Apa Itu Gesture Tubuh? Ini 7 Jenis, Arti, dan Cara Mengaturnya Saat Interview

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Gesture tubuh yang benar saat interview
Isi Artikel

Gesture adalah – Secara pengertian bahasa, gesture adalah gerakan anggota tubuh seseorang. Gesture tubuh juga bisa diartikan sebagai cara orang berkomunikasi nonverbal. Pada dasarnya, manusia sudah melakukan komunikasi nonverbal sejak masih bayi.

Ketika belum bisa apa-apa, gesture adalah cara komunikasi yang bisa dilakukan. Setelah dewasa, pengertian gesture tubuh lebih kompleks lagi. Bahkan kini para HRD perusahaan sering melihat gesture tubuh para pelamar kerja saat sedang interview.

Pelajari lebih lanjut terkait apa itu gesture tubuh, jenis-jenis gesture tubuh, cara memahami gesture tubuh seseorang, hingga bagaimana gesture tubuh yang baik saat interview kerja di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Miskomunikasi? Ini Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya di Tempat Kerja

Apa itu Gesture Tubuh?

Apa itu gesture tubus

Apa itu gesture tubuh? Seperti yang sudah disebutkan secara singkat di atas, gesture adalah gerakan anggota tubuh seseorang. Namun jika dijabarkan, gesture merupakan salah satu bentuk komunikasi kinesik yang meliputi pergerakan tangan dan tubuh seseorang.

Karena gesture tubuh dilihat dari gerakan tangan dan tubuh, hal ini membuat gerakan tersebut dianggap sebagai komunikasi pengganti dari komunikasi verbal. Gerakan gesture tubuh juga meliputi ekspresi wajah.

Gesture memungkinkan seseorang untuk mengkomunikasikan atau mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkan. Jika seseorang tidak bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya, maka mereka akan mengekspresikannya melalui gesture tubuh.

Dalam ilmu komunikasi, gesture adalah sebuah bentuk komunikasi non-verbal yang tidak terucap. Hal ini termasuk bagaimana ketika seseorang menggerakan tangannya, kepala, atau anggota tubuh lainnya yang bisa mengekspresikan pesan-pesan tertentu.

Jenis-jenis Gesture Tubuh dan Artinya

Jenis jenis gesture tubuh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gesture adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal melalui gerakan anggota tubuh. Dan seperti yang kita ketahui, gerakan anggota tubuh ada banyak sekali.

Berikut beberapa contoh bahasa tubuh dan artinya yang perlu Anda ketahui dalam dunia bisnis:

1. Kontak Mata

Dalam berkomunikasi, kontak mata merupakan salah satu jenis gesture yang terpenting. Pasalnya, dengan menatap mata lawan bicara Anda, artinya Anda menyimak dan memperhatikan pada topik yang sedang dibicarakan.

Umumnya gesture kontak mata diiringi dengan memberikan anggukan beberapa kali. Tujuannya untuk memberitahu lawan bicara bahwa topik yang dibicarakan menarik dan penting untuk disimak.

2. Telapak Tangan di Bawah

Hal kedua yang menjadi contoh bahasa tubuh dan artinya adalah telapak tangan di bawah. Mungkin bagi sebagian orang, termasuk Anda, tidak menganggap penting pada salah satu macam-macam body gesture ini.

Faktanya, menurut beberapa penelitian dan studi, contoh gesture tubuh seperti meletakkan telapak tangan di bawah meja menggambarkan sikap kepemimpinan dan memiliki otoritas.

3. Tersenyum dengan Tulus

Jenis gesture tubuh selanjutnya adalah tersenyum dengan tulus. Dari semua contoh bahasa tubuh dan artinya, senyum adalah salah satu gesture yang mudah untuk ditebak. Bahkan kini sudah banyak orang yang bisa menilai apakah senyuman yang diberikan tulus atau tidak.

Tapi dalam dunia bisnis, contoh gesture tubuh dengan memberikan senyuman tulus bisa membuat Anda lebih disukai oleh rekan kerja atau mitra bisnis Anda. Cara memahami gesture tubuh seseorang bisa dilihat dari bagaimana ia menyambut orang lain.

Apakah ia tersenyum tulus seperti bertemu dengan sahabat yang lama tak jumpa? Atau tidak? Selain itu, senyuman yang tulus juga bisa mengartikan bahwa Anda adalah orang yang hangat dan terbuka.

4. Berjabat Tangan dengan Erat

Sering kali setelah terjadinya negosiasi, kedua belah pihak yang bekerja sama akan berjabat tangan dengan erat. Contoh bahasa tubuh dan artinya dari gerakan ini adalah sebagai sebuah modal.

Selain itu juga terselip harapan agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan kerjasama terus berjalan dengan baik.

Cara memahami gesture tubuh seseorang bisa dilihat dari apakah ketika berjabat tangan ia menatap mata lawan bicaranya atau tidak? Apakah ketika berjabat tangan ia langsung melepasnya atau tidak.

5. Berdiri dengan Lebar

Ketika Anda bertemu seseorang yang berdiri dengan lebar, apa yang akan Anda lakukan? Mungkin sebagian besar reaksi natural seseorang adalah akan merasa terintimidasi. Padahal contoh gesture tubuh ini memiliki arti lain. Ketika seseorang berdiri dengan lebar, itu artinya orang tersebut kuat dan tegas.

6. Bicara dengan Gerakan Tangan

Bicara dengan gerakan tangan juga merupakan salah satu dari macam-macam body gesture yang sering dilakukan. Contoh bahasa tubuh dan artinya ini adalah menandakan bahwa orang tersebut merasa gembira atau antusias terhadap topik yang dibicarakan.

Cara memahami gesture tubuh seseorang dari gerakan tangan bisa dilihat dari bagaimana orang tersebut menggerakan bahu dan tangannya. Tujuannya adalah untuk menciptakan perasaan yang jauh lebih alami dan menarik.

7. Ekspresi Wajah

Satu lagi contoh bahasa tubuh dan artinya adalah ekspresi wajah. Tahukah Anda bahwa ekspresi wajah yang tepat merupakan kunci untuk komunikasi yang efektif? Ekspresi wajah sering kali menjadi penentu dibalik pesan yang akan disampaikan.

Cara memahami gesture tubuh seseorang bisa dilihat dari ekspresi wajahnya saat menyampaikan pesan. Apakah dengan raut wajah bergembira? Bersedih? Atau bisa saja datar. Selain itu, ekspresi wajah juga bisa diartikan sebagai bentuk empati, ramah, dan hangat.

BACA JUGA: Cara Membuat Surat Perpanjangan Kontrak Kerja dan Aturan Terbarunya

Macam Gesture Tubuh yang Baik Saat Interview Kerja

Gesture tubuh yang baik saat interview

Jika sebelumnya kita membahas mengenai macam-macam gesture tubuh dalam bisnis, sekarang kita akan membahas contoh gesture tubuh yang baik saat interview kerja. Sebagai HRD, tentu Anda sering mendapatkan pelamar dengan gerakan tubuh yang berbeda-beda.

Dari setiap gerakan tubuh tersebut, tentu memiliki arti yang berbeda pula. Berikut beberapa contoh gesture tubuh yang baik saat interview kerja:

1. Jabat Tangan

Dalam melakukan interview, jabat tangan adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum atau sesudahnya. Cara memahami gesture tubuh seseorang bisa dilihat pada saat kandidat melakukan jabat tangan terlebih dulu.

Itu artinya kandidat memiliki rasa percaya diri dan siap untuk memulai proses interview. Kemudian perhatikan kekuatan dalam berjabat tangan dan kontak mata dari kandidat. Proses jabat tangan haruslah dilakukan dengan tegas dan tidak berlama-lama serta menatap mata lawan bicara.

2. Postur Tubuh

Salah satu jenis gesture adalah postur tubuh. Tentu dalam melakukan wawancara Anda sangat memperhatikan bagaimana postur tubuh dari kandidat. Nah, cara memahami arti gesturenya adalah dengan memperhatikan cara kandidat duduk.

Posisi duduk yang baik saat sedang interview adalah badan tegak, memberi jarak antara punggung dan sandaran kursi, serta bahu terlihat rendah. Anda juga harus memperhatikan posisi kaki kandidat. Posisi yang baik adalah kaki yang sejajar, tidak menyilang, dan tidak bergerak secara berlebihan.

3. Gerakan Wajah dan Tangan

Contoh gesture tubuh yang baik saat interview kerja selanjutnya adalah gerakan wajah dan tangan. Anda bisa melihat apakah kandidat mengangguk sebagai respon dari topik yang dibicarakan atau tidak.

Jika iya, artinya kandidat memperhatikan apa yang sedang dibicarakan. Selain itu, perhatikan juga apakah kandidat menjaga kontak mata dengan Anda atau tidak.

Hal lainnya yang termasuk pada jenis gesture adalah gerakan tangan. Anda bisa melihat bagaimana kandidat menggerakan tangannya. Apakah secara berlebihan? Atau sewajarnya disesuaikan dengan pesan yang disampaikan?

4. Ekspresi Wajah

Satu lagi contoh gesture tubuh yang baik saat interview kerja adalah ekspresi wajah. Tahukah Anda bahwa, dari ekspresi wajah bisa memberikan efek domino pada anggota tubuh lainnya?

Cara memahami gesture tubuh seseorang bisa dilihat bagaimana ekspresi wajahnya. Jika kandidat menunjukkan rasa cemas, hal ini cenderung membuat anggota tubuh lainnya ikut bergerak secara berlebihan. Misalnya menggerakan kaki atau tangan secara berlebihan.

Contoh bahasa tubuh dan artinya ini tentu menjadi hal negatif oleh para HRD. Sebab, selain memberikan rasa tidak nyaman, gerakan anggota tubuh yang berlebihan juga dianggap sebuah bentuk sikap yang tidak baik.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu gesture tubuh, contoh bahasa tubuh dan artinya, hingga contoh gesture tubuh yang baik saat interview kerja yang perlu Anda ketahui.

Jika perusahaan Anda sedang membuka lowongan, jangan lupa untuk menaruh informasi pekerjaannya di KitaLulus. Kini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan di KitaLulus. Selanjutnya Anda akan mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaan dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok