10 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat di Perusahaan Anda

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Menciptakan lingkungan kerja yang sehat– Salah satu hal yang disukai oleh karyawan adalah tempat kerja yang nyaman dan bersahabat. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan kerja yang sehat adalah salah satu tanggung jawab utama HRD.

Di dalam rincian job desk HRD, tugas menciptakan lingkungan kerja yang sehat mungkin tak tertulis resmi. Akan tetapi, dengan adanya tempat kerja suportif, turnover karyawan akan menurun. Selain itu, loyalitas pun akan meningkat. Dengan demikian, Anda pun berhasil mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Dear HR, ingin tahu bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu Employee Relation? Ini Pengertian, Fungsi, & Cara Meningkatkannya

Pengertian Lingkungan Kerja

Pengertian lingkungan kerja yang sehat

Pada dasarnya, lingkungan kerja merupakan segala hal yang berhubungan dengan aktivitas karyawan selama di perusahaan atau kantor. Hal ini dimulai dari budaya perusahaan, lingkungan fisik, hingga fasilitas pendukung yang diberikan.

Ada dua jenis lingkungan kerja perusahaan yang sama-sama perlu perawatan, yaitu lingkungan kerja fisik dan non-fisik.

Lingkungan kerja fisik merupakan lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan selama bekerja. Seperti ruangan kerja, kursi, meja, komputer, dan sebagainya. Pencahayaan, kelembaban, sirkulasi udara, kebisingan, dan hal lainnya juga termasuk ke dalam jenis ini.

Sementara lingkungan kerja non fisik termasuk pada keadaan atau kondisi yang berkaitan dengan hubungan antar karyawan, budaya perusahaan, kondisi kerja, hingga work life balance.

Dibandingkan lingkungan fisik, lingkungan kerja non fisik inilah yang sebenarnya memegang peranan penting dalam meningkatkan produktivitas dan kebetahan karyawan di kantor.

10 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Pengaruh lingkungan kerja yang sehat terhadap kinerja karyawan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, dengan menciptakan lingkungan kerja yang sehat bisa mempengaruhi produktivitas kinerja karyawan. Maka dari itu, ada baiknya Anda menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman di perusahaan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Terapkan Aturan Ketat Terkait Kebersihan

Menciptakan lingkungan kerja yang sehat dimulai dari kebersihan. Lingkungan kerja yang bersih tidak hanya enak untuk dipandang, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

Karyawan tidak akan merasa sumpek karena tumpukan sampah atau bau menyengat. Sehingga mereka bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anda bisa mulai dengan menerapkan aturan ketat terkait kebersihan di perusahaan.

BACA JUGA: Pentingnya Strategi Performance Management & 4 Penerapannya

2. Ruang Kerja yang Luas

Cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat selanjutnya adalah dengan membuat ruang kerja yang luas. Pada beberapa perusahaan biasanya masih menggunakan sekat untuk memisahkan meja karyawan.

Namun faktanya, tata letak yang seperti dapat membuat ruang gerak karyawan menjadi terbatas. Sementara dengan ruang kerja yang luas, karyawan bisa bebas bergerak, sirkulasi udara pun lancar, bahkan komunikasi antar karyawan menjadi lebih mudah.

3. Ventilasi dan Pencahayaan yang Cukup

Cara menciptakan lingkungan kerja yang bersih

Ketika Anda menciptakan lingkungan kerja yang sehat, pastikan ada ventilasi dan pencahayaan yang cukup. Artinya, Anda harus memastikan sirkulasi udara di ruang kerja tersebut bagus dan cahaya matahari yang masuk tidak terlalu silau.

Tahukah Anda bahwa, sirkulasi udara yang bagus dan pencahayaan yang cukup memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh? Tentunya Anda harus memperhatikan kesehatan para karyawan perusahaan. Sebab karyawan yang sakit akan membuat pekerjaan tertunda.

4. Karyawan dengan Kepribadian yang Positif

Selain dari fasilitas pendukung, untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat Anda juga harus memastikan bahwa karyawan yang direkrut memiliki kepribadian yang positif.

Karyawan dengan kepribadian yang positif diyakini bisa mempengaruhi karyawan lainnya untuk bersikap yang sama. Anda bisa memberikan tes MBTI saat proses rekrutmen untuk mengetahui apakah kandidat tersebut cocok untuk perusahaan Anda atau tidak.

5. Senang Berbagi Ide

Cara menciptakan lingkungan kerja dengan teamwork kuat

Selanjutnya, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat dengan membangun suasana yang membangun. Artinya, para karyawan senang berbagi ide satu sama lain.

Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas kerja. Tahukah Anda bahwa, karyawan yang saling mendukung dan menghargai ide satu sama lain bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman?

6. Dukungan untuk Karyawan

Cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman selanjutnya adalah dengan memberikan dukungan untuk karyawan. Dukungan ini perlu agar para karyawan merasa bahwa Anda menghargai usaha dan kerja keras mereka.

Selain memberikan dukungan, Anda juga bisa memberikan arahan yang jelas. Ketika karyawan mengerti dan paham apa yang diharapkan dari mereka, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi terbaiknya.

7. Bangun Komunitas yang Baik

Cara meningkatkan teamwork karyawan

Komunitas yang baik menjadi salah satu kunci sukses menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Anda bisa mulai dengan menciptakan community minded. Artinya Anda mendorong karyawan untuk saling menyapa satu sama lain ketika bertemu.

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya cara ini bisa membangun komunitas dan mengakrabkan karyawan satu sama lain. Sehingga komunikasi bisa menjadi lebih lancar dan lebih nyaman dalam bekerja.

8. Tingkatkan Komunikasi

Selain komunitas yang baik, komunikasi juga menjadi bagian penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Dalam perusahaan, komunikasi adalah hal terpenting dan yang paling utama.

Anda bisa mulai dengan mengajak ngobrol santai para karyawan, menghargai kerja keras mereka, menanyakan kesulitan mereka, hingga bergabung bersama mereka saat jam istirahat. Hal ini akan membuat para karyawan merasa dihargai dan dekat dengan atasannya.

9. Sediakan Ruangan Khusus Bersenang-Senang

Cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat selanjutnya adalah dengan menyediakan ruangan khusus untuk have fun. Artinya, Anda bisa menyediakan ruang untuk bermain, ruang untuk bersantai, bahkan ruang untuk beristirahat sejenak.

Biasanya ruangan khusus ini hanya ada di beberapa perusahaan startup saja. Namun bukan berarti perusahaan yang bukan startup tidak bisa menyediakannya. Hal ini tentunya kembali ke kebijakan masing-masing perusahaan.

10. Fasilitas Pendukung yang Lengkap

Faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja

Satu lagi cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat adalah dengan memberikan fasilitas pendukung yang lengkap. Dalam hal ini, Anda bisa mulai menyediakan peralatan kantor sesuai kebutuhan kerja karyawan.

Misalnya seperti printer, mesin fotokopi, komputer atau laptop, proyektor, LCD, dan lain sebagainya. Dengan fasilitas pendukung yang lengkap, karyawan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dan mudah.

Itulah panduan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, specially written untuk teman-teman HR! Jika lingkungan tempat Anda bekerja sekarang masih kurang sehat, turnover tim tinggi, dan minim loyalitas, tidak perlu khawatir. Anda masih punya kesempatan memperbaikinya di masa depan.

Jika Anda membutuhkan anggota tim dengan dedikasi tinggi, ayo mulai pasang lowongan kerja di KitaLulus. Selain gratis, KitaLulus juga punya komunitas jobseeker berkualitas dari segala usia, pendidikan, dan domisili.

Jangan tunggu lebih lama lagi untuk melengkapi tim perusahaan! Pasang lowongan kerja Anda dan dapatkan talenta terbaik #LebihMudah di KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd