Apa Itu Venture Capitalist? Kenali Cara Mereka Membantu Bisnis Anda

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Venture capitalistJika Anda ingin membangun usaha, maka Anda akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Terutama perusahaan yang baru dirintis. Tentu Anda akan mencari modal ke sana dan ke sini. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu venture capitalist?

Secara garis besar, pengertian venture capitalist adalah sebuah perusahaan atau individu yang menyediakan dana untuk perusahaan rintisan. Jika Anda sedang mencari modal, venture capitalist atau pemodal ventura bisa menjadi salah satu solusinya.

Pelajari lebih lanjut terkait apa itu venture capitalist, pekerjaan, jenis, dan bagaimana mekanisme mereka membantu pendanaan bisnis Anda.

Apa itu Venture Capitalist?

Apa itu venture capitalist

Secara definitif, pengertian venture capitalist atau pemodal ventura adalah sebuah perusahaan atau individu yang menyediakan dana untuk perusahaan rintisan atau usaha kecil yang dirasa berpotensi tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang, seperti startup atau perusahaan rintisan baru.

Ciri-ciri perilaku venture capitalist bisa dilihat dari cara mereka mencari perusahaan muda yang memiliki potensi untuk bertumbuh dan bekembang dengan besar atau yang berpotensi memiliki keuntungan atau return on investment (ROI) tinggi.

Pada umumnya, perusahaan atau individu yang mengaku sebagai venture capitalist adalah para investor kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya.

Selain itu, pemberian modal dari venture capitalist atau pemodal ventura ini tidak selalu berbentuk uang. Tetapi juga bisa dengan bentuk keahlian teknis atau manajerial yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pekerjaan yang Dilakukan Venture Capitalist

Pekerjaan venture capitalist

Secara umum, kucuran dana yang dimiliki oleh venture capitalist berasal dari para investor kaya atau yang disebut dengan limited partner. Mereka ini bisa berasal dari perusahaan investasi, pengumpul dana pensiun, hingga konglomerat.

Pengertian venture capitalist juga bisa diartikan sebagai pihak yang bertugas untuk menyalurkan dana dari para investor-investor tersebut kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi sukses jangka panjang.

Berikut beberapa rincian pekerjaan dari venture capitalist:

  • Mencari startup baru yang bisa memberikan atau menunjukan potensi pertumbuhan dan perkembangan yang tinggi
  • Melakukan kesepakatan dengan startup yang sudah ditargetkan dengan melakukan analisis potensi investasi dan analisis proyeksi pasar dan keuangan. Jika hasilnya bagus, maka selanjutnya adalah proses negosiasi
  • Mendukung startup dengan komitmen jangka panjang hingga lima sampai delapan tahun. Dukungan yang diberikan bisa berupa bentuk penggalangan dana atau urusan masalah administrasi
  • Para pemodal ventura terus mengikuti perkembangan dari startup yang diajak kerja sama. Biasanya hal ini dilakukan dengan mengikuti konferensi pers dan acara yang diselenggarakan. Tentunya hal ini bisa digunakan sebagai networking dan membangun brand perusahaan
  • Menjalin hubungan dengan para mitra kerja dan juga mencari startup baru yang sekiranya memiliki potensi pertumbuhan yang bagus.
  • Mengurus segala tugas administrasi, akuntansi dan teknologi informasi, hingga pelaporan internal

Jenis-jenis Venture Capitalist

Jenis venture capitalist

Jika Anda berminat untuk meminta modal bisnis ke pemodal ventura, maka sebaiknya pelajari dulu jenis-jenis venture capitalist. Sebab, suntikan dana yang diberikan tergantung pada perkembangan dari perusahaan Anda.

Selengkapnya tentang jenis-jenis venture capitalist adalah sebagai berikut:

1. Seed Capital

Jenis venture capitalist yang pertama adalah seed capital. Pendanaan venture capitalist satu ini umumnya dilakukan di tahap awal, ketika perusahaan belum memiliki produk atau belum terorganisir dengan baik.

Namun karena pendanaan ini dilakukan di tahap awal, maka suntikan dana yang diberikan pun tidak banyak. Biasanya dana yang diberikan cukup untuk membuat produk sampel saja.

2. Startup Capital

Jenis venture capitalist selanjutnya adalah startup capital. Umumnya pada tahap ini perusahaan sudah memiliki produk sendiri. Sehingga suntikan dana yang diberikan biasanya digunakan untuk merekrut tim, riset pasar, atau menyelesaikan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut.

3. Early Stage Capital

Tipe berikutnya dari venture capitalist adalah early stage capital. Pada jenis ini perusahaan sudah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan sudah berkembang dengan penjualan produk yang berpotensi.

Suntikan dana yang akan diberikan pun digunakan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan lain sebagainya. Dengan kata lain, untuk mendukung kegiatan operasional atau produksi perusahaan.

4. Expansion Capital

Berbeda dengan jenis-jenis venture capital lainnya, jenis expansion capital merujuk pada perusahaan rintisan atau startup yang sudah mapan dan siap untuk berkembang. Suntikan dana yang diberikan pun digunakan untuk melakukan proses pengembangan perusahaan.

5. Late Stage Capital

Satu lagi jenis venture capitalist yang perlu Anda ketahui adalah late stage capital. Di level ini, suntikan dana yang diberikan digunakan untuk keperluan meningkatkan kapasitas dan/atau menambah modal perusahaan.

Mekanisme Pendanaan Oleh Venture Capitalist

Mekanisme pendanaan oleh venture capitalist

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis venture capitalist dan perkembangan perusahaan Anda, selanjutnya Anda harus mengetahui mekanisme pendanaan venture capitalist, berikut ini tahap-tahapnya.

  • Pemilik modal akan mengharapkan keuntungan tinggi dari modal yang dimiliki dan diberikan. Semua dana dari berbagai sumber akan dikumpulkan dalam satu wadah bernama venture capitalist funds.
  • Para profesional memiliki keahlian dalam mengelola investasi dan mencari para startup dengan potensi tinggi. Biasanya para profesional ini bergabung dalam management venture capital fund company.
  • Perusahaan yang membutuhkan pengembangan modal akan diberikan suntikan dana yang disebut dengan investee company.

Selanjutnya, jika Anda masih berminat untuk mendapatkan dana dari pemodal ventura ini, maka ada proses pendanaan venture capitalist yang perlu Anda ketahui agar bisa mendapatkan suntikan dana, yaitu:

  • Sediakan rencana bisnis yang menjanjikan. Anda bisa mengajukan rencana bisnis yang sudah dibuat ke firma modal ventura atau angel investor.
  • Apabila rencana bisnis Anda menarik minat para investor, maka proses venture capitalist selanjutnya adalah uji tuntas. Langkah ini merupakan penyelidikan menyeluruh. Mulai dari model bisnis perusahaan, produk yang diciptakan, manajemen perusahaan, hingga riwayat operasi.
  • Proses venture capitalist terakhir adalah dokumen perjanjian dan investasi. Hal ini bisa dilakukan jika para pemodal ventura tertarik pada perusahaan startup Anda. Pengurusan dokumen dan legalitas lainnya membutuhkan waktu tiga sampai empat minggu.

Demikianlah penjelasan terkait venture capitalist atau pemodal ventura, pekerjaan, jenis, hingga mekanisme pendanaan mereka.

Jika Anda membutuhkan seorang karyawan untuk mengurus dan membuat rencana bisnis, maka Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Cukup daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis! Dapatkan kandidat yang berkualitas dan berpotensi untuk membuat rencana bisnis perusahaan Anda dengan #LebihMudah dalam hitungan hari, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd