Gaji UMR Sleman 2021 Mengalami Kenaikan, Sudah Tahu Belum?

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Di tengah situasi pandemi, ternyata banyak daerah yang menaikan upah minimum regionalnya. Termasuk salah satunya Sleman, UMR Sleman 2021 mengalami kenaikan. Apakah kamu sudah mengetahui tentang hal ini? 

Sebagai pekerja atau pencari kerja, info mengenai kenaikan UMR wajib hukumnya untuk kamu ketahui. Ini semua demi upah layak yang kamu dapatkan saat bekerja. Jika kamu masih bertanya-tanya mengenai besaran UMR Sleman di tahun 2021, simak pembahasannya di bawah ini!


UMR Sleman 2021

Sebagai bagian dari Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, UMR Sleman 2021 mengalami kenaikan. Menyusul UMP Yogyakarta yang juga mengalami kenaikan. Hal ini tertuang dalam  Surat Keputusan Gubernur DIY No. 340/KEP/2020 yang ditandatangani Sri Sultan HB X pada 31 Oktober 2020.

Dari ketetapan tersebut diketahui UMR Sleman 2021 adalah sebesar Rp1.903.500,00. Angka tersebut naik sebanyak 3,11 persen dibandingkan dengan UMR Sleman 2020 sebesar Rp1.846.000,00. Dengan kenaikan UMR ini, Sleman menjadi daerah terbesar ke-2 di provinsi DIY. 

Penetapan UMR Sleman 2021 ini sudah sesuai dengan rekomendasi dari bupati atas dasar saran dari pengusaha, serikat buruh, bersama pemerintah yang tergabung dalam dewan pengupahan di kabupaten. UMR Sleman 2021 juga sudah berlaku sejak 1 Januari 2021 lalu.


Kenaikan UMR Sleman dalam 5 Tahun Ke Belakang

Tidak hanya pada tahun 2021, tercatat dalam kurun waktu 5 tahun ke belakang, UMR Sleman terus mengalami kenaikan yang signifikan. Berikut ini rincian kenaikan UMR Kabupaten Sleman dalam 5 tahun ke belakang.


2020: Rp1.846.000,00

2019: Rp1.701.000,00

2018: Rp1.574.550,00

2017: Rp1.448.385,00

2016: Rp1.338.000,00


Melihat Peluang Kerja di Sleman

Jika kamu sedang mencari peluang kerja, Sleman tidak ada salahnya Anda coba. Kabupaten Sleman sendiri menjadi penyanggah daerah-daerah di sekitarnya dalam bidang industri. Hal ini karena Sleman memiliki kawasan industri yang mampu menciptakan lapangan kerja yang besar.

Setidaknya ada 11 industri besar yang eksis di Sleman. Industri-industri besar itu termasuk industri perdagangan berbentuk mall, industri teknologi produksi alat rumah sakit, juga garmen. Selain itu, industri UMKM yang bergerak di sektor kerajinan dan pangan berkembang pesat di Sleman. 

Data 2017 lalu dari 16.523 industri kecil dan rumah tangga memiliki nilai investasi sebesar Rp116 juta. Sedangkan untuk industri menengah dan besar total investasinya sebesar Rp482 juta.

Alasan Harus Cari Kerja Di Sleman

Untuk kamu yang sedang mencari kerja, udah cari lowongan di sekitar DIY termasuk Sleman belum? Kalau belum, coba deh pertimbangkan untuk cari kerja di Sleman. Sleman bisa dikatakan menjadi daerah yang bersahabat bagi para pendatang, karena di Sleman semua bisa jadi teman. Ada beberapa alasan mengapa sepertinya kamu akan cocok bekerja di Sleman, seperti berikut ini:


1. Biaya Hidup Masih Rendah

Biaya hidup di Sleman masih terbilang rendah dan murah di banding kota-kota lainnya. Mulai dari biaya makan, hingga tempat tinggal terbilang lebih terjangkau.


2. Suasana yang Santai dan Serba Dekat

Agak berbeda dengan kota-kota lainnya, Sleman adalah kota yang santai. Tidak seperti Jakarta yang penuh kesibukan dan kemacetan di sana sini. Selain itu, pergi ke daerah sekitar Sleman atau daerah sekitarnya juga serba dekat. 


3. Banyak Daerah Wisata yang Bisa Dikunjungi

Sleman tidak jauh dari Yogyakarta, yang merupakan salah satu daerah wisata populer. Nah, jika kamu bekerja di Sleman, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi bila ingin berwisata ke Jogja. Cuma butuh hitungan menit, kamu sudah bisa menikmati destinasi wisata yang ada di Yogyakarta.


4. Jenis Industri Beragam

Sleman juga memiliki jenis industri yang beragam, sehingga kamu juga tetap bisa mencari kerja yang sesuai dengan keahlianmu.  Jadi jangan khawatir tidak akan menemukan kerja yang tidak sesuai dengan apa yang kamu kuasai.


Itulah penjelasan lengkap tentang UMR Sleman 2021. Saat ini KitaLulus belum menyediakan lowongan di kota Sleman 2021. Namun, jangan khawatir! KitaLulus sedang membuka banyak lowongan pekerjaan di beberapa kota besar di Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store dan daftar kerja di kota-kota di atas. Yuk, dapatkan pekerjaan bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!