulau terlampaui. Sebab, kamu tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga sekaligus mengelola keuangan dengan baik.

Namun, kamu tentu harus memiliki instrumen investasi yang sesuai, ya. Ada banyak pilihan instrumen investasi, mulai dari reksa dana, saham, emas, bangunan, dan lainnya. Kamu harus mempelajari semuanya dan tahu keuntungan serta kerugian masing-masing. Jangan sampai salah pilih dan membuat kamu justru merasa rugi nantinya.

Baca Juga: 7 Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda, Coba Yuk!

Kelola Keuangan dengan Aladin Bank

Sumber: Aladin Bank

Setelah tahu cara mendapatkan penghasilan tambahan, berikutnya yang tak kalah penting adalah mengelola uang tersebut dengan baik.

Tidak perlu pusing atau bingung bagaimana cara mengelolanya. Kamu bisa menggunakan prinsip 50:30:20, yaitu 50% dari penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk hiburan dan membeli kebutuhan tersier, lalu 20% bisa ditabung. Namun, prinsip tersebut bisa kamu atur lagi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu juga harus memperhatikan bank untuk menyimpan tabungan. Sebab, tidak semua bank akan memberikan bagi hasil yang tinggi, terlebih dengan biaya admin yang bisa mengurangi jumlah tabungan kamu setiap bulannya.

Maka dari itu, kamu dapat menabung di Aladin Bank dengan prinsip syariah yang bisa bikin hati kamu tenang dalam menabung. Di dalamnya ada Ala Impian, yang merupakan tabungan rencana terpisah dengan nilai bagi hasil lebih tinggi dari deposito biasa dan fleksibel bisa kamu tarik kapan saja kamu butuh dana darurat, lho!

Dengan menggunakan aplikasi Aladin, kamu juga tidak perlu repot cari ATM. Kamu bisa tarik atau setor tunai di Alfamart terdekat tanpa biaya tambahan! Rasakan kemudahan dan kebaikan lainnya, mulai dari bebas biaya admin dan biaya tambahan, bisa bayar tagihan listrik atau beli pulsa, serta berdonasi hanya lewat satu aplikasi. Jangan ketinggalan juga promo-promo menarik dengan menggunakan kartu debitnya, ya!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera download aplikasi Aladin untuk bisa menabung dan berinvestasi dengan aman. Dapatkan rezeki saldo sebesar Rp25.000 dengan memasukkan kode referral 3MQ529.

Baca Juga: 6 Tips Berhemat dan Mengelola Finansial dengan Aladin Bank

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok