Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Asik ya, sekarang melamar kerja sudah tidak perlu lagi bawa-bawa amplop coklat kesana kemari, karena sudah bisa dilakukan secara online cuma butuh kuota saja. Nah, proses melamar kerja sekarang bisa makin mudah, cepat, dan aman dengan aplikasi KitaLulus yang saat ini tersedia di Play Store. Bagi kamu yang ingin menemukan titik cerah untuk segera mendapatkan pekerjaan, tutorial lamar kerja di aplikasi KitaLulus ini bisa membantu. 

Aplikasi lamaran kerja KitaLulus tidak hanya memberikanmu kemudahan karena dapat melamar kerja di mana pun dan kapan pun. Aplikasi KitaLulus juga memberikan rasa aman dari bahaya lamaran palsu. Itu karena setiap lamaran yang akan dipasang perlu melalui verifikasi terlebih dahulu. Tidak cuma itu, setiap lamaran yang masuk juga akan langsung disambungkan ke WhatsApp pihak rekrutmen agar proses semakin cepat.

Seperti apa sih memang tutorial cara melamar kerja di Aplikasi KitaLulus? Simak tiap langkah-langkahnya di bawah ini!


Install Aplikasi KitaLulus


  1. Tutorial cara lamar kerja di aplikasi pertama adalah kamu perlu meng-install aplikasi KitaLulus. Cari aplikasi KitaLulus di kolom pencarian Play Store atau kamu juga bisa klik link di sini.
  2. Jika sudah ter-install, buka aplikasi KitaLulus. Lalu pilih menu Akun untuk masuk, lalu masuk menggunakan akun Google. Pastikan akun Google tersebut aktif dan sering kamu buka, ya!
  1. Setelah berhasil membuat akun,  silakan lengkapi profil pada menu akun dengan klik Kelola Profil. Di sini kamu harus mengisi data dengan sebenar-benarnya,  mulai dari nama lengkap,  nama panggilan, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon yang aktif, domisili saat ini, pendidikan, terakhir lengkapi juga pengalaman kerja. Agar profil lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan foto profil, lho!



Cari Lowongan Kerja

Setelah melengkapi laman profil, akun kamu siap digunakan untuk mencari lowongan kerja di aplikasi KitaLulus.  Berikut ini tutorial cara lamar kerja di aplikasi KitaLulus dengan berbagai cara dan kemudahan.


  1. Pada menu Karier, kamu bisa cari lowongan yang sesuai dengan keahlian dan jenjang pendidikan yang kamu miliki. Untuk memudahkan kamu mencari dan menemukan lowongan, pada menu ini KitaLulus sudah membuatkan kategorinya buat kamu, mulai dari Lowongan Terbaru, Lowongan TerpilihLowongan Populer, Lowongan Butuh Segera, Lowongan WFH, Lowongan Lulusan SMA/SMK/MA.
  2. Kamu juga bisa mencari lowongan kerja berdasarkan perjanjian kerja mulai dari Full Time, Part Time, Magang, Freelance, Outsourcing atau juga bidang industrinya mulai dari Teknologi, Kesehatan, Retail, Manufaktur, dan masih banyak lagi.
  3. Gunakan juga kolom pencarian untuk menemukan lowongan kerja yang lebih spesifik. Di KitaLulus kamu bisa mencari kerja berdasarkan Domisili atau juga Nama Pekerjaan. Ada banyak sekali jenis pekerjaan di aplikasi KitaLulus, mulai dari admin, SPG, sales, staff admin, dan lainnya.
  4. Setelah itu akan muncul berbagai lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang tersedia. Kamu juga bisa melihat persyaratan, detail pekerjaan, hingga gaji yang ditawarkan perusahaan.


Lamar Lowongan Pekerjaan

Sudah menemukan lowongan kerja yang menarik dan sesuai denganmu? Tunggu apalagi, langsung masukan lamaranmu!


  1. Klik tombol Lamar yang ada pada bagian bawah aplikasi KitaLulus. 
  2. Kemudian kamu harus mengisi data diri dengan lengkap, isi pendidikan dan pengalaman terakhirmu, bila semua data sudah lengkap klik Kirim. Tidak jarang beberapa lowongan mengharuskan kamu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum melamar, jika menemukan yang seperti itu, jawab pertanyaan dengan benar, ya! 
  3. Kamu akan langsung terhubung dengan HRD melalui WhatsApp. Itu artinya lamaran kamu sudah masuk dan tinggal menunggu tindak lanjut.


Riwayat Lamaran

Ingin mengetahui bagaimana proses lamaran yang sudah atau pernah kamu kirim di aplikasi KitaLulus? 

  1. Klik menu Lamaran yang ada di bagian atas menu Karier, pada menu ini kamu bisa melihat riwayat lamaran. Untuk lamaran yang kamu kirim di luar jam kerja akan tersimpan menjadi Draft. Tapi tenang, kamu masih bisa mengirimnya kembali saat jam kerja. Pilih menu Berjalan bila ingin mengetahui atau memperbarui status lamaran. Lalu menu Selesai, berisi daftar lamaran yang sudah selesai prosesnya, di menu ini juga kamu bisa membaca mengapa HRD memilih tidak melanjutkan lamaranmu.


Begitulah tutorial cara lamar kerja di aplikasi KitaLulus. Buat kamu yang ingin lihat live tutorial-nya, bisa juga tonton video di bawah ini!

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang, menemukan pekerjaan idaman cuma butuh klik.

Yuk, temukan peluang kerja terbaik di aplikasi KitaLulus. Download aplikasinya sekarang, gratis!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok