15 Ide Bisnis Lebaran Tanpa Modal Besar, Omzet Menjanjikan!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

hrd
Isi Artikel

Lebaran sering dijadikan momen untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan membuka usaha. Namun, beberapa orang berpikir bahwa untuk membuka usaha dibutuhkan modal yang besar, padahal ada juga bisnis lebaran yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Bahkan, beberapa bisa Anda jalankan tanpa modal sepeserpun, hanya mengandalkan keahlian dan kreativitas saja. Penasaran apa saja bisnis tersebut? Simak ulasan KitaLulus berikut, yuk!

Ide Bisnis Lebaran Tanpa Modal Besar

Tidak melulu harus modal besar, nyatanya banyak lho bisnis lebaran tanpa modal yang bisa Anda jalankan, apa sajakah itu? Coba lihat daftarnya berikut ini!

1. Jasa Bersih-bersih

Jasa Bersih-bersih

Menjelang lebaran, banyak orang yang ingin rumahnya lebih bersih dari biasanya. Maklum saja, mereka nantinya harus menyambut tamu. Nah, hal ini bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan membuka jasa bersih-bersih.

Anda bisa memasang tarif bersih-bersih per jam dan membedakan tarif untuk area ruangan apa saja yang dibersihkan. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu modal besar, cukup alat bersih-bersih saja.

2. Jasa Pembuatan Ketupat

Jasa Pembuatan Ketupat

Bisnis lebaran tanpa modal satu ini juga bisa dicoba.  Sebagai menu wajib saat hari raya, pastinya bisnis ini akan mendatangkan omzet yang menjanjikan.

Anda bisa menjual ketupat yang sudah lengkap dengan lauk pauk atau menjual janur kuningnya saja.

3. Jasa Dekorasi Ruangan

Jasa Dekorasi Ruangan

Bila Anda punya keahlian dalam mendesain suatu ruangan, jadikanlah ini sebagai peluang bisnis. Sebab, saat lebaran biasanya banyak orang akan mendekorasi ulang ruangan rumahnya agar semakin cantik saat open house.

4. Jual Perlengkapan Mudik

Jual Perlengkapan Mudik

Ini juga bisa jadi ide bisnis lebaran yang menguntungkan. Anda bisa menjual perlengkapan perjalanan untuk keperluan mudik, seperti kacamata, sarung tangan, masker, helm, sampai P3K.

Agar banyak peminatnya, Anda bisa menjajakan jualan Anda di pinggir jalan yang dilintasi pemudik atau juga menjualnya secara online.

5. Jual Amplop THR

Memberikan THR kepada saudara maupun keponakan adalah salah satu tradisi lebaran. THR berupa uang ini biasanya dimasukkan ke dalam amplop.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menjual beragam amplop THR dengan karakter lucu atau elegan.

Untuk membuat amplop THR yang lucu juga tidak sulit, kamu bisa memanfaatkan kreativitas kamu atau menggunakan template amplop yang ada di internet kemudian dicetak.

Bila tidak ingin repot membuat amplop dari awal, kamu bisa mencari seller di marketplace.

Baca Juga: 10 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan Selain Uang

6. Jual Aksesoris atau Perhiasan

Jual Aksesoris atau Perhiasan

Di hari lebaran, semua perempuan muslim pastinya ingin tampil modis dan cantik. Maka, tak heran bila banyak dari mereka berburu aksesoris dan perhiasan untuk digunakan saat lebaran.

Ini bisa menjadi peluang bisnis yang omzetnya lumayan. Anda bisa menyediakan beberapa produk aksesoris seperti kalung, gelang, cincin, bors, sampai aksesoris hijab.

Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Banyak aksesoris yang dijual dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menyesuaikan dengan modal Anda.

7.  Jasa Kartu Ucapan Lebaran

Ide bisnis lebaran tanpa modal berikutnya adalah membuka jasa desain kartu ucapan lebaran. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang jago desain grafis. Anda bisa membuat ucapan dengan kreasi foto, video, atau juga animasi sederhana.

Anda pun bisa mematok harga sesuai dengan kerumitan dari ucapan yang Anda buat. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

8. Jasa Sopir

Jasa Sopir

Menyediakan jasa sopir pribadi juga bisa jadi ide bisnis lebaran yang menguntungkan, lho! Biasanya ketika lebaran, banyak orang yang ingin bepergian untuk mengunjungi sanak saudara di luar kota lebih memilih menggunakan sopir.

Bila Anda berminat dengan bisnis ini, pastinya Anda harus punya keahlian menyetir yang mumpuni, tahu banyak jalan, serta memiliki SIM. Dan Anda harus siap meninggalkan keluarga Anda sementara waktu.

9. Tiket Mudik

Tiket Mudik

Mudik jadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia saat hari raya. Di saat seperti ini, kebutuhan akan tiket mudik murah tentu sangat dibutuhkan.

Anda bisa menjadi orang yang menyediakan tiket bus, kereta api, atau pesawat dengan harga murah. Tidak sulit untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa menggunakan aplikasi dan membandingkan harga tiket termurah.

10. Fotografer dan Videografer

Fotografer dan Videografer

Karena hari raya merupakan momen spesial berkumpul bersama keluarga, tak heran bila banyak orang ingin mendokumentasikan kebersamaan tersebut dalam foto maupun video yang indah.

Jika Anda punya kemampuan fotografi dan videografi, Anda bisa menawarkan jasa ini. Anda tidak perlu khawatir bila tidak punya perlengkapan seperti kamera, lighting, dan semacamnya karena Anda bisa menyewanya.

Anda dapat menawarkan jasa Anda di tempat-tempat wisata, atau juga menggunakan kekuatan media sosial untuk menjadi fotografer sewaan.

Baca Juga: 10 Ide Konten Ramadhan Paling Menarik, Mudah Viral!

11. Penitipan Kendaraan

Penitipan Kendaraan

Biasanya, saat mudik beberapa orang khawatir meninggalkan kendaraannya di rumah.

Oleh karena itu, membuka usaha penitipan kendaraan bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi bila Anda memiliki lahan cukup besar yang bisa menampung banyak kendaraan. Anda dapat membedakan harga penitipan motor dan mobil.

12. Cuci Kendaraan

Cuci Kendaraan

Ide bisnis lebaran tanpa modal besar berikutnya adalah jasa cuci kendaraan.

Jasa ini akan banyak dicari orang karena mereka ingin memastikan kendaraannya bersih sebelum dipakai mudik atau saat ingin meninggalkannya di rumah.

Bagi pemilik kendaraan, memastikan kendaraan bersih bukan hanya mempercantik penampilan tapi juga menjaga agar mesin-mesin tidak cepat rusak.

13. Laundry

laundry

Menjelang lebaran biasanya banyak orang yang ditinggal oleh ART pergi mudik. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk Anda membuka usaha laundry.

Agar jasa laundry Anda diminati, Anda bisa menawarkan jasa jemput dan antar.

14. Jual Baju Lebaran

Jual Baju Lebaran

Usaha lebaran yang menguntungkan berikutnya yaitu menjual pakaian lebaran. Sudah pasti bisnis ini akan menghasilkan omzet besar pasalnya setiap orang ingin terlihat cantik saat bertemu dengan sanak saudara.

Anda bisa menyesuaikan dengan model baju yang sedang tren agar tidak ketinggalan. Terkait modal, Anda juga tidak perlu khawatir. Bila Anda tidak punya modal besar, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan bergabung sebagai reseller atau dropshipper.

Agar jualan semakin lancar, promosikan kepada grup pertemanan dan manfaatkan media sosial sebaik mungkin.

15. Jualan Kue Kering

Jualan Kue Kering

Kue kering adalah makanan khas lebaran yang tidak boleh ketinggalan. Maka, tidak heran bila permintaan kue kering menjelang lebaran pasti akan meningkat. Ini bisa menjadi peluang bisnis lebaran yang menguntungkan untuk Anda.

Anda dapat memilih tipe-tipe kue sederhana yang memang menjadi pilihan saat lebaran. Misalnya kue putri salju, lidah kucing, nastar, atau castangel. Agar tidak kewalahan melayani pesanan, Anda juga bisa membuka sistem pemesanan dengan pre order.

Baca Juga: 18 Ide Hampers Lebaran yang Unik, Terjangkau, dan Berkesan

Nah, itulah dia beberapa ide bisnis lebaran tanpa modal besar yang bisa Anda jalankan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Satu hal yang penting saat Anda menjalani bisnis adalah bagaimana Anda bisa menjaga kualitas. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan andal.

Untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis tentunya dibutuhkan tenaga kerja ahli dan terampil. Sekarang, tidak sulit untuk menemukannya, sebab Anda bisa memanfaatkan platform KitaLulus.

KitaLulus adalah platform pencarian kerja terpercaya dengan lebih dari 3 juta pengguna. Anda bisa pasang lowongan di KitaLulus secara gratis dan mendapatkan full support dari tim KitaLulus.

Dengan begini, Anda akan menemukan kandidat terbaik dengan cepat dan tepat. Tunggu apalagi, ayo daftarkan bisnis atau perusahaan Anda sekarang!

cari karyawancari karyawan