Cara Menerapkan Strategi Pemasaran untuk UMKM Anda

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

menerapkan strategi pemasaran
Isi Artikel

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah, bukanlah fenomena asing lagi di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, UMKM terus berkembang dan bertambah. Dibalik berdirinya UMKM, ada pengusaha-pengusaha sukses yang berdedikasi tinggi untuk menopang perekonomian. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi pemasaran untuk UMKM yang efektif untuk terus bertahan.

Mengingat jumlahnya yang semakin meningkat, para pemilik UMKM harus lebih bisa kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, ada beberapa strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan Anda.

Dalam dunia bisnis, kita tidak hanya membicarakan modal, keuntungan, dan kerugian. Tapi juga perlu untuk membicarakan strategi pemasaran yang akan digunakan. Lalu, apa strategi pemasaran untuk UMKM yang terbaik? Bagaimana cara menerapkan strategi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk ke target pasar yang lebih luas. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah sebuah rencana yang menggabungkan tujuan dan sasaran pemasaran perusahaan.

Pada dasarnya, strategi pemasaran dibuat untuk mempromosikan produk sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Selain itu, strategi pemasaran yang baik bisa membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggan.

Oleh karena itu, strategi pemasaran harus berdasar pada nilai perusahaan, bagaimana perusahaan tersebut beroperasi, dan mengapa hal tersebut layak untuk bisnis mereka. Termasuk salah satunya adalah strategi pemasaran untuk UMKM.

Contoh Strategi Pemasaran untuk UMKM

Hal apa yang harus dilakukan agar masyarakat menyukai produk tersebut? Bagaimana cara memasarkan produk tersebut? Bagaimana contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang baik dan efektif?

Perlu diketahui, mengetahui cara pemasaran produk yang tepat adalah poin penting dalam menentukan performa perusahaan. Hal ini harus dilakukan agar produk bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga dibutuhkan strategi pemasaran untuk UMKM yang baik dan efektif.

Berikut beberapa contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa Anda coba:

1. Buat Produk yang Unik

Produk yang unik dan memiliki keunggulan, cenderung menarik perhatian banyak orang. Contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat produk yang unik dan memiliki keunggulan dibandingkan produk sejenis lainnya.

Selain itu, pastikan produk yang Anda buat berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini akan membantu Anda dalam menghadapi persaingan pasar dan bisa membuat pelanggan loyal terhadap produk Anda.

2. Menjadi Networker

Contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah dengan menjadi networker. Networker adalah seseorang yang memiliki jaringan luas dan sifat optimis dalam menjalankan bisnisnya. Anda bisa mulai melebarkan dan meluaskan jaringan sekarang juga.

Namun, jika dirasa Anda masih kurang percaya diri, Anda bisa mempekerjakan seorang tenaga pemasaran untuk memperluas jaringan UMKM. Tidak ada salahnya untuk mulai belajar hal baru untuk kebaikan bisnis Anda.

3. Tentukan STP

STP merupakan singkatan dari segmenting, targeting, dan positioning. Ketiga hal ini saling berhubungan. Dalam melakukan segmenting, Anda bisa memulai dengan membagi pelanggan berdasarkan beberapa kelompok di pasar produk.

Kemudian, tentukan targeting dengan memutuskan siapa yang menjadi target pasar utama Anda. Langkah selanjutnya adalah positioning, dimana Anda harus menentukan posisi produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap target pasar.

4. Manfaatkan E-commerce

Contoh strategi pemasaran untuk UMKM selanjutnya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Seperti yang kita ketahui, saat ini e-commerce sedang naik daun dan banyak penggunanya. Jadi Anda bisa memasarkan produk dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Pemasaran produk dengan e-commerce memberikan manfaat bagi perusahaan. Yaitu, murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas, dan bisa memperpendek jarak distribusi produk. Selain itu, karena pandemi covid-19, banyak pengguna yang memilih aplikasi e-commerce untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

5. Buat Iklan

Setelah membuat produk, contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah membuat iklan. Pastikan iklan yang Anda buat memiliki tujuan yang jelas karena akan mempermudah Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Sesuaikan produk yang Anda buat dengan iklannya. Misalnya Anda ingin memperkenalkan produk makanan atau minuman dengan rasa baru, maka fokus Anda haruslah tertuju pada tujuan rasa baru itu saja.

6. Buat Promo yang Menarik

Promosi yang menarik adalah salah satu contoh strategi pemasaran untuk UMKM yang efektif. Hal ini tentunya akan langsung menarik minat pelanggan dan banyak orang untuk membeli produk yang sedang promosi tersebut.

Promosi yang Anda berikan bisa berupa diskon, hadiah (buy one get one), cashback, atau bentuk promosi lainnya. Manfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan promosi ini. Misalnya pada saat lebaran, tahun baru, hari raya, atau saat UMKM Anda berulang tahun.

7. Berikan Service Terbaik untuk Pelanggan

“Pembeli adalah raja”, kata-kata tersebut memang benar adanya. Sebagai pengusaha, kita harus bisa dan mampu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Terutama di dunia bisnis, dimana komunikasi dan interaksi menjadi kunci untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan.

Oleh karena itu, contoh strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah dengan memberikan service terbaik untuk pelanggan Anda. Selain bisa membuat pelanggan setia, hal ini juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka.

8. Lakukan Pendekatan Pada Pelanggan

Salah satu contoh strategi pemasaran untuk UMKM adalah dengan melakukan pendekatan pada pelanggan. Hal ini ada kaitannya dengan aktivitas promosi. Anda bisa mempelajari banyak tipe karakter pelanggan dalam melakukan penjualan.

Untuk memulainya, Anda bisa melakukan pendekatan pada pelanggan layaknya seorang teman. Sehingga para pelanggan akan merasa nyaman dan tidak terburu-buru dalam berbelanja.

Langkah-langkah untuk Mempermudah Strategi Pemasaran untuk UMKM

Sebelum Anda mulai mencoba contoh strategi pemasaran untuk UMKM di atas, sebaiknya Anda memperhatikan langkah strategi pemasaran. Sehingga nantinya bisa mengoptimalkan strategi pemasaran untuk UMKM Anda.

Berikut langkah strategi pemasaran untuk UMKM yang perlu Anda perhatikan.

1. Tentukan Segmentasi Pasar

Langkah strategi pemasaran untuk UMKM pertama adalah dengan menentukan segmentasi pasar. Anda bisa membagi pelanggan berdasarkan beberapa kategori. Seperti, kebutuhan dan/atau karakteristik pelanggan. Hal ini karena setiap pelanggan terkadang membutuhkan produk atau bentuk pemasaran yang berbeda.

2. Tentukan Target Pasar

Setelah Anda memilih segmentasi pasar yang akan dilayani, langkah strategi pemasaran untuk UMKM selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar. Dalam hal ini, Anda bisa membuat strategi untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Pastikan Anda membuat pelanggan merasa aman, nyaman, dan percaya pada pelayanan yang diberikan.

3. Diferensiasi dan Posisi Pasar

Langkah strategi pemasaran untuk UMKM yang ketiga adalah dengan menentukan di posisi mana Anda ingin berada. Posisi produk merupakan tempat yang diduduki produk terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengembangkan produk unik yang beda dan memiliki keunggulan dari produk sejenis.

Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran untuk UMKM

Tidak hanya bisa membantu mengembangkan bisnis atau usaha UMKM Anda secara optimal, strategi pemasaran untuk UMKM memiliki tujuan dan fungsi lain yang sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Fungsi strategi pemasaran untuk UMKM diantaranya adalah:

  • Untuk mengatur jalannya bisnis. Fungsi strategi pemasaran untuk UMKM yang pertama adalah untuk mengatur jalannya bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa mengkoordinasi tim pemasaran dengan lebih efektif sehingga bisa mencapai target dengan mudah dan cepat.
  • Untuk meningkatkan motivasi bisnis. Fungsi strategi pemasaran untuk UMKM selanjutnya adalah bisa membantu Anda untuk melihat masa depan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan membuat strategi pemasaran, maka Anda bisa membayangkan laju bisnis di masa depan. Sehingga secara tidak langsung Anda merasa termotivasi untuk menjalankannya.
  • Sebagai sebuah standar penilaian. Salah satu fungsi strategi pemasaran untuk UMKM adalah sebagai standar penilaian prestasi kerja para karyawan di dalam bisnis Anda. Dengan standar penilaian ini, Anda bisa mengawasi mutu dan kualitas kerja agar menjadi efektif dan efisien.
  • Sebagai alat bantu. Fungsi strategi pemasaran untuk UMKM berikutnya adalah untuk membantu Anda mencapai target atau tujuan yang sudah ditentukan. Baik dalam jangka panjang atau jangka pendek.

Setelah mengetahui fungsi strategi pemasaran untuk UMKM, berikutnya Anda harus mengetahui tujuan dari strategi pemasaran. Yaitu:

  • Dapat digunakan sebagai tolak ukur dari hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan.
  • Membantu meningkatkan kualitas koordinasi anggota tim sehingga proses pemasaran bisa menjadi lebih efektif dan bisa mencapai target dengan mudah.
  • Mengembangkan dan mengasah kemampuan bisnis agar mudah untuk beradaptasi.
  • Sebagai dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.

Nah, itulah penjelasan mengenai strategi pemasaran untuk UMKM, contoh strategi pemasaran, langkah strategi pemasaran, dan fungsi strategi pemasaran yang bisa Anda coba terapkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan strategi pemasaran dengan produk yang ingin dijual. Jangan sampai Anda salah menggunakan strategi dan berakibat fatal.

Bagi Anda yang sedang mencari karyawan untuk membantu mengembangkan bisnis, bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus. Aplikasi KitaLulus beroperasi di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Gowa dan Surabaya.

Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan pekerjaan di KitaLulus. Bersama KitaLulus dapatkan karyawan terbaik untuk bisnis Anda sekarang juga!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok