Low Budget! Ini 5 Cara Memulai Usaha Angkringan Sukses dengan Profit Berlimpah

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Tips membuka usaha angkringan
Isi Artikel

Usaha angkringan– Ada peluang usaha yang sedang menjamur dan digemari banyak orang, yaitu usaha angkringan. Bisnis ini diburu oleh para pengusaha karena hanya membutuhkan modal yang kecil.

Dari modal kecil tersebut, Anda bisa meraup banyak keuntungan dari usaha angkringan ini. Tertarik untuk mencoba? Pelajari selengkapnya terkait cara memulai usaha angkringan, modal yang perlu dikeluarkan, hingga kekurangan dan kelebihan dari bisnis ini melalui penjelasan di bawah.

Cara Memulai Usaha Angkringan

Tentu Anda familiar dengan konsep angkringan, bukan? Salah satu kedai makanan kaki lima yang berada di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta atau sekitaran Jawa. Ternyata tren ini banyak diadopsi oleh para pengusaha yang berada di kota.

Salah satu kelebihan membuka usaha angkringan adalah dimulai dengan modal usaha yang kecil. Mencari peruntungan lewat bisnis ini, kini Anda bisa melihat ada banyak angkringan dimana-mana. Bahkan di pinggiran jalan di kota-kota besar.

Tertarik membuka bisnis angkringan di dekat rumah? Lakukan beberapa cara memulai usaha angkringan berikut ini:

1. Persiapkan Modal

Cara memulai usaha angkringan yang pertama dan paling penting adalah mempersiapkan modal. Setiap usaha membutuhkan modal yang cukup agar bisa berjalan dan berkembang.

Meskipun modal usaha angkringan tidak banyak, Anda harus tetap mempersiapkannya. Agar ketika Anda sudah yakin untuk memulai, Anda bisa membangun usaha ini tanpa kendala sedikitpun.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Hal yang tidak kalah penting dari modal adalah lokasi usaha. Tahukah Anda bahwa, untuk bisa membuka angkringan, Anda membutuhkan lokasi yang strategis? Artinya, lokasi usaha ini harus bisa dilihat langsung oleh banyak orang.

Salah satunya adalah pinggir jalan raya. Membuka angkringan di lokasi ini bisa mendatangkan banyak pelanggan. Terutama orang-orang yang pulang kerja. Setelah turun dari transportasi umum, mereka bisa mampir ke angkringan untuk mengisi perut.

3. Tempat dan Fasilitas yang Nyaman

Salah satu cara memulai usaha angkringan adalah menyiapkan tempat dan fasilitas yang nyaman. Meskipun berada di pinggir jalan, bukan berarti Anda tidak bisa membuat pelanggan merasa nyaman.

Angkringan identik dengan konsep lesehan. Banyak pedagang angkringan yang menggelar tikar dan meja kecil agar para pelanggan bisa menikmati makanan yang dipesan. Namun, tahukah Anda bahwa kini sudah ada konsep angkringan modern?

Konsep usaha angkringan modern berada di dalam ruangan. Lengkap dengan fasilitas meja dan kursi tinggi, ruangan ber-AC, dan tidak jarang yang memberikan wifi gratis untuk pelanggannya. Menarik, bukan?

4. Menu dan Harga yang Sesuai

Cara memulai usaha angkringan selanjutnya adalah menyiapkan menu dan harga yang sesuai. Angkringan dikenal dengan konsep menu dengan porsi sedikit dan berbagai sate. Salah satu menu khasnya adalah nasi kucing.

Namun tidak ada salahnya jika Anda menggunakan menu usaha angkringan kekinian untuk menarik perhatian pelanggan. Seperti roti bakar, kentang goreng, pisang bakar, sosis bakar, dan aneka makanan kekinian lainnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha angkringan adalah memberikan harga yang sesuai dengan kualitas makanan yang Anda jual. Salah satu kelebihan dari angkringan adalah harganya yang murah dan bersahabat.

5. Jaga Kebersihan

Satu lagi cara memulai usaha angkringan yang perlu Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan. Lokasi yang berada di pinggir jalan raya identik dengan debu dan kotoran lainnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha angkringan adalah membuat pelanggan nyaman dan betah makan di kedai angkringan Anda, sebaiknya selalu jaga kebersihan.

Seperti mengelap meja sampai bersih, menjaga kebersihan alat makan yang digunakan, menjaga kebersihan tikar yang digelar, dan lain sebagainya. Dijamin pelanggan akan betah berlama-lama dan bisa memesan menu lebih banyak.

Rincian Modal Usaha Angkringan

Rincian modal usaha angkringan

Bagaimana? Apakah sampai penjelasan di atas Anda masih tertarik untuk membuka usaha angkringan? Jika iya, maka Anda harus mengetahui berapa modal yang dikeluarkan beserta rinciannya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, modal usaha angkringan tidaklah besar. Bahkan kini banyak franchise yang menawarkan paket usaha angkringan bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan.

Namun, jika Anda ingin memulai sendiri tanpa membeli paket usaha angkringan, berikut rincian modal usaha angkringan yang harus Anda keluarkan:

  • Gerobak untuk berjualan dan menaruh makanan Rp2.5 juta
  • Perlengkapan jualan seperti alat makan, wadah untuk menaruh menu, dan lainnya Rp500 ribu
  • Beli bahan makanan dan arang Rp2.650 juta
  • Sewa tempat Rp300 ribu
  • Biaya lain-lain seperti listrik, aksesoris, dan lainnya Rp400 ribu
  • Tikar berukuran besar Rp100 ribu
  • Meja kecil @Rp50 ribu x 6 unit = Rp300 ribu
  • Terpal berukuran besar Rp200 ribu

Estimasi modal usaha angkringan yang harus Anda keluarkan adalah sebesar Rp6.950.00,00. Jumlah angka tersebut bisa berkurang atau bertambah, tergantung pada harga barang yang Anda beli.

Lalu bagaimana dengan estimasi keuntungan dari usaha ini? Katakanlah dalam satu hari Anda berhasil meraup keuntungan sebesar Rp200 ribu dalam sekali buka. Maka estimasi keuntungan per bulan yang Anda terima adalah:

Rp200.000,00 x 30 hari = Rp6.000.000,00

Lalu jika dikalikan dalam setahun, maka estimasi keuntungan yang didapatkan adalah:

Rp6.000.000,00 x 12 = Rp72.000.000,00

Menguntungkan bukan? Dari modal usaha angkringan yang Anda keluarkan sebesar Rp6.950.000,00, Anda bisa meraup keuntungan sebesar Rp72.000.000,00 dalam satu tahun. Dengan catatan Anda berhasil mendapatkan pemasukan per harinya sebanyak Rp200.000,00.

Lain halnya jika Anda membeli paket usaha angkringan dari beberapa franchise. Modal yang dibutuhkan dimulai dari Rp3 juta hingga Rp9 juta. Namun angka tersebut belum termasuk harga sewa tempat dan biaya lainnya.

Jadi, Anda ingin buka usaha angkringan sendiri atau membeli paket dari franchise?

Kekurangan dan Kelebihan Membuka Usaha Angkringan

Kelebihan membuka usaha angkringan

Dibalik keuntungan yang menggiurkan, ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam membuka usaha angkringan. Hal ini tentu harus menjadi pertimbangan Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membukanya. Simak kekurangan dan kelebihan membuka usaha angkringan selengkapnya di bawah ini:

Kekurangan Membuka Usaha Angkringan

1. Bahan Makanan yang Terbuang

Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha angkringan adalah kualitas bahan makanannya. Anda tentu menyadari bahwa sell point dari angkringan adalah makanannya. Namun, makanan matang bisa menjadi basi jika dalam beberapa jam tidak dikonsumsi.

Hal ini tentu menjadi kekurangan dalam membuka usaha angkringan yang perlu Anda pertimbangkan. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan makanan matang secukupnya. Sedangkan untuk menu sate-satean, Anda bisa menggunakan frozen food yang bisa disimpan lagi.

2. Tempat Jualan yang Tidak Praktis

Kekurangan dalam membuka usaha angkringan selanjutnya adalah tempat jualan yang tidak praktis. Masih banyak angkringan yang menggunakan konsep tradisional. Yaitu dengan menggunakan gerobak, tikar, dan terpal.

Namun sayangnya, hal ini menjadi tidak praktis karena Anda harus bongkar pasang tenda dan menyiapkan segalanya. Terlebih jika musim hujan. Pelanggan yang datang cenderung berkurang karena tidak ada tempat untuk berlindung.

3. Waktu Jualan

Waktu berjualan juga menjadi salah satu kekurangan dalam membuka usaha angkringan. Umumnya, jam buka angkringan dimulai dari selepas senja atau setelah pukul 18.00 sampai pukul 03.00 atau subuh. Mengapa?

Sebab, itu adalah ciri khas angkringan. Disaat kedai makanan lainnya tutup sebelum pukul 12 malam, angkringan masih bertahan sampai subuh untuk mendapatkan pelanggan. Biasanya, semakin malam angkringan semakin ramai.

Namun bagi Anda yang tidak siap dengan waktu berjualan seperti ini, tentu harus mempertimbangkan kembali jam buka usaha. Anda bisa menyelesaikannya jam bukanya dengan ketentuan sendiri.

4. Kurangnya Lahan Parkir dan Adanya Penyanyi Jalanan

Lokasi angkringan yang berada di pinggir jalan membuatnya tidak memiliki lahan parkir yang cukup. Terutama jika ada pelanggan yang membawa mobil. Tidak hanya itu, keramaian pelanggan menjadi kesempatan bagi para penyanyi jalanan untuk mengais rezeki.

Kedua hal tersebut tentu menjadi kekurangan dalam membuka usaha angkringan yang harus Anda pertimbangkan. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha ini adalah kenyamanan pelanggan. Jangan sampai karena tidak nyaman, pelanggan malah pergi dan tidak kembali lagi.

Kelebihan Membuka Usaha Angkringan

Kelebihan membuka usaha angkringan

1. Modal Kecil, Untung Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, modal usaha angkringan yang dikeluarkan tidaklah besar. Bahkan dari estimasi modal tersebut, Anda bisa meraup untung besar per bulan dan per tahunnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dalam membuka usaha angkringan. Konsepnya yang tradisional dan merakyat menjadi daya tarik dari kedai angkringan ini.

2. Tidak Perlu Keahlian Khusus

Salah satu kelebihan dalam membuka usaha angkringan adalah tidak perlu memiliki keahlian khusus. Anda hanya perlu membuat menu yang familiar dan tidak memerlukan banyak keterampilan.

Bahkan untuk menu usaha angkringan kekinian pun, Anda bisa melakukannya meskipun tidak memiliki keahlian yang mumpuni dalam memasak. Anda hanya perlu mengetahui cara membuatnya, kemudian melakukan inovasi dengan gaya sendiri. Mudah, bukan?

3. Usaha yang Populer

Kedai angkringan menjadi salah satu tempat populer yang dikunjungi oleh banyak orang dari semua kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga para orang tua sekalipun.

Kelebihan dalam membuka usaha angkringan ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan banyak. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha ini adalah siapkan menu andalan dan menu yang digemari oleh pelanggan Anda.

4. Harga Bersahabat

Satu lagi kelebihan dalam membuka usaha angkringan adalah harga yang bersahabat. Hal ini karena menu yang dijual cenderung dalam porsi kecil. Umumnya, harga yang dikenakan untuk satu porsi nasi kucing berkisar Rp3.000,00 hingga Rp5.000,00.

Sedangkan untuk aneka sate umumnya berkisar Rp2.500,00 hingga Rp3.000,00. Harga bersahabat ini tentu menjadi daya tarik bagi para mahasiswa dan pekerja kantoran di tanggal tua.

Demikianlah penjelasan terkait cara memulai usaha angkringan, modal usaha yang harus dikeluarkan, hingga beberapa kekurangan dan kelebihan dari usaha ini yang harus Anda pertimbangkan.

Meskipun Anda membuka usaha angkringan, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu Anda berjualan. Salah satu caranya dengan memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus.

Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulu secara gratis.

Dapatkan karyawan yang giat dan bekerja keras untuk usaha Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok