Strategi Rekrutmen Untuk Menarik Perhatian Pelamar Melalui Media Sosial dengan Zero Budget Method

Jakarta – PT Kitalulus Internasional semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan jumlah lebih dari 5.000 pencari kerja berhasil ditempatkan.

KitaLulus hadir sebagai mitra rekrutmen andalan untuk perusahaan dengan memberikan fitur proses rekrutmen yang cepat, bisa menjadi andalan kandidat posisi yang banyak dicari, dan bebas pasang lowongan kerja secara gratis.

Saat ini perusahaan bisa dengan mudah menemukan kandidat terbaik melalui KitaLulus yang sudah tersedia di beberapa kota besar Indonesia. Seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Bahkan kini sudah ada 1.000 lebih perusahaan yang bekerjasama dengan KitaLulus.

KitaLulus memperkenalkan metode rekrutmen melalui sosial media yang bisa dilakukan para HRD perusahaan dengan mudah. Artinya, perekrutan ini dilakukan dengan menggunakan sosial media sebagai salah satu database bakat atau untuk iklan posisi kerja yang dibuka.

Zero budget method ini adalah praktek untuk mengidentifikasi, menarik, melibatkan, hingga bisa mempekerjakan kandidat yang aktif dan pasif, melalui sosial media. Lalu, apa yang membedakan metode ini dengan metode perekrutan lainnya?

Dengan menggunakan rekrutmen sosial media ini Anda bisa terhubung langsung dengan kandidat yang sedang aktif dan pasif dalam mencari kerja. Selain itu, Anda juga bisa menarik mereka dengan passion yang sama, cita-cita atau jaringan, dan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan dengan metode rekrutmen umumnya.

Berdasarkan hasil penelitian dari Society for Human Resource (SHRM), sebanyak 7% rekruter menggunakan Instagram, 66% menggunakan Facebook, dan 53% menggunakan Twitter untuk merekrut kandidat.

Lalu apa yang bisa Anda dapatkan dari perekrutan zero budget method ini? Tahukah Anda bahwa sebanyak 620 miliar pengguna instagram menghabiskan waktu rata-rata sebanyak 53 menit dan 200 miliar pengguna di antaranya mencari setidaknya satu profil bisnis setiap hari.

Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai employer branding, memudahkan dalam proses verifikasi informasi calon kandidat, menjangkau lebih banyak calon kandidat pasif, dan juga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam proses rekrutmen ini.

Anda bisa mengubah sosial media Instagram menjadi alat rekrutmen yang efektif yang memungkinkan kandidat berpotensi untuk melamar pekerjaan secara terbuka dengan benar.

Apa Itu Zero Budget Method?

Dalam menjalankan bisnis, dana adalah salah satu hal yang krusial. Jika tidak dikelola dengan baik, maka hal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Tetapi jika dikelola dengan baik, maka bisa membawa keuntungan yang besar untuk Anda.

Mungkin tidak semua perusahaan memahami dan menerapkan zero budget method dalam strategi rekrutmen. Dalam dunia bisnis, zero budget method dikenal sebagai pengembangan anggaran baru dari awal setiap periode.

Artinya, ketika Anda memulai periode baru maka anggaran biaya harus dimulai dari 0 “nol” dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jadi, Anda tidak memulai dengan anggaran biaya dengan periode sebelumnya.

Misalnya, jika pada periode sebelumnya Anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp10 juta, maka semua hal yang Anda lakukan, simpan, belanjakan akan bertambah juga menjadi Rp10 juta.

Zero budget method atau zero budget budgeting, dianggap sebagai pendekatan taktis yang berpotensi untuk menghemat pengeluaran. Dengan menggunakan metode ini, maka Anda akan menetapkan anggaran untuk disimpan dan investasi terlebih dulu.

Lalu baru selebihnya bisa Anda gunakan untuk anggaran pengeluaran lainnya. Tujuan utama dari zero budget method ini adalah untuk mengeluarkan biaya sehemat mungkin untuk meminimalisir adanya hutang di masa mendatang.

Manfaat Zero Budget Method untuk HR

Lalu apa manfaat zero budget method ini untuk HR? Metode ini memungkinkan HR untuk melakukan identifikasi dan mendanai apa yang dianggap paling penting untuk kebutuhan perusahaan.

Metode ini juga mendorong para pebisnis untuk menghasilkan dan mengartikulasikan anggaran pengeluaran baru dan mempertahankan pengeluaran yang sudah ada di periode sebelumnya.

Jika Anda masih menggunakan sistem perhitungan anggaran tradisional, artinya semua anggaran biaya akan mencakup semua pengeluaran yang sudah ditetapkan pada periode sebelumnya, bahkan bisa bertambah.

Tetapi dengan menggunakan zero budget method, anggaran perusahaan akan dikembalikan ke 0 “nol”. Dengan kata lain tidak ada anggaran pengeluaran yang harus dipertahankan. Anggaran akan dibangun dari bawah ke atas kemudian disesuaikan dengan prioritas dan hasil bisnis.

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok