10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Gampang Banget Kok!

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Cara jualan di Tokopedia– Tokopedia ada salah satu dari sekian banyak ecommerce ecommerce yang ada di Indonesia. Bahkan sekarang banyak yang ingin buka toko di Tokopedia. Tapi, apakah Anda sudah tahu cara jualan di Tokopedia?

Di masa pandemi seperti ini, banyak orang beralih untuk berjualan secara online melalui ecommerce, salah satunya adalah Tokopedia. Buat Anda yang tertarik menjadi seller di Tokopedia dan meraup untung jutaan rupiah, berikut panduan cara jualan di Tokopedia untuk pemula.

Sekilas tentang Tokopedia

Tips jualan di Tokopedia

Pada tahun lalu, tepatnya 17 Mei 2021, Tokopedia resmi bergabung bersama gojek dan menjadi entitas baru bernama GoTo Group. Bahkan Tokopedia berhasil menempati posisi pertama sebagai ecommerce yang memiliki pengunjung web bulanan tertinggi di kuartal II 2021.

Tidak hanya itu, Tokopedia juga memberikan banyak promo untuk memudahkan para pelanggannya berbelanja di aplikasi tersebut. Banyak merchant (sebutan untuk penjual di Tokopedia) yang sudah membuka toko dan merasakan keuntungannya.

Dilansir dari situs resmi Tokopedia, setiap bulannya ada lebih dari 90 juta pengguna aktif. Cara bikin toko di Tokopedia pun tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa langsung menerima pembeli atau pelanggan lima menit setelah membuka toko. Menarik, kan?

10 Cara Jualan di Tokopedia Agar Untung Maksimal

Cara jualan di Tokopedia

Jika Anda tertarik membuka toko di Tokopedia dan dapat banyak profit, ada beberapa tips berjualan yang perlu Anda terapkan. Selengkapnya tentang cara jualan di Tokopedia agar untung maksimal adalah sebagai berikut.

1. Buat Identitas Toko dengan Jelas

Cara jualan di Tokopedia yang pertama adalah dengan memastikan identitas toko yang Anda buat jelas. Terlebih jika toko Anda adalah toko baru. Jika Anda menggunakan identitas anonim, ada kemungkinan pelanggan akan ragu dengan kredibilitas toko Anda.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan nama, foto profil, dan deskripsi toko yang jelas. Memberikan kepercayaan kepada pelanggan adalah hal yang utama. Hal ini juga bertujuan agar toko Anda tidak diblokir atau dihapus oleh pihak Tokopedia.

2. Membuat Catatan Toko

Cara jualan di Tokopedia berikutnya adalah dengan membuat catatan toko. Fitur catatan toko pada aplikasi Tokopedia berfungsi sebagai papan informasi toko kepada pelanggan.

Biasanya catatan toko berisikan tentang kebijakan terkait pengembalian produk, jam operasional toko, ketentuan berbelanja di toko, dan lainnya yang berhubungan dengan transaksi jual beli di toko Anda.

3. Sediakan Beragam Jasa Pengiriman

Tips jadi seller Tokopedia yang sukses

Salah satu keuntungan membuka toko di Tokopedia adalah banyak jasa pengiriman paket yang lengkap. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda melakukan aktivasi seluruh jasa pengiriman yang tersedia.

Sebab, beberapa pelanggan pasti memilih jasa pengiriman yang ingin digunakannya. Mulai dari perkiraan ongkos kirim hingga kecepatan pengiriman. Hal ini juga bisa menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

4. Susun Etalase Produk

Fitur lain di Tokopedia adalah adanya etalase produk. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyusun etalase produk toko dengan rapi sebagai salah satu cara jualan di Tokopedia. Anda juga bisa membuat kategori berdasarkan produk sejenis.

Secara tidak langsung hal ini bisa membuat pelanggan untuk membeli banyak produk di toko Anda. Sebab, mereka melihat banyak produk yang disajikan sehingga ada rasa dorongan untuk membeli produk lainnya juga.

5. Deskripsi Produk yang Jelas

Salah satu cara jualan di Tokopedia adalah dengan memberikan deskripsi produk yang jelas. Hal ini dikarenakan, pelanggan lebih suka melihat deskripsi produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Deskripsi produk yang jelas memiliki kaitannya dengan SEO Marketplace. Jika Anda memberikan deskripsi produk sesuai dengan panduan yang diberikan, maka kemungkinan besar toko Anda akan dilirik oleh banyak pengunjung.

6. Update Toko Secara Berkala

Toko yang aktif bisa menjadi nilai tambah di mata pelanggan. Lain halnya dengan toko yang tidak aktif. Maka dari itu, cara jualan di Tokopedia yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan update toko secara berkala.

Hal ini juga bertujuan agar toko Anda tidak dikategorikan toko yang tidak aktif oleh pihak Tokopedia. Toko yang tidak aktif membuat pelanggan enggan berbelanja di toko Anda. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

7. Fast Respond

Cara jadi seller online yang sukses

Sebagian besar pelanggan lebih menyukai jika toko yang langganannya bisa memberikan respon yang cepat. Terlebih jika penjual bisa memberikan pelayanan yang ramah. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata pelanggan.

8. Manfaatkan Fitur Promosi dari Tokopedia

Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati dari Tokopedia adalah promosi satu jam sekali. Cara jualan di Tokopedia ini bisa dinikmati oleh semua merchant tanpa dipungut biaya sama sekali.

Caranya sangat mudah, Anda cukup memilih salah satu produk yang dipromosikan, kemudian klik ‘Promosikan Produk Ini’. Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja agar toko Anda bisa tampil di halaman pertama dan mendapatkan promosi gratis dari Tokopedia.

9. Bergabung dengan Merchant Gold

Cara jadi gold merchant Tokopedia

Cara jualan di Tokopedia selanjutnya adalah bergabung dengan merchant gold. Fitur Tokopedia yang satu ini akan memberikan toko Anda fasilitas premium, yaitu diantaranya:

  • Bisa menambah admin toko
  • Menempel cover toko
  • Memperbanyak jumlah etalase produk toko
  • Bisa menampilkan catatan toko di samping produk yang tampil
  • Menjual produk yang sedang tren

10. Gunakan Ads Tokopedia

Satu lagi cara jualan di Tokopedia yang bisa Anda coba, yaitu dengan menggunakan ads. Berbeda dengan cara lainnya yang gratis, cara yang satu ini berbayar. Dengan menggunakan ads peluang toko Anda ada di pencarian teratas semakin besar.

Tutorial Cara Bikin Toko di Tokopedia untuk Pemula

Cara bikin toko di Tokopedia

Setelah Anda mengetahui cara jualan di Tokopedia, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara bikin toko di Tokopedia. Caranya pun sangat mudah dan tidak dipungut biaya sama sekali. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Tokopedia di ponsel Anda
  • Lakukan registrasi akun terlebih dulu. Isikan data diri dengan lengkap sesuai dengan kolom yang diminta. Lalu buka menu ‘AKUN’
  • Pada menu tersebut Anda akan melihat ada opsi ‘BUKA TOKO GRATIS’ yang ada di bawah nama akun Tokopedia Anda
  • Kemudian masukkan info toko Anda dengan jelas dan lengkap
  • Selanjutnya Anda bisa mengisi survey yang diberikan. Anda bisa memilih untuk mengisinya atau tidak
  • Lalu masukkan alamat toko
  • Selamat! Anda berhasil membuat toko baru

Setelah melakukan step-by-step cara bikin toko di Tokopedia di atas, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Pastikan bahwa akun yang Anda miliki belum pernah membuka toko. Anda dapat melakukan pengecekan di akun Tokopedia pada menu ‘TOKO SAYA’
  • Satu KTP hanya bisa maksimal untuk 2 (dua) toko saja

Selain dari ponsel, Anda juga bisa menggunakan cara bikin toko di Tokopedia melalui desktop, mobile web, atau aplikasi Tokopedia dengan menggunakan cara yang sama.

Demikian penjelasan terkait cara jualan di Tokopedia dan cara bikin toko di Tokopedia. Pastikan Anda juga membuat strategi marketing yang tepat agar toko Anda bisa menjangkau banyak orang.

Biasanya untuk membuka toko di ecommerce, Anda memerlukan admin online untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan toko. Apabila Anda membutuhkan seorang admin online, Anda bisa menaruh informasinya di aplikasi KitaLulus.

Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus, dan dapatkan kandidat admin e-commerce berkualitas #LebihMudah!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd