6 Tips Berhemat dan Mengelola Finansial dengan Aladin Bank

Seperti yang kita tahu, kenaikan harga BBM di Indonesia juga menyebabkan berbagai kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Jika begini, maka mengatur budget harus benar-benar diperhatikan demi bisa menabung untuk masa depan.

Di artikel berikut, KitaLulus akan membagikan 7 tips jitu berhemat dan mengelola finansial dengan fitur andalan Aladin Bank, yaitu Ala Impian. Yuk, langsung disimak!

Tips Hemat Uang

Akibat kenaikan harga BBM yang juga berdampak pada peningkatan berbagai harga kebutuhan pokok, masyarakat harus mulai pandai memutar otak bagaimana cara menghemat pengeluaran, baik dalam hal konsumsi, transportasi, dan sebagainya.

Gaji yang tinggi saja tidak bisa menjamin kondisi finansialmu di masa depan apabila kamu masih memiliki pengelolaan keuangan yang buruk.

Terlebih jika saat menerima gaji per bulannya, kamu langsung gelap mata dengan membeli barang bukan kebutuhan primer. Alhasil uangmu tiba-tiba habis tanpa disadari.

Selalu perhatikan prinsip 50:30:20 ketika menerima gaji. Yaitu alokasikan 50% untuk kebutuhan harian, 30% untuk kebutuhan hiburan, dan 20% untuk menabung.

Namun, pertanyaannya adalah apakah cukup memenuhi kebutuhan harian selama sebulan ke depan dengan hanya 50% dari total gaji? Cukup, kok, asal kamu menerapkan tips hemat uang berikut ini.

1. Nebeng Kendaraan

Bagi kamu yang merantau, berapa jarak tempat kos atau kontrakan ke tempat kerja? Jika cukup jauh dan harus menggunakan kendaraan, kamu bisa coba bekerja sama dengan rekan kerja yang bertempat tinggal tidak jauh dari tempat tinggalmu.

Coba tanyakan apakah kamu boleh nebeng dengannya. Nantinya, biaya bensin dapat kamu bagi menjadi dua. Jadi, tak hanya kamu yang menghemat, melainkan temanmu juga.

2. Kurangi Nongkrong

Tips berikutnya adalah kurangi nongkrong di coffee shop atau makan di luar. Mulailah berhemat dengan cara membuat kopi sendiri di rumah atau menjadikan rumah teman kamu sebagai basecamp.

Di samping itu, coba tulis hal-hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan, misal berolahraga, membersihkan tempat tinggal, membaca buku, membuat jurnal, hingga beristirahat untuk recharge energi.

Kamu juga bisa eksplor kemampuan memasak kamu. Siapa tahu kamu menemukan resep membuat cemilan yang bisa dijadikan ide bisnis untuk menambah passive income.

3. Thrifting

Alih-alih sering membeli baju baru sehingga menumpuk di lemari, kamu dapat mencoba melakukan thrifting atau membeli barang second. Lagipula, sekarang banyak baju second yang dijual dengan harga murah dalam kondisi layak pakai, meski ada juga yang mahal.

Melakukan thrifting juga bisa membuat kamu turut berkontribusi mengurangi limbah pakaian yang dapat mencemari lingkungan, lho!

4. Atur Pola Hidup Sehat

Makanan sehat lebih murah dibanding makanan tidak sehat. Ini harus diterapkan pada mindset kamu ketika ingin berhemat dan memulai pola hidup sehat.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi junk food hingga cemilan tidak sehat, cobalah hitung harganya. Katakanlah Rp60.000 per porsi. Harga tersebut bisa kamu gunakan untuk memasak sendiri atau membeli makanan sehat untuk dua hingga tiga porsi, lho!

5. Manfaatkan Diskon Saat Berbelanja

Kamu sudah sering mendengar diskon tanggal kembar, kan? Nah, manfaatkan diskon dari e-commerce ini untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kamu bisa membayar listrik, membeli makanan, hingga membeli barang yang benar-benar dibutuhkan di saat itu.

Selain diskon, e-commerce juga terkadang akan memberikan cashback dengan nominal yang jauh lebih besar dibanding hari biasa.

6. Gunakan Fitur Ala Impian dari Aladin Bank

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah gunakan fitur Ala Impian dari Aladin Bank. Fitur ini akan membantu kamu mengatur pendapatan secara lebih bijak. Di antaranya kamu dapat membagi uangmu ke beberapa bagian, misalnya makan, tagihan, transportasi, hiburan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Mudah, Cocok untuk Gaji Kecil!

Keuntungan Menggunakan Fitur Ala Impian

Kenapa sih harus menggunakan fitur Ala Impian dari Aladin Bank? Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan.

1. Akad Mudharabah & Muthlaqah

Aplikasi Aladin Bank memiliki prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah. Prinsip dan akad ini disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dan tidak ada unsur pemaksaan. Jadi, nasabah tidak dikenai jangka waktu tertentu sehingga nasabah bebas mengelola keuangan dengan bijak di Ala Impian.

2. Bagi Hasil Kompetitif

Bagi hasil yang ditetapkan di Ala Impian sangat kompetitif. Kamu bisa mendapatkan 3% dari total tabungan per tahunnya. Ini jauh lebih tinggi dibanding fitur Ala Dompet.

3. Tidak Ada Biaya Admin

Tidak perlu khawatir saldo akan terpotong karena biaya admin. Sebab, Aladin Bank tidak akan membebani nasabah dengan biaya admin per bulan.

4. Bisa Ditarik Kapan Saja

Keuntungan menggunakan fitur Ala Impian di Aladin Bank ini berkaitan dengan prinsip dan akad yang diberlakukan. Dengan prinsip mudharabah muthlaqah, nasabah bisa menarik saldo kapan pun sesuai kebutuhan.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir penarikan saldo tertunda atau bahkan harus menunggu beberapa bulan atau bahkan tahun untuk menarik saldo milikmu.

5. Bisa Membuat 20 Rencana Budgeting di Ala Impian

Impian seseorang untuk masa depan pasti banyak, mulai dari biaya sekolah anak, tabungan haji, dana darurat, hingga tabungan pensiun. Di Ala Impian, kamu bisa membuat 20 alokasi tabungan secara bebas.

Itulah tips berhemat dan cara pengelolaan finansial yang bijak dengan fitur Ala Impian di Aladin Bank. Kamu bisa coba terapkan mulai sekarang demi mencapai financial freedom di usia muda.

Bergabung di Aladin Bank akan memberikan kamu banyak keuntungan. Ada banyak fitur menarik yang bisa kamu coba dan bermanfaat untuk strategi kelola keuanganmu setiap harinya.

Bagi kamu yang belum pernah mendaftar di aplikasi Aladin bank, KitaLulus akan memberikan saldo tambahan sebesar Rp25.000. Caranya gampang, cukup masukkan kode referral 3MQ529. Saldo tambahan akan diproses paling lambat 7 hari setelah kamu melakukan registrasi.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, kelola keuangan dengan fitur Ala Impian di Aladin Bank. Kapan lagi bisa atur finansial dengan mudah hanya dalam genggaman?

Baca Juga: 12 Tips Menabung Buat yang Gajinya Pas-Pasan, Tetap Bisa Senang-Senang Kok!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok