7 Cara Efektif Membangun Personal Branding HRD di LinkedIn

Close Pop up
Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

membuat personal branding HRD di LinkedIn
Isi Artikel

LinkedIn saat ini menjadi aplikasi media sosial para profesional  yang banyak digunakan untuk membangun personal branding, Tidak terkecuali bagi seorang HRD. Membangun personal branding HRD di LinkedIn begitu penting, karena bisa memperluas jaringan Anda sebagai profesional.

Selain memperluas personal branding, LinkedIn juga dapat digunakan sebagai aktualisasi reputasi diri, ciri khas, hingga kepercayaan. Agar tujuan dari membangun  personal branding di LinkedIn bisa berjalan dengan tepat, simak hal-hal pentingnya di bawah ini!

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri, karier, dan pencapaian sebagai sebuah merek. Praktik personal branding adalah sebuah proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi serta kesan individu.

Sedangkan, mengutip Forbes, personal branding adalah persepsi seseorang yang Anda bentuk terhadap diri Anda dan apa yang bisa Anda tawarkan secara profesional masa ini serta nanti.

Secara sederhana, personal branding dapat diartikan sebagai cara Anda dalam mempromosikan diri di mata orang lain.

Dalam personal branding, keterampilan, pengalaman, dan kepribadian menjadi hal yang penting untuk membangun branding diri sendiri. Anda harus dapat mengkombinasikan hal tersebut untuk membangun citra tertentu di mata individu.

Mengapa HRD Perlu Membangun Personal Branding di LinkedIn?

Pentingnya personal branding HRD di LinkedIn

Di era digital ini, personal branding tidak bisa dianggap remeh lagi kekuatannya. Tidak hanya pencari kerja, tapi HRD profesional juga perlu melakukan personal branding. Dengan praktik ini, Anda bisa mendapatkan citra baik, di dalam maupun juga di luar perusahaan. Tentu ini juga akan bagus untuk meningkatkan jenjang karier Anda. 

Personal branding juga membantu Anda untuk mengklarifikasi dan memastikan sebagai apa Anda ingin dilihat oleh orang lain khususnya kolega professional Anda. Dalam pekerjaan Anda sebagai HRD, hal ini berkaitan dengan bagaimana cara kepemimpinan Anda dan cara membina dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan.

BACA JUGA: Program HRD untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Cara Membangun Personal Branding HRD di LinkedIn

Sekarang ini, LinkedIn menjadi pilihan pertama para profesional untuk melakukan personal branding di media sosial.  Untuk membangun personal branding HRD di LinkedIn yang tepat, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Maksimalkan Profil LinkedIn 

Contoh profil LinkedIn HRD yang baik

Membangun personal branding HRD di LinkedIn pertama-tama harus dilakukan dari profil Anda. Karena ada bukti bahwa algoritma LinkedIn akan menunjukkan preferensi untuk profil yang lengkap, jadi sangat penting bahwa Anda telah melengkapi bagian ini. 

Pastikan Anda melengkapi semua informasi dalam halaman profil, mulai dari foto yang sesuai, summary yang menarik, tidak ketinggalan tambahkan juga riwayat pengalaman kerja yang jelas, dan portofolio yang menunjang

2. Ubah URL untuk Meningkatkan Aksesibilitas

Selanjutnya, agar orang mudah menemukan Anda, dan personal branding Anda tidak jadi percuma. Cobalah meningkatkan aksesibilitas dengan mengubah URL akun LinkedIn menjadi lebih personal

Alih-alih menggunakan url otomatis yang ada di profil yang biasanya berisi kombinasi angka dan huruf, Anda bisa mengubahnya dengan menggunakan nama pada bagian URL. Dengan cara ini tentu akun LinkedIn Anda jadi mudah ditemukan di manapun termasuk di Google, orang hanya tinggal ketik nama Anda saja.

3. Buat Headline yang Menarik

Dalam profil LinkedIn, headline menjadi tagline dari personal branding yang ingin Anda bangun. Ini juga menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang ketika mengunjungi profil LinkedIn Anda. 

Cobalah buat headline yang unik dengan sedikit kata, tapi tetap dapat merepresentasikan kemampuan diri Anda. Pada bagian headline ini Anda juga bisa memasukkan kata kunci agar lebih mudah dicari. 

4. Bangun Koneksi yang Relevan di LinkedIn

Membangun jaringan koneksi turut membangun personal branding. Cobalah ikuti orang-orang yang sesuai dengan profesi Anda sebagai HRD. Networking ini juga akan berpengaruh pada bagaimana penilaian orang lain terhadap diri Anda. Oleh karena itu, pastikan membangun koneksi dengan orang-orang yang kredibel dan ahli. Anda juga bisa memanfaatkan fitur Group pada LinkedIn, dan mencoba masuk ke form yang sesuai dengan dunia HRD.

5. Publikasikan Konten secara Teratur

Membangun personal branding HRD di LinkedIn tidak bisa Anda lakukan dengan instan. Anda butuh konsistensi agar bisa menjadi top of mind orang-orang. Oleh karena itu, usahakan untuk secara teratur mempublikasikan konten di akun LinkedIn

Anda bisa membagikan konten dalam dua tipe format yaitu status pendek atau juga konten panjang. Untuk status pendek, Anda bisa membagikan keberhasilan Anda di tempat kerja. acara yang Anda ikuti. Agar lebih menarik, Anda juga dapat menyertakan foto atau video.

Lalu, untuk konten panjang, Anda dapat membuat konten slide share tentang tren dunia kerja atau tips yang berkaitan dengan melamar pekerjaan. Pasti akan banyak orang yang melirik konten yang Anda buat. 

6. Berinteraksi

Tidak hanya membagikan konten saja, Anda juga perlu terlibat dengan pengguna lainnya agar semakin banyak orang yang tahu keberadaan profil LinkedIn Anda.

Interaksi itu bisa dibangun dengan mengomentari konten orang lain yang masih relevan dengan bidang Anda, yaitu HRD. Jangan lupa juga untuk membalas komentar yang masuk di konten yang Anda sebarkan. 

7. Minta Rekomendasi dari Koneksi

Hal ini cukup penting juga dalam membangun personal branding HRD di LinkedIn. Mintalah rekomendasi dari koneksi Anda untuk membantu profil LinkedIn Anda agar lebih meyakinkan. 


Membangun personal branding di LinkedIn tidak hanya akan membawa manfaat bagi HRD, tapi juga perusahaan tempat ia bekerja. Citra perusahaan juga bisa naik, dan dianggap sebagai perusahaan yang potensial untuk mengembangkan karier. 

LinkedIn bisa jadi tempat yang efektif untuk melakukan personal branding, namun untuk mencari kandidat terbaik, Anda bisa percayakan itu kepada aplikasi KitaLulus. Pasang lowongan di KitaLulus sangat mudah dan cepat. Selain itu, fitur-fitur yang ada di aplikasi juga memudahkan lowongan Anda untuk dilihat oleh pencari kerja. Mari gabung dengan KitaLulus sekarang!


Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok