Apa Itu Account Officer, Tugas, Skill, Problem yang Dihadapi

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

AO atau account officer adalah sebutan bagi orang yang bertanggung jawab mengelola pembukuan keuangan suatu perusahaan. Seperti yang diketahui, keuangan merupakan salah satu dari sekian banyak hal vital di perusahaan.

Selama ini, banyak orang mengira pekerjaan account officer sama dengan accounting officer. Padahal, keduanya adalah dua hal berbeda. Pada umumnya, account officer bisa ditemukan di perusahaan yang bergerak di sektor finansial. Seperti di bank, koperasi, leasing, dan lembaga keuangan lainnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa itu account officer? Apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Berapa rata-rata gaji account officer di Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa Itu Account Officer?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, account officer adalah orang yang bertanggung jawab pada pengelolaan pembukuan keuangan perusahaan. Namun pada praktiknya, seorang AO tidak bekerja sendiri.

Rekan kerja account officer adalah para profesional yang memegang pembukuan. Hal ini untuk memastikan kondisi finansial perusahaan dicatat secara baik dan akurat.

Selain itu, jika diartikan dari bahasa Inggris, account artinya akun atau nasabah atau klien. Lalu officer adalah petugas. Jadi bisa dikatakan juga bahwa account officer adalah seorang petugas yang sehari-harinya mengurusi berbagai hal berhubungan dengan klien.

Banyak sebutan atau istilah untuk posisi satu ini. Salah satu sebutan dari account officer adalah account executive. Meskipun pada dasarnya pekerjaan mereka sama, ada beberapa hal mendasar yang menjadi perbedaannya.

Baca juga: Apa Itu Relationship Officer? Ini Pengertian, Job Desk, & Nominal Gajinya

Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

tugas account officer

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa job desc account officer adalah sama dengan job desc marketing. Padahal hal tersebut tidak benar. Ada beberapa perusahaan yang bergerak di sektor finansial yang memiliki tim pemasarannya sendiri.

Selengkapnya tentang tugas dan job desk account officer adalah sebagai berikut.

1. Collecting

Tugas account officer yang pertama adalah collecting. Tugas ini meliputi menyebar brosur, menggunakan sosial media, hingga meminta referensi pada orang yang dikenalnya.

Tujuan AO melakukannya adalah untuk mencari calon klien atau nasabah baru untuk direkrut. Salah satu problem account officer adalah ketika ada orang yang menolak dengan kasar pada produk yang ditawarkan.

2. Melakukan Pengenalan Produk

Hal berikutnya yang menjadi jobdesc account officer adalah melakukan pengenalan produk ke klien. Produk yang dikenalkan berupa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Biasanya, produk yang ditawarkan adalah jasa. Bisa dalam bentuk pinjaman kredit, deposito, dan bentuk jasa lainnya.

Untuk menyelesaikan tugas ini, AO biasanya perlu melakukan pengenalan produk ke kantor klien atau ketika klien datang ke tempat.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Klien

Salah satu tugas account officer terpenting adalah menjalin hubungan baik dengan klien. Misalnya dengan follow up terkait penawaran produk. Hal ini tidak hanya berlaku untuk klien baru saja, tetapi juga klien lama.

Cara yang dapat dilakukan dalam mengerjakan job desc account officer satu ini adalah menghubungi klien melalui telepon, SMS, atau WhatsApp.

Akan lebih baik lagi jika seorang AO mendatangi langsung klien untuk sekedar bertukar sapa.

4. Memberikan Penjelasan Terperinci

Saat ditawarkan sebuah produk oleh AO, tidak semua klien langsung memahami apa yang dimaksud. Maka dari itu, job desc account officer adalah memberikan penjelasan terperinci kepada klien sampai mereka mengerti dan paham.

Dari tugas ini, yang menjadi problem account officer adalah ketika klien terlanjur tidak paham atau bahkan salah paham dengan produk yang ditawarkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Seorang AO yang baik adalah mereka yang berani bertanggung jawab akan pekerjaannya kepada atasan.

5. Melakukan Koordinasi dengan Marketing

Hal lain yang menjadi tugas account officer adalah melakukan koordinasi dengan tim marketing perusahaan. Ini diperlukan untuk mempermudah pekerjaannya dalam membuat perencanaan pemasaran.

Hal yang harus diperhatikan oleh seorang account officer adalah efektivitas dan efisiensi kerja. Keduanya sangat dibutuhkan guna menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawabnya.

6. Memberikan Solusi atas Masalah Klien

Akan ada saatnya dimana klien mengalami masalah atau kesulitan. Nah, tugas account officer adalah memberikan solusi atas masalah tersebut. Solusi yang diberikan pun harus berdasarkan pada ketentuan dan kebijakan perusahaan.

Biasanya problem account officer adalah klien atau nasabah yang bersikap tidak ramah dan tidak sabar. Maka dari itu, seorang AO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

7. Mengelola Akun Klien atau Nasabah

Berikutnya job desc account officer adalah mengelola akun klien atau nasabah. Hal tersebut dilakukan agar akun nasabah tidak mengalami masalah di masa mendatang. Baik itu nasabah lama atau nasabah baru.

Saat melaksanakan tugas ini, jangan sampai seorang account officer meninggalkan begitu saja klien atau nasabah yang sudah direkrut. Tanggung jawabnya tidak berhenti sampai di situ saja.

8. Melakukan Pengelolaan Produk dan Kredit

Job desc account officer lainnya adalah melakukan pengelolaan produk dan kredit. Seperti menawarkan dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan klien atau nasabah.

Tidak hanya itu, tugas account officer adalah melakukan pengecekan kepada klien atau nasabah dengan benar. Hal ini harus dilakukan agar nasabah melakukan kewajibannya dengan lancar.

9. Membuat Laporan Kerja

Satu lagi tugas account officer adalah membuat laporan kerja. Laporan kerja yang dibuat berisikan laporan analisis dari setiap klien atau nasabah yang sedang diurus. Pembuatan laporan kerja harus dilakukan secara berkala dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Posisi Account Manager, Tugas, Jenjang Karir, dan Gajinya

Tanggung Jawab Account Officer

Setelah memahami apa itu account officer dan berbagai tugasnya, perlu dipahami juga apa saja tanggung jawab account officer, yaitu antara lain:

  • Memastikan produk yang ditawarkan perusahaan bisa terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran.
  • Memastikan klien atau nasabah memahami produk yang dipilihnya.
  • Menjaga hubungan baik dengan klien atau nasabah, meskipun beberapa dari mereka tidak menaruh minat pada produk yang ditawarkan.
  • Memastikan klien atau nasabah mendapatkan solusi yang tepat dan cepat atas permasalahan yang dialaminya.
  • Menjaga kredibilitas dan nama baik perusahaan di hadapan klien atau nasabah.

Skill Account Officer

skill ccount officer

Setelah mengetahui beberapa job desc account officer adalah seputar pelayanan klien atau nasabah, Anda perlu memperhatikan beberapa skill sebelum melakukan pemilihan calon karyawan.

Terutama bagi Anda yang memiliki perusahaan bergerak di sektor perbankan. Salah satu problem account officer adalah keluhan dari pelanggan. Nah, cara untuk mengatasi problem account officer adalah dengan memiliki skil yang mumpuni.

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang account officer adalah:

  • Mahir menggunakan komputer, terutama untuk Microsoft Excel dan/atau QuickBooks.
  • Memiliki keahlian di bidang matematika pada tingkat lanjut untuk melakukan penghitungan dan pencatatan yang akurat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, baik, dan kuat dalam bentuk lisan atau tulisan untuk berinteraksi dengan klien atau nasabah. Terutama untuk topik sensitif yang berurusan dengan uang.
  • Memiliki kemampuan mengorganisir dan menjaga catatan keuangan perusahaan dengan detail, akurat, dan teliti.
  • Mampu bekerja secara multitasking untuk mengelola beberapa akun klien atau nasabah, invoice, dan bentuk pembayaran lainnya.
  • Memiliki tingkat efisiensi yang baik untuk menangani berbagai problem account officer dengan cepat dan minim gangguan.

Selain itu, beberapa jenis account officer adalah:

  • AO Micro
  • AO SME
  • AO Secured Loan
  • AO Financial Services
  • AO Kredit

Pada dasarnya dari kelima tugas account officer adalah sama. Hal yang menjadi pembedanya adalah produk yang dipasarkan. Umumnya, kelima jenis AO tersebut bisa ditemukan di perusahaan yang bergerak di sektor finansial.

Informasi Gaji Account Officer di Indonesia

Sesuai tingkat senioritas dan pengalaman kerja, rata-rata gaji account officer di Indonesia berada di antara angka Rp4,1 juta sampai Rp11 juta. Nominal ini biasanya akan lebih tinggi di lembaga perbankan yang sudah bereputasi.

Namun, gaji account officer di atas belum termasuk komisi dan bonus lain apabila ada closing atau penambahan klien baru.

Demikian penjelasan terkait pengertian account officer, tugas account officer, masalah yang sering dihadapi, hingga skill yang harus dimiliki.

Apabila Anda sedang mencari seorang account officer untuk perusahaan, Anda bisa menaruh info lowongan di KitaLulus.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja account officer di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik yang berkompeten dan berkualitas bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Baca juga: Seluk Beluk Administrasi Keuangan, Pengertian dan Tujuannya di Perusahaan


cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd