10 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Loyal dan Produktif

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Cara meningkatkan kinerja karyawan– Tidak dapat dipungkiri jika karyawan memegang kunci kesuksesan sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Manajemen pun berlomba-lomba untuk mengaplikasikan banyak cara meningkatkan kinerja karyawan di perusahaannya.

Demi tercapainya tujuan perusahaan, berbagai strategi meningkatkan kinerja karyawan baik secara individu atau tim. Mulai dari pengelolaan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan, dan masih banyak lagi.

Ketahui lebih lanjut cara meningkatkan kinerja karyawan perusahaan Anda baik untuk individu maupun tim serta strategi menerapkannya di bawah ini.

BACA JUGA: Mengulik Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Pentingnya Meningkatkan Kinerja Karyawan

tujuan meningkatkan kinerja karyawan

Salah satu kunci utama kesuksesan perusahaan terletak di sumber daya manusianya atau karyawan. Tentunya, jika kinerja karyawan baik dan efektif, hal ini bisa membuat perusahaan semakin berkembang.

Berikut beberapa tujuan peningkatan kinerja karyawan untuk perusahaan Anda:

  • Mengoptimalkan kualitas dan kuantitas produksi dengan kinerja yang lebih produktif
  • Membuat karyawan lebih bisa menggali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan
  • Mengoptimalkan komunikasi antara atasan dan bawahan agar tercapainya peran dan akuntabilitas karyawan dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya
  • Mengetahui penyebab yang membuat kinerja karyawan terhambat sehingga bisa dicari jalan tengahnya
  • Membuat beberapa aturan terkait administratif, organisasi, hingga sistem pengupahan karyawan itu sendiri
  • Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembanhkan potensi diri dalam karir dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang sesuai

Hal yang harus Anda perhatikan adalah peningkatan kinerja karyawan bisa mendorong produktivitas kerja yang lebih baik. Dengan catatan, Anda memberikan kesempatan kepada mereka untuk membuktikan diri mereka dan memberikan fasilitas pendukung yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Mengelola Sistem Manajemen Karyawan di Perusahaan Anda

10 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan untuk HR Lakukan

cara meningkatkan kinerja karyawan

Tahukah Anda bahwa, salah satu faktor yang bisa menurunkan kinerja karyawan adalah beban kerja? Beban kerja yang terlalu banyak, bisa mempengaruhi kinerja tim dan pencapaian tujuan perusahaan.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui beberapa cara meningkatkan kinerja karyawan yang bisa Anda lakukan:

1. Menciptakan Komunikasi yang Baik

Cara meningkatkan kinerja karyawan yang pertama adalah menciptakan komunikasi yang baik antara manajemen dengan karyawan. Komunikasi yang baik diklaim dapat menunjang kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugasnya.

Hal ini juga bisa membuat karyawan menjadi lebih terbuka dan transparan. Sehingga mereka bisa mengkomunikasi masalah atau hal-hal lainnya. Komunikasi yang baik juga bisa meningkatkan keterampilan komunikasi karyawan.

2. Memenuhi Hak Karyawan

Sudah menjadi tugas manajemen untuk memenuhi hak karyawan.

Dengan memenuhi apa yang menjadi haknya, mereka juga akan semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya. Hal ini mencakup upah, cuti, tunjangan, asuransi atau jaminan kesehatan, jaminan sosial, kesejahteraan, dan hal lainnya yang sudah menjadi hak karyawan.

3. Evaluasi Kerja Secara Berkala

Cara meningkatkan kinerja karyawan berikutnya adalah dengan melakukan evaluasi kerja secara berkala. Hal ini harus Anda lakukan untuk memantau perkembangan kinerja mereka. Sebab, kinerja karyawan tidak selalu meningkat.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah lakukan penilaian kerja secara transparan dan tidak memihak. Jangan lupa jelaskan kekurangan karyawan jika kinerja mereka menurun dengan baik, jujur, dan terbuka.

4. Reward and Punishment

Strategi reward and punishment bisa Anda lakukan kepada karyawan tertentu. Seperti karyawan yang berprestasi dan bermasalah saja. Tentunya hal ini dilakukan berdasarkan hasil dari evaluasi kerja.

Contohnya, Anda bisa memberikan apresiasi seperti bonus, tambahan hari libur, dan lainnya untuk karyawan yang menunjukan produktivitas kerja bagus. Sementara untuk yang produktivitas kerjanya menurun, Anda bisa memberikan teguran halus hingga pemberian surat peringatan.

5. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja karyawan yang paling efektif. Selain memberikan keterampilan dan pengetahuan baru, Anda juga bisa menggali potensi setiap individu.

Strategi ini juga bisa dijadikan sebagai cara meningkatkan kinerja individu dan tim. Sehingga, Anda bisa mencapai tujuan perusahaan bersama dengan keterampilan dan pengetahuan karyawan yang baru.

6. Jenjang Karir

Selain memberikan pelatihan dan pengembangan, Anda juga perlu memberikan jenjang karir yang jelas kepada karyawan. Tahukah Anda bahwa, ketidakjelasan jenjang karir menjadi salah satu alasan karyawan untuk mengundurkan diri?

Terutama bagi karyawan yang memang memiliki kinerja yang bagus dan dirasa mampu untuk ke tahap berikutnya. Jadikan karyawan yang unggul tersebut sebagai salah satu aset perusahaan dalam hal sumber daya manusia.

7. Berikan Feedback yang Membangun

strategi peningkatkan kinerja karyawan

Salah satu cara meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan memberikan feedback yang membangun. Strategi ini bisa mempengaruhi kinerja mereka. Sebab, Anda memberitahu apa yang seharusnya perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Anda juga bisa berdiskusi dengan mereka untuk bertanya hambatan yang dialami.

8. Memaksimalkan Penggunaan Waktu Kerja

Pengerjaan proyek yang terhambat bisa membuat semuanya menjadi mundur dari jadwal seharusnya. Begitu pula dengan kinerja karyawan. Jika tidak ada yang dikerjakan selain menunggu proyek tersebut selesai, maka kinerja mereka ikut menurun.

Maka dari itu, Anda harus memaksimalkan penggunaan waktu kerja sebaik mungkin. Usahakan semua proyek atau tugas bisa diselesaikan tepat waktu tanpa ada waktu yang terbuang percuma.

9. Belajar dari Kesalahan

Tidak ada karyawan yang sempurna. Beberapa dari mereka pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang ringan maupun fatal.

Berdasarkan kondisi ini, cara meningkatkan kinerja individu dan tim yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan kesempatan mereka untuk belajar dari kesalahan tersebut. Anda bisa membantu dengan mendorong rasa percaya diri mereka dan menetapkan batasan kesalahan yang bisa ditolerir.

10. Buat Lingkungan Kerja yang Mendukung

Satu lagi cara meningkatkan kinerja karyawan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat lingkungan kerja yang mendukung. Karyawan menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Agar mereka memiliki semangat kerja dan kinerja yang lebih baik, Anda harus membuat lingkungan kerja yang mendukung.

Mulai dari fasilitas kantor seperti ruang olahraga, ruang untuk beristirahat, ruang untuk bermain, dan lainnya. Jika bisa, Anda juga harus ikut menghabiskan waktu dengan mereka untuk mengenal mereka lebih dalam.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kinerja karyawan yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat bahwa karyawan berperan besar dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Tanpa adanya karyawan yang berpotensi dan unggul, maka kecil kemungkinan perusahaan akan berkembang.

Nah, jika Anda membutuhkan seorang karyawan yang handal dalam pekerjaannya, Anda bisa menaruh informasi pekerjaannya di KitaLulus. Sebagai salah satu komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah bisa Anda jangkau di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan karyawan sesuai kualifikasi Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd