Omzet Puluhan Juta dari Rumah, Ini 5 Cara Memulai Usaha Toko Kosmetik dan Modalnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Peluang usaha toko kosmetik
Isi Artikel

Usaha toko kosmetik– Tahukah Anda, kosmetik menjadi barang yang paling sering dibeli melalui toko online? Hal ini membuat adanya peluang untuk membuka usaha toko kosmetik.

Kosmetika menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya wanita, tetapi juga pria dan anak-anak. Tren ini juga menjadikan peluang usaha toko kosmetik memiliki prospek yang panjang untuk kedepannya.

Tertarik untuk mencoba? Anda bisa mempelajari beberapa cara memulai usaha toko kosmetik, modal usaha, serta kekurangan dan kelebihannya di bawah ini.

Cara Memulai Usaha Toko Kosmetik

Cara memulai usaha toko kosmetik

Kosmetika menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Tidak hanya wanita, tetapi juga pria dan anak-anak. Perlu diketahui, kosmetik tidak selamanya berkaitan dengan make up.

Tetapi produk tertentu yang digunakan untuk meningkatkan penampilan dan merawat tubuh. Mulai dari produk kecantikan seperti make up, perawatan kulit, minyak wangi, dan produk lainnya.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan perawatan kulit, maka hal ini menjadikan usaha toko kosmetik salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan prospek dari usaha ini bisa berumur panjang karena kebutuhannya secara terus menerus.

Berikut beberapa cara memulai usaha toko kosmetik yang perlu Anda ketahui:

1. Persiapkan Modal dan Lokasi Usaha

Cara memulai usaha toko kosmetik yang pertama adalah mempersiapkan modal dan lokasi usaha. Seperti yang kita ketahui modal merupakan hal terpenting dalam memulai usaha. Jadi, pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

Selanjutnya, tentukan lokasi usaha. Apakah Anda ingin berjualan secara online atau offline? Jika online, maka tentukan media yang sesuai dan efektif. Jika offline, maka pilih lokasi yang strategis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan.

2. Tentukan Target Pelanggan

Cara memulai usaha toko kosmetik yang kedua adalah menentukan target pelanggan. Perlu diketahui, harga kosmetik sangat beragam. Mulai dari harga yang bersahabat hingga harga yang hanya untuk kalangan tertentu.

Maka dari itu, ada baiknya untuk Anda menentukan target pelanggan. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam memilih produk kosmetik mana yang akan dijual. Sehingga nantinya, produk kosmetik Anda bisa laku di pasaran.

3. Buat Konsep Usaha

Membuat konsep usaha juga termasuk cara memulai usaha toko kosmetik yang perlu Anda lakukan. Dengan adanya konsep usaha bisa membantu Anda untuk menarik perhatian pelanggan.

4. Tentukan Harga dan Kualitas Produk

Selanjutnya Anda bisa menentukan harga jual produk dan kualitasnya. Anda bisa melakukan survey dengan melihat harga pasaran. Namun hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah jangan mematok harga terlalu tinggi dari harga di pasaran.

Bisa-bisa karena terlalu mahal, tidak ada pelanggan yang ingin membeli. Jika Anda ingin mendapatkan untung, naikkan sedikit saja harganya. Cara memulai usaha toko kosmetik ini juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang dijual. Termasuk salah satunya adalah aman untuk digunakan.

5. Promosi

Satu lagi cara memulai usaha toko kosmetik yang perlu Anda lakukan adalah promosi. Anda bisa melakukan promosi dengan menyesuaikan tren yang ada. Bisa melalui media sosial atau melalui offline.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah memahami kebutuhan pasar. Sebagian besar usaha yang bisa mengikuti tren dan memahami kebutuhan pasar akan mudah untuk bertahan.

Rincian Modal Usaha Toko Kosmetik

Rincian modal usaha toko kosmetik

Pada dasarnya, modal usaha toko kosmetik berbeda-beda, namun umumnya tidaklah besar. Anda bisa memilih untuk membuka usaha ini sendiri dari 0 (nol), atau memilih beberapa supplier toko kosmetik.

Biasanya mereka menjual beberapa paket usaha kosmetik yang sudah memiliki harga dan produk yang ditentukan. Modal usaha toko kosmetik yang harus Anda keluarkan pun beragam. Ada yang dimulai dari Rp400 ribu hingga jutaan rupiah.

Jika Anda memilih untuk membuka usaha sendiri dari 0 (nol), maka berikut rincian modal usaha toko kosmetik yang harus Anda keluarkan, yaitu:

  • Etalase untuk memajang produk @Rp1 juta x 2 unit = Rp2 juta
  • Rak kaca berukuran kecil Rp400 ribu
  • Cermin duduk berukuran kecil @Rp150 ribu x 5 unit = Rp750 ribu
  • Kursi plastik untuk duduk @Rp60 ribu x 5 unit = Rp300 ribu
  • Promosi toko Rp450 ribu
  • Membeli produk kosmetik yang dibutuhkan Rp4 juta
  • Biaya utilitas seperti listrik dan lain-lain Rp200 ribu
  • Gaji karyawan Rp800 ribu
  • Sewa lokasi Rp1 juta

Maka estimasi total modal usaha toko kosmetik yang harus Anda keluarkan adalah sebesar Rp8.900.000,00. Angka tersebut bisa saja berubah menjadi lebih rendah atau lebih tinggi. Lalu apakah toko kosmetik menjanjikan? Bagaimana dengan estimasi keuntungan yang didapat?

Katakanlah dalam satu hari Anda berhasil menjual produk senilai Rp300 ribu. Maka perhitungan omset bulanan yang Anda dapatkan adalah:

Rp300.000,00 x 30 hari = Rp9.000.000,00

Lalu jika dikalikan dalam satu tahun, maka keuntungan yang Anda dapatkan adalah:

Rp9.000.000,00 x 12 bulan = Rp108.000.000,00

Estimasi keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan dengan catatan bisa menjual produk senilai Rp300 ribu per harinya. Bahkan dalam waktu satu bulan, Anda sudah bisa mendapatkan modal usaha toko kosmetik kembali.

Bagaimana? Apakah toko kosmetik menjanjikan? Jawabannya adalah iya. Sebab, kosmetik adalah salah satu keutuhan masyarakat Indonesia yang terus dicari dari hari ke hari.

Cara Mencari Supplier Toko Kosmetik yang Tepat

Cara memilih supplier toko kosmetik

Jika Anda ingin mencoba peruntungan di bisnis ini, maka Anda harus mengetahui cara mencari supplier toko kosmetik yang bisa menjadi pemasok setiap bulannya. Biasanya mereka sudah menentukan harga paket usaha kosmetik yang bisa Anda beli untuk kemudian dijual kembali.

Ada beberapa cara mencari supplier kosmetik yang tepat, diantaranya:

1. Riset Toko Kosmetik Offline

Cara mencari supplier toko kosmetik yang pertama adalah melakukan riset toko kosmetik offline. Anda bisa mengunjungi banyak toko kosmetik di daerah sekitar. Kalau bisa, usahakan mencari toko yang besar.

Biasanya mereka menawarkan paket usaha kosmetik dengan harga grosir yang lebih murah. Jika memungkinkan, Anda juga bisa langsung mengunjungi pabrik kosmetik untuk memesan produk dengan jumlah banyak.

2. Riset Toko Kosmetik Online

Selain toko offline, Anda juga perlu melakukan riset toko kosmetik online dan di e-commerce. Cara ini lebih memudahkan Anda dalam segi waktu dan tenaga. Gunakan kata kunci yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nanti akan muncul beberapa situs resmi dan kontak dari toko kosmetik online ini. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah baca review dari beberapa konsumennya.

Jangan lupa juga untuk melakukan perbandingan dengan beberapa toko lainnya agar Anda bisa mendapatkan supplier toko kosmetik yang bisa dipercaya dan profesional.

3. Bergabung dengan Komunitas

Cara mencari supplier toko kosmetik selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas usaha. Cari komunitas yang membuka usaha serupa. Umumnya, mereka akan membagikan informasi yang berhubungan dengan usaha toko kosmetik.

Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait supplier toko kosmetik yang profesional dan kredibel. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru terkait usaha yang akan Anda jalani ini.

4. Supplier dari Luar Negeri

Satu lagi cara mencari supplier toko kosmetik adalah dari luar negeri. Artinya, produk kosmetik yang akan Anda jual adalah barang import. Saat ini, kosmetik dari luar negeri juga sedang populer di kalangan muda.

Tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan, bukan? Anda bisa mencari informasi seputar supplier luar negeri melalui website resminya, sosial media, atau dengan menghubungi via email.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah mencari informasi sebanyak dan sedetail mungkin untuk meminimalisir penipuan atau kerugian yang mungkin terjadi.

Kekurangan dan Kelebihan Membuka Usaha Toko Kosmetik

Kekurangan dan kelebihan bisnis toko kosmetik

Apakah Anda masih tertarik untuk menjalankan usaha ini? JIka masih, ada beberapa kekurangan dan kelebihan membuka usaha toko kosmetik yang perlu Anda pertimbangkan:

Kekurangan dalam Membuka Usaha Toko Kosmetik

1. Sulit Membangun Kepercayaan Pelanggan

Sama seperti barang pakai pada umumnya, produk kosmetik juga bisa dipalsukan. Sudah ada banyak kasus pidana terkait pemalsuan kosmetik yang merugikan pelanggan dari segi finansial dan fisik.

Hal inilah yang menjadi penyebab kekurangan dalam membuka usaha toko kosmetik. Masyarakat kini lebih teliti dalam mencari dan memilih produk yang digunakan. Maka dari itu, jika bisa cari dan dapatkan supplier toko kosmetik yang memiliki kredibilitas tinggi untuk menjamin kualitas produk.

2. Ketatnya Persaingan

Kekurangan dalam membuka usaha toko kosmetik selanjutnya adalah ketatnya persaingan. Jika Anda melihat di ecommerce, maka Anda akan melihat ada banyak toko kosmetik online. Sama halnya dengan toko kosmetik offline yang ada di sekitar Anda.

Jika Anda tidak menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, ketatnya persaingan di industri ini bisa merugikan usaha Anda. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda membuat strategi pemasaran yang efektif dan optimal untuk mendapatkan keuntungan besar.

3. Mempertahankan Standar Kualitas

Satu lagi kekurangan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah mempertahankan standar kualitas produk yang dijual. Ketika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, selanjutnya adalah mempertahankan standar kualitas produk.

Tentu Anda harus menjual produk-produk yang berkualitas dan tidak palsu. Tidak hanya dari produk, tetapi juga dari kualitas toko kosmetik Anda juga. Artinya, Anda harus menjaga kebersihan, kerapihan, dan lainnya untuk terus mempertahankan standar kualitas yang diinginkan.

Kelebihan dalam Membuka Usaha Toko Kosmetik

1. Modal Kecil, Untung Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, estimasi modal usaha toko kosmetik yang harus Anda keluarkan di bawah Rp10 juta. Jika tidak ada, Anda bisa membeli paket usaha toko kosmetik dari supplier terpercaya dengan harga murah.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan dalam membuka usaha toko kosmetik. Modal kecil, bisa menghasilkan untung yang besar jika menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif.

2. Dibutuhkan Masyarakat

Kelebihan dalam membuka usaha toko kosmetik selanjutnya adalah dibutuhkan oleh masyarakat. Disebutkan sebelumnya, kosmetik menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia dari hari ke hari.

Tujuannya adalah untuk merawat dan mempercantik diri mereka. Tidak hanya wanita, tetapi juga pria dan anak-anak. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah menjual produk yang variatif agar bisa mendapatkan banyak pelanggan.

3. Banyak Supplier

Satu lagi kelebihan dalam membuka usaha toko kosmetik adalah ada banyak supplier toko kosmetik. Terutama bila Anda ingin mencari paket usaha toko kosmetik dengan harga murah.

Demikianlah penjelasan terkait cara memulai usaha toko kosmetik, modal usaha, plus minus, sekaligus cara mencari supplier kosmetik yang tepat untuk Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Jika Anda membutuhkan karyawan, Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan terbaik dan berpotensi untuk toko kosmetik Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok