3 Cara Cepat Screening Karyawan yang HRD Harus Tahu

Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

hrd
Isi Artikel

Dalam proses merekrut karyawan baru, screening karyawan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan perusahaan. Ini bertujuan agar perusahaan tidak salah merekrut kandidat. Namun, screening karyawan bisa jadi hal yang sulit apabila segala prosesnya masih dilakukan secara manual.

Maka dari itu, berikut akan dijelaskan mengenai solusi cepat screening karyawan. Simak, yuk!

Apa itu Screening Karyawan?

Apa itu Screening Karyawan

Screening karyawan adalah sebuah cara yang dilakukan oleh rekruter guna mengetahui jika pelamar memiliki kriteria sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kriteria tersebut mencakup latar belakang pendidikan, skill, hingga kepribadian.

Selain itu, perekrut juga akan mengecek apakah pelamar memiliki catatan kriminal yang mungkin bisa membahayakan reputasi perusahaan apabila ia diterima, apakah pelamar pernah menggunakan narkoba, semua diinvestigasi oleh perusahaan.

Seluruh proses tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari melakukan review CV dan cover letter, mengecek keabsahan dokumen yang dilampirkan, mengecek media sosial pelamar, hingga menghubungi langsung ke pihak kepolisian.

Itulah sebabnya proses screening harus dilakukan dengan sangat teliti agar tidak ada calon karyawan dengan catatan buruk yang ikut terekrut.

Baca juga: Screening Sosial Media untuk Rekrutmen Calon Karyawan

Cara Cepat Screening Karyawan

Screening Karyawan

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa screening karyawan merupakan tahapan yang panjang dan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, banyak inovasi yang dapat dilakukan oleh perekrut guna membuat proses screening menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menggunakan Software Rekrutmen

Memasuki era digital, banyak aspek kehidupan yang mulai bergeser menggunakan basis digital, termasuk proses rekrutmen. Kini, terdapat banyak perangkat lunak (software) yang dirancang khusus untuk membantu mempercepat proses rekrutmen, salah satunya software yang dimiliki KitaLulus.

Dengan menggunakan software rekrutmen, HR akan mendapatkan fasilitas seperti screening CV otomatis, menyederhanakan proses administrasi, hingga melacak progres rekrutmen.

2. Mengecek Data Karyawan

Dalam informasi lowongan kerja biasanya perekrut meminta calon pelamar untuk menyerahkan CV dan portfolio. Ini bertujuan supaya perekrut dapat melihat latar belakang pengalaman, pendidikan, kemampuan, dan pencapaian pelamar.

Tentu saja hal tersebut menjadi pertimbangan utama perusahaan ketika memilih calon karyawan.

Saat terdapat banyak jumlah pelamar, pengecekan data karyawan secara manual akan memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, keberadaan alat bantu seperti software rekrutmen yang bisa mempercepat proses pengecekan sangat dibutuhkan. Biasanya, dalam sebuah software rekrutmen sudah termasuk layanan cek data karyawan.

Baca juga: Proses Seleksi Karyawan, Tujuan, dan Berbagai Jenis Tesnya

3. Mengecek Identitas Karyawan

Cara cepat screening karyawan berikutnya yaitu mengecek identitas karyawan, seperti rekening, NPWP, SKCK, dan sebagainya. Ini dilakukan guna melihat apakah pelamar memiliki catatan kriminal misalnya pernah melakukan kejahatan, terlibat hutang, ataupun menggunakan narkoba.

Sama halnya pengecekan data karyawan, jika dilakukan secara manual, proses ini pasti juga akan menghabiskan waktu lama. Oleh sebab itu, pekerjaan perekrut akan lebih mudah apabila menggunakan software rekrutmen.

Untuk menyesuaikan diri dengan era teknologi, sudah sebaiknya Anda sebagai rekruter beralih dari sistem manual ke sistem digital, salah satunya dengan mulai menggunakan software recruitment.

Namun, pemilihan software juga perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Pilihlah software rekrutmen yang memiliki layanan lengkap sehingga Anda tidak perlu untuk mencari software tambahan.

Jika Anda bingung memilih software rekrutmen mana yang menyediakan fasilitas terlengkap seperti screening, pengecekan kelengkapan data karyawan, dan identitas karyawan, Anda bisa menggunakan Paket Rekrutmen dari KitaLulus.

Tidak hanya itu, Paket Rekrutmen KitaLulus juga sudah dilengkapi fitur AI yang bisa merekomendasikan pelamar yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kemudian dengan menggunakan software rekrutmen KitaLulus, iklan lowongan kerja yang Anda pasang akan menjangkau hingga jutaan pelamar sehingga memperbesar kemungkinan Anda mendapat karyawan yang paling kompeten dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk langganan Paket Rekrutmen KitaLulus dan dapatkan berbagai manfaatnya!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up