KitaNgobrolHR: Tips and Tricks Menarik Minat Pelamar By Kitalulus

Webinar “Tips and Tricks Menarik Minat Pelamar” merupakan bagian dari program acara KitaNgobrolHR yang diadakan secara rutin setiap tiga bulan sekali oleh KitaLulus dengan mengundang pembicara yang ahli pada bidangnya masing-masing. Webinar ini ditargetkan kepada pihak HRD dan pengusaha.

Sebuah strategi rekrutmen dapat membantu seorang rekruter untuk bisa menarik perhatian kandidat pelamar hingga proses penandatanganan kontrak. Salah satu cara untuk bisa menarik perhatian kandidat adalah dengan mengoptimalkan employer branding, mengingat salah satu isu yang seringkali dihadapi pada saat proses rekrutmen adalah kurangnya minat kandidat yang menyebabkan ketidakkonsistenan jumlah pelamar bahkan bisa menurun secara substansial. Setelah masa pandemi, hal ini menjadi masalah yang semakin kompleks sehingga memerlukan berbagai cara rekrutmen termasuk melalui media online. Jadi, apa yang bisa dilakukan oleh rekruter untuk mengatasi hal ini?

Maka kali ini webinar “Tips and Tricks Menarik Minat Pelamar” fokus membahas bagaimana cara meningkatkan branding perusahaan serta perannya dalam membantu rekruter untuk menarik perhatian pelamar pada proses rekrutmen perusahaan.

  • Zoom Attendance : 50++ dengan background yang berbeda dari Mahasiswa/i hingga HR Manager dari sebuah perusahaan ternama. 
  • Attendance questions dominan pada seputar bagaimana mencari kandidat yang berkualitas melalui platform media sosial. Di mana hal tersebut bisa dilakukan dengan KitaLulus yang akan membantu perusahaan untuk dapat terkoneksi dengan akun-akun media sosial loker ternama dan terbukti aman untuk bisa mendapatkan jumlah dan jangkauan kandidat yang jauh lebih luas dan terjamin berkualitas. 
  • Media sosial yang bisa dipakai oleh perusahaan adalah Instagram dan TikTok dengan membangun employer branding untuk bisa menarik perhatian kandidat dengan budaya dari perusahaan mereka yang dikemas melalui konten interaktif dan trendy. 

Tidak hanya membahas mengenai “Tips and Tricks Menarik Minat Pelamar”, webinar ini juga membahas mengenai apa itu dunia rekrutmen. Menurut pembicara Shafa Alifia Gunawan, rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi. Tujuannya untuk menyediakan calon tenaga kerja atau karyawan yang memenuhi syarat, mengkoordinasikan upaya perekrutan dengan program seleksi dan pelatihan, hingga memenuhi tanggung jawab perusahaan dalam upaya menciptakan kesempatan kerja.

Namun di satu sisi, banyak HR yang mengalami isu atau masalah dalam mengiklankan lowongan. Misalnya seperti mengiklankan lowongan pekerjaan di tempat yang salah, masih menggunakan teknologi rekrutmen yang kuno, bahkan penggunaan media sosial yang buruk.

Tidak hanya itu, masalah lain seperti proses rekrutmen yang lambat, tidak bisa melacak sumber kandidat, dan banyaknya rekruter yang menghubungi kandidat yang sama juga bisa menjadi masalah dalam proses rekrutmen ini. Lalu bagaimana solusinya?

Dalam webinar kali ini, pembicara yang diundang oleh KitaLulus menyarankan solusi untuk membangun employer branding yang kuat. Sehingga dapat membuat kandidat hebat mengejar perusahaan Anda, bukan sebaliknya.

Employer branding memiliki tujuan untuk membantu Anda dalam merekrut kandidat dan mempertahankan karyawan. Hal ini akan membantu Anda dalam membangun citra positif perusahaan sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dalam satu kali mendayung.

Employer branding tidak akan lengkap tanpa adanya platform pendukung seperti job portal dan media sosial. Anda bisa membuat website karir perusahaan dan memperbaruinya secara berkala di laman job portal. Anda juga bisa mulai aktif berinteraksi dengan para pengikut di media sosial perusahaan. Usahakan untuk menjadikan media sosial sebagai “jendela” bagi para pencari kerja.

Seperti yang diketahui, media sosial kini menjadi salah satu platform paling populer di berbagai kalangan. Hal ini juga turut dirasakan oleh pembicara Puan Fawwaza A., yang menganggap media sosial menjadi komunikasi utama dari semua generasi. Bahkan tidak jarang ada yang menilai kredibilitas suatu perusahaan dari media sosialnya.

Nah, agar Anda bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial, Anda harus memilih platform yang tepat atau yang sedang naik daun. Lalu pelajari tipe konten maupun sound yang sedang trending di media sosial tersebut.

Hal paling penting adalah untuk menjaga interaksi dengan para viewers dan juga followers. Lalu bagaimana jika konten yang sedang trending tidak sesuai dengan budaya perusahaan? Tidak usah panik, Anda masih bisa membuat konten yang disesuaikan dengan kebutuhan oleh audiens.

Gunakan media sosial secara optimal dan efisien untuk membangun employer branding dan menarik perhatian banyak orang. Jika media sosial Anda sudah memiliki kredibilitas yang tinggi, maka hal lainnya akan mengikuti.

Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus. Selain tidak dipungut biaya, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya. Seperti mendapatkan employer dashboard gratis, dipromosikan di lebih dari 300 akun media sosial rekanan KitaLulus, dan tentunya dengan jangkauan yang luas.

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok