17 Aplikasi untuk HRD yang Bisa Membantu Perusahaan Anda

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

aplikasi untuk hrd
Isi Artikel

Di zaman modern seperti saat ini, hampir semua dilakukan dengan aplikasi. Mulai dari pesan makanan, beli kebutuhan pokok, jasa bersih-bersih, taksi online, ojek online, bahkan ada aplikasi untuk HRD.

Adanya aplikasi ini membantu kemudahan penggunanya untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Tidak terkecuali aplikasi untuk HRD. Tujuan adanya aplikasi HRD gratis ini sangat mempermudah pekerjaan HRD.

Mulai dari mengurus absensi, mengurus gaji, penghitungan gaji, sampai cuti sekalipun. Beragam aplikasi HRD terbaik ada agar HRD bisa lebih fokus untuk mengurus tugas dan tanggung jawab lainnya.

Lalu, apa saja aplikasi untuk HRD yang bisa digunakan? Mulai dari aplikasi HRD berbasis web sampai aplikasi HRD terbaik, semuanya akan dirangkum di penjelasan kali ini. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Human Resource Department: Pengertian, Skill, dan Tantangan

Daftar Aplikasi HRD Terbaik

Berikut daftar beberapa aplikasi HRD terbaik yang bisa digunakan untuk perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan besar dengan ribuan karyawan sekalipun. Anda pun bisa menyesuaikan aplikasi untuk HRD mana yang cocok untuk perusahaan.

Di antaranya adalah:

1. Mekari Talenta

Pertama, ada aplikasi untuk HRD dari Mekari Talenta yang menggunakan sistem otomasi dan berbasis cloud. Dengan menggunakan aplikasi HRD terbaik ini, karyawan bisa mengakses aplikasi untuk mengajukan cuti, lembur, hingga reimbursement melalui smartphone.

Selain itu, aplikasi HRD ini juga memungkinkan Anda untuk memonitor kerja karyawan, hingga mengurus gaji dan perhitungan pajak secara akurat. Aplikasi untuk HRD ini bisa digunakan untuk semua skala perusahaan hingga berbagai bidang.

2. Gadjian

Selanjutnya ada aplikasi untuk HRD dari Gadjian. Aplikasi ini juga menggunakan cloud sebagai tempat penyimpanan database karyawan. salah satu keunggulan dari aplikasi HRD terbaik ini adalah bisa diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lainnya.

Aplikasi HRD berbasis web ini memberikan beberapa fitur seperti; absensi, cuti karyawan, shift kerja, pengajuan sakit dan izin karyawan, penghitungan PPh 21 dan BPJS, hingga portal karyawan untuk melihat data pribadi mereka. Keamanan aplikasi untuk HRD ini juga diklaim aman dari kebocoran data.

3. LinovHR

Satu lagi aplikasi HRD berbasis web dari LivovHR. Aplikasi untuk HRD ini menawarkan kemudahan dalam mengatur gaji dan data karyawan yang berbasis cloud. Aplikasi HRD gratis ini bisa digunakan untuk perusahaan skala besar dengan ribuan karyawan.

Aplikasi untuk HRD ini menjanjikan keakuratan dan keamanan yang tinggi. Selain itu, fitur yang ditawarkan meliputi sistem penggajian karyawan, absensi, GPS tracking, hingga mengatur jadwal karyawan yang bisa diakses secara real time.

4. HRD Pintar

Aplikasi HRD Pintar dapat memudahkan perusahaan dalam mengurus manajemen sumber daya manusia dan keuangan. Aplikasi untuk HRD berbasis cloud ini bisa digunakan untuk mengelola data karyawan, pekerja harian, relawan, karyawan outsourcing, hingga karyawan magang di perusahaan Anda.

Fitur yang diberikan oleh aplikasi HRD gratis ini meliputi, data diri karyawan, jadwal kerja, gaji, cuti, absensi, lembur, keterlambatan, penghitungan pajak PPh 21, BPJS dan asuransi, kasbon, track record, medical reimbursement, hingga GPS tracking.

5. Manataal

Manataal merupakan aplikasi HR berbasiskan cloud yang memiliki beragam fitur untuk menunjang pengambilan keputusan yang lebih cepat, salah satunya seperti Applicant Tracking System (ATS) yang juga didukung dengan teknologi Artificial Intelligence yang canggih.

Fitur pada aplikasi Manataal dapat dikatakan sangat update yang mana memudahkan penggunanya untuk melakukan penyortiran kandidat sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, terdapat juga fitur tracking social media, dimana kita dapat mengetahui profil media sosial kandidat dengan teknologi mereka.

6. KaryaOne

Aplikasi untuk HRD selanjutnya adalah KaryaOne. Aplikasi HRD terbaik ini memberikan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia dan kinerja karyawan perusahaan Anda secara efektif dan lebih mudah.

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi HRD gratis ini meliputi absensi online maupun offline, penggajian, pajak dan BPJS, hingga manajemen kinerja karyawan. Aplikasi untuk HRD ini bisa digunakan untuk UMKM hingga korporasi secara real time melalui smartphone atau sebagai aplikasi HRD berbasis web.

7. Catapa

Aplikasi HRD gratis selanjutnya adalah Catapa. Aplikasi untuk HRD yang satu ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan Anda. Selain itu, Catapa bisa diakses secara real time dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi HRD terbaik ini memberikan fitur terkait penggajian, PPh 21 dan BPJS, manajemen waktu, reimbursement, chatbot, absensi jarak jauh, pengajuan cuti dan lembur, hingga digital approval. Aplikasi untuk HRD ini bisa digunakan oleh perusahaan skala kecil hingga skala besar.

8. onHRD

onHRD merupakan aplikasi HRD berbasis web yang bisa mempermudah pemantauan karyawan. Aplikasi untuk HRD ini bisa diakses secara real time kapanpun dan dimanapun melalui smartphone.

Fitur yang ditawarkan aplikasi HRD gratis ini meliputi absensi, pelaporan izin dan sakit, pengajuan cuti dan lembut, reimbursement, performance appraisal, hingga mengatur jadwal kerja.

9. ForwardHD

Satu lagi aplikasi untuk HRD dari ForwardHR. Aplikasi HRD terbaik ini membantu perusahaan Anda dalam mengelola manajemen karyawan. Aplikasi ini bisa diakses oleh karyawan atau hanya orang-orang yang sudah ditentukan. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa menyesuaikan aplikasi ini dengan kebutuhan HRD perusahaan.

Aplikasi HRD berbasis web ini memiliki fitur untuk mengelola gaji, absensi, kinerja karyawan, rekrutmen dan pelatihan karyawan, pengeluaran manajemen, mengatur data pinjaman karyawan, hingga laporan kerja karyawan. Aplikasi untuk HRD ini bisa digunakan oleh perusahaan skala menengah hingga skala besar atau internasional.

10. MyOrangeHR

Aplikasi untuk HRD dari MyOrangeHR menawarkan sistem manajemen sumber daya manusia perusahaan Anda secara optimal. Selain itu, aplikasi HRD terbaik ini juga menawarkan fitur manajemen bakat, KPI, dan kompetensi karyawan untuk mengoptimalkan pengembangan karyawan.

Aplikasi untuk HRD ini cocok digunakan jika Anda memiliki anak perusahaan di berbagai lokasi. Fitur lainnya meliputi absensi, data cuti, reimbursement, mengatur rekrutmen dan pelatihan karyawan, hingga mengukur performa kinerja karyawan.

11. Kan’z Informatic

Satu lagi aplikasi HRD berbasis web yang bisa Anda gunakan, Kan’z Informatic. Aplikasi untuk HRD ini memberikan Anda akses untuk mengolah data dengan grafik dan tabel.

Fitur yang dimiliki aplikasi HRD terbaik ini meliputi absensi, cuti, izin sakit, sistem penggajian, penghitungan PPh 21 dan BPJS, menganalisis kinerja karyawan, sehingga karyawan bisa membuat laporan dan analisis dengan mudah.

BACA JUGA: Masalah Umum HRD yang Sering Dijumpai dan Solusi Mengatasinya

12. Haermes

Selanjutnya ada aplikasi untuk HRD dari Haermes. Aplikasi HRD terbaik ini bisa membantu Anda untuk mengelola seluruh informasi karyawan yang meliputi pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. Selain itu, semua database bisa disimpan di cloud, server pribadi, atau server pelanggan.

Aplikasi untuk HRD ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan dapat terintegrasi dengan aplikasi lain. Fitur lain yang ditawarkan meliputi absensi, cuti, pinjaman, penggajian, PPh 21 dan BPJS, hingga membantu dalam proses rekrutmen dan pelatihan karyawan.

13. Payroll Bozz

Aplikasi untuk HRD dari Payroll Bozz bisa diakses menggunakan smartphone Anda secara real time. Aplikasi HRD gratis ini bisa digunakan untuk berbagai macam skala perusahaan dan menawarkan fitur self-service administration. Hal ini membuat karyawan dapat mengubah data pribadi mereka.

Aplikasi HRD terbaik ini menawarkan fitur seperti absensi online, melihat dan mengatur tugas atau jadwal karyawan, online approval dan reject untuk izin, lembur, dan cuti, hingga laporan kinerja karyawan.

14. SIAP+P

Aplikasi untuk HRD dari SIAP+P memberikan beragam kemudahan untuk mengembangkan bisnis perusahaan Anda. Mulai dari otomatisasi, hingga modernisasi dan sinergi lingkungan HR di perusahaan Anda. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengelola manajemen karyawan dengan efektif.

Fitur yang diberikan aplikasi untuk HRD ini meliputi sistem penggajian dan penghitungan PPh 21 dan BPJS, manajemen rekrutmen dan pelatihan karyawan, penilaian kinerja karyawan, mengatur jadwal, hingga mengatur cuti dan lembur. Aplikasi HRD terbaik ini bisa digunakan untuk perusahaan skala menengah hingga skala besar.

15. Jojo Payroll

Satu lagi aplikasi untuk HRD dari Jojo Payroll. Aplikasi HRD gratis ini menawarkan solusi sistem penggajian otomatis yang bisa dikelola dimana saja dan kapan saja dalam hitungan menit.

Fitur lainnya yang ditawarkan adalah cetak slip otomatis, kemudahan dalam bank transfer, absensi online, slip gaji digital, cuti, lembur dan pembagian jadwal kerja, hingga keamanan data karyawan yang bisa diakses secara real time kapanpun dan dimanapun.

16. JPayroll

Satu lagi aplikasi untuk HRD yang bisa Anda gunakan, JPayroll. Aplikasi HRD terbaik ini diklaim dapat meningkatkan kinerja karyawan perusahaan. Anda juga bisa mengakses seluruh data karyawan dan histori perjalanan karir karyawan. JPayroll bisa digunakan untuk berbagai skala perusahaan.

Fitur yang diberikan aplikasi untuk HRD ini meliputi absensi, cuti, lembur, shift kerja, penggajian dan penghitungan PPh 21 serta BPJS, mengelola pinjaman karyawan, reimbursement, retire management, penilaian kinerja karyawan, kompetensi karyawan, proses rekrutmen dan pelatihan manajemen, hingga employee self-service.

17. Andal Software

Selanjutnya ada aplikasi HRD berbasis web dari Andal Software. Aplikasi untuk HRD ini mengklaim bisa meningkatkan efektivitas pengelolaan HRD di perusahaan Anda. Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan pasar dan perkembangan pelanggan.

Fitur yang diberikan oleh aplikasi untuk HRD ini meliputi data kepegawaian, absensi, mengatur jadwal kerja, lembur dan cuti, klaim karyawan, sistem penggajian dengan penghitungan PPh 21 dan BPJS, hingga self-service yang memungkinkan karyawan atau atasan untuk mengakses semua data.

Kebutuhan perusahaan akan aplikasi untuk HRD terus meningkat. Sebab hal ini juga sangat membantu divisi HRD dalam mengelola manajemen karyawan dengan cepat, efektif, fleksibel, dan juga optimal.

Itulah beberapa pilihan aplikasi untuk HRD yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebelum memilih aplikasi HRD terbaik untuk perusahaan, mungkin lebih baik Anda melakukan konsultasi dengan jasa penyedia untuk mengetahui lebih lanjut kebutuhan yang diinginkan.

Nah, jika Anda membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi di divisi HRD, bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus. Saat ini, aplikasi KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan pekerjaan dengan aman di KitaLulus. Dapatkan karyawan terbaik untuk divisi HRD Anda bersama KitaLulus, mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok