10 Cara Mempromosikan Produk Perusahaan Anda, Terbukti Ampuh!

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Cara mempromosikan produk— Jika Anda berkecimpung dalam dunia bisnis atau usaha, maka cara mempromosikan produk adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas.

Terutama di era digital seperti saat ini. Cara mempromosikan produk perusahaan Anda akan menjadi lebih mudah dan memiliki cakupan pasar yang luas. Jika Anda bisa menggunakan cara promosi menarik dan tepat, maka hasil yang didapatkan pun akan menjanjikan.

Tidak sedikit pengusaha yang belum tahu cara promosi menarik. Padahal ada jenis-jenis promosi yang bisa Anda gunakan sebagai cara mempromosikan produk perusahaan. Mau tahu apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya terkait cara mempromosikan produk.


BACA JUGA: 8 Cara Mengembangkan Brand Awareness untuk Memenangkan Persaingan Bisnis


Apa itu Promosi Produk?

Pengertian strategi promosi produk

Promosi produk adalah salah satu hal terpenting dan vital dalam dunia bisnis atau usaha. Namun sayangnya, masih banyak juga yang belum memahami dan memaksimalkan jenis-jenis promosi yang ada.

Promosi produk adalah sebuah kegiatan untuk mengiklankan produk atau mereka yang bisa menghasilkan suatu penjualan dan akan menciptakan rasa loyalitas pelanggan atas merek tersebut.

Promosi juga bisa diartikan sebagai cara membujuk orang lain agar bisa menerima suatu ide atau produk. Ada juga yang beranggapan bahwa promosi produk adalah salah satu strategi komunikasi perusahaan dengan pasar.

Dengan kata lain, promosi produk adalah sebuah upaya yang dilakukan perusahaan untuk bisa memasarkan produk dengan cara persuasif sehingga calon pelanggan bisa tertarik untuk membeli produk Anda dibandingkan produk sejenis dari kompetitor.


10 Cara Mempromosikan Produk yang Terbukti Ampuh

Cara promosi menarik

Di masa pandemi seperti ini, hampir semua kegiatan transaksi jual beli dilakukan online. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, makan, dan hal lainnya. Maka dari itu, Anda harus menggunakan jenis-jenis promosi yang sesuai agar bisa digunakan sebagai cara mempromosikan produk perusahaan Anda.

Berikut beberapa alternatif cara promosi menarik yang bisa Anda coba:

1. Diskon atau Potongan Harga

Tanpa disadari, harga masih menjadi patokan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Maka dari itu, memberikan diskon atau potongan harga adalah salah satu cara mempromosikan produk yang bisa Anda lakukan.

Salah satu bentuk promosi ini bisa Anda lakukan kapan saja. Biasanya cara promosi menarik dengan memberikan diskon atau potongan harga ini dilakukan secara besar-besaran ketika Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).


2. Free Ongkir

Bentuk promosi yang kedua adalah dengan memberikan free ongkir atau gratis biaya kirim barang. Cara mempromosikan produk satu ini juga masih ampuh menarik minat beli pelanggan. Terutama untuk pelanggan yang berada di luar jangkauan dan ongkos kirim produknya mahal.

Cara promosi menarik ini tidak hanya memberikan pelanggan Anda kemudahan dalam berbelanja, tetapi juga memberikan nilai yang lebih. Cara mempromosikan produk dengan gratis ongkir ini bisa meningkatkan penjualan produk Anda.


3. Cashback

Selain gratis ongkir, cara mempromosikan produk yang diincar pelanggan lainnya adalah cashback atau pengembalian sejumlah uang setelah pelanggan melakukan transaksi pembelian.

Salah satu dari bentuk promosi ini banyak digunakan di ecommerce dan/atau marketplace besar. Untuk menggunakan cara promosi menarik ini, Anda bisa mengajukan syarat seperti pembelian produk sejumlah nominal tertentu.


4. Buy 1 Get 1

Cara mempromosikan produk lainnya adalah dengan memberikan promo buy 1 get 1. Bentuk promosi ini masih terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda.

Strategi promosi satu ini akan membuat pelanggan senang karena mereka bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga tertentu. Sedangkan manfaat cara mempromosikan produk ini untuk Anda adalah bisa mengenalkan produk baru atau menghabiskan produk lama yang belum terjual.


5. Pemberian Hadiah

Bentuk promosi selanjutnya adalah dengan pemberian hadiah. Untuk melakukan cara mempromosikan produk ini, Anda bisa menggunakan produk sendiri atau bekerja sama dengan pihak lainnya.

Cara promosi menarik ini bisa Anda gunakan kapanpun. Cara mempromosikan produk seperti jika pelanggan melakukan pembelian dengan nominal di atas Rp100 ribu, maka akan mendapatkan hadiah menarik.

Cara promosi produk yang menarik


6. Loyalty Program

Salah satu cara mempromosikan produk Anda adalah dengan menerapkan loyalty program. Cara promosi menarik ini adalah dengan melakukan kegiatan seperti memberikan promo menarik khusus bagi pelanggan setia dan tetap.

Anda bisa mengajak pelanggan untuk mengumpulkan poin reward atau stiker dalam jumlah tertentu untuk melakukan salah satu bentuk promosi ini. Nantinya, setelah objektifnya terkumpul, Anda bisa memberikan promo khusus kepada pelanggan tersebut.


7. Membagikan Voucher

Pemberian voucher khusus masih menjadi cara mempromosikan produk yang efektif. Terutama di masa pandemi seperti ini. Biasanya cara promosi menarik ini dilakukan dengan memberikan voucher diskon atau promo produk.

Pada praktiknya, Anda bisa menggunakan cara mempromosikan produk ini dengan menawarkan syarat tertentu. Seperti pengumpulan poin reward dalam jumlah tertentu atau dengan membagikannya secara cuma-cuma.


8. Giveaway

Nyatanya, masih banyak orang yang menantikan giveaway dari toko langganannya. Anda bisa menggunakan cara mempromosikan produk ini untuk mengenalkan produk baru. Pelanggan tentu akan merasa senang karena bisa mendapatkan produk baru tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Tujuan dari promosi satu ini juga untuk menarik perhatian calon pelanggan baru dan sebagai brand awareness. Bahkan cara mempromosikan produk yang satu ini bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.


9. Tester atau Sampel Produk

Cara mempromosikan produk dengan memberikan tester atau sampel produk bisa Anda gunakan untuk mengenalkan produk baru. Biasanya, salah satu jenis-jenis promosi ini sering dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang food & beverages.

Tapi tidak menutup kemungkinan untuk perusahaan jenis lainnya. Untuk melakukan cara promosi menarik ini, Anda bisa menyelipkan sample produk baru di produk yang sudah dibeli oleh pelanggan dan minta pendapatnya terkait produk baru tersebut.

Jika respon dari pelanggan cukup baik, maka Anda bisa menentukan cara mempromosikan produk selanjutnya.


10. Tawarkan Harga Khusus

Satu lagi cara mempromosikan produk yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan harga khusus. Cara promosi menarik ini bisa Anda tawarkan dengan memberikan harga grosir jika pelanggan membeli produk dengan jumlah banyak.

Cara mempromosikan produk yang satu ini diklaim bisa membuat produk Anda lebih cepat terjual. Terlebih jika ternyata pesaing Anda menggunakan cara yang sama. Cara promosi menarik ini juga bisa menguntungkan kedua belah pihak.


BACA JUGA: Segmentasi Pasar: Cara Jitu Optimalkan Bisnis Anda


Jenis-Jenis Promosi yang Bisa Diterapkan

Jenis-jenis promosi

Nah, setelah Anda mengetahui cara mempromosikan produk dengan baik, saatnya Anda memilih jenis-jenis promosi yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Advertising

Jenis promosi yang pertama adalah dengan melakukan advertising. Cara mempromosikan produk ini dilakukan dengan mempresentasikan produk dengan promosi berbayar yang memiliki sponsor.

Selain itu, cara promosi menarik ini juga diklaim bisa menjangkau pasar lebih luas. Sebab, cara mempromosikan produk dengan advertising bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari dalam berbagai media.


2. Personal Selling

Jenis promosi selanjutnya adalah personal selling. Cara mempromosikan produk ini dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia atau karyawan untuk membangun dan menciptakan hubungan dengan pelanggan yang lebih akrab dan dapat dipercaya.


3. Sales Promotion

Pada praktiknya, cara mempromosikan produk dengan jenis promosi ini paling sering dijumpai. Anda bisa menggunakan cara promosi menarik seperti mengadakan diskon, flash sale, giveaway, dan promo menarik lainnya.


4. Direct Marketing

Direct Marketing adalah salah satu jenis-jenis promosi yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk langsung kepada pelanggan. Cara promosi menarik ini bisa dilakukan melalui SMS, telepon, email, dan kanal-kanal lainnya.

Kelebihan dari cara mempromosikan produk yang satu ini adalah bisa digunakan untuk perusahaan skala kecil hingga skala besar.


5. Public Relation

Satu lagi jenis promosi yang bisa Anda gunakan, yaitu public relation. Cara mempromosikan produk ini dilakukan dengan membuat publisitas produk yang baik dan memperkuat tujuan citra perusahaan.

Biasanya, cara promosi menarik ini sering dilakukan dalam bentuk event, pemberitaan, kolaborasi, dan hal-hal lainnya.


Demikianlah penjelasan terkait cara mempromosikan produk dan jenis-jenis promosi yang bisa Anda gunakan. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa gunakan cara promosi menarik yang sesuai karakteristik target konsumen Anda, ya!

Apakah Anda membutuhkan seorang sales marketing untuk mempromosikan produk perusahaan? Sudah coba menaruh lowongan di KitaLulus? Perlu Anda ketahui, kini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Meda, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Tentunya hal ini akan membuat peluang Anda untuk mendapatkan kandidat sales marketing yang berkompeten dan berkualitas semakin besar. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan kerja di KitaLulus, mulai dari sekarang!


cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd