Cara Mudah Membuat Slip Gaji Karyawan

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Slip gaji karyawan
Isi Artikel

Dalam dunia bisnis, pasti dibutuhkan karyawan-karyawan handal untuk membantu usahanya terus beroperasi. Sebagai recruiter atau orang yang mempekerjakan orang-orang tersebut tentunya Anda wajib memberikan gaji atau upah yang sesuai. Biasanya pemberian gaji juga disertakan dengan slip gaji karyawan.

Slip gaji karyawan merupakan sebuah dokumen penting yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pelaku bisnis. Keberadaan slip gaji ini menjadi peran penting bagi pelaku usaha sebagai bentuk dokumentasi atas nominal atau jumlah gaji yang dibayarkan kepada karyawannya.

Sedangkan bagi para pekerja, slip gaji karyawan bisa menjadi dokumen penting bagi mereka yang ingin mengajukan kredit, melamar pekerjaan, atau bahkan untuk negosiasi gaji. Lalu, bagaimana cara membuat gaji karyawan? Berikut penjelasan yang sudah dirangkum oleh KitaLulus untuk Anda.

Cara Membuat Gaji Karyawan

Cara membuat gaji karyawan tidaklah terlalu sulit. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membuat slip gaji karyawan atau dengan menggunakan Microsoft Excel atau pun Microsoft Word. Ikuti format sesuai dengan contoh slip gaji di bawah ini. Pastikan Anda memasukkan seluruh komponen slip gaji karyawan dan periksa kembali terkait akurasi data yang di-input.

Contoh Slip Gaji Karyawan 1

Contoh Slip Gaji Karyawan 2

1. Membuat Slip Gaji dengan Microsoft Excel

  • Buka Microsoft Excel pada komputer Anda
  • Gunakan tabel sesuai dengan format gambar contoh slip gaji
  • Isi rincian tabel sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda
  • Gunakan rumus slip gaji dan rumus Pajak Penghasilan (PPh)

2. Membuat Slip Gaji dengan Microsoft Word

  • Buat database komponen gaji di Ms. Excel terlebih dulu
  • Buat design format slip gaji di Ms. Word, lalu gabungkan dengan database gaji di Ms. Excel dengan menggunakan tool mail merge
  • Rapihkan format slip gaji

Jika Anda merasa kedua cara di atas terlalu ribet dan tidak praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membuat slip gaji karyawan. Cara membuat gaji karyawan dengan aplikasi terbilang lebih mudah dan praktis.

Komponen Gaji

Dalam slip gaji karyawan, ada bebera hal penting yang harus diperhatikan setiap pelaku usaha. Hal yang paling utama adalah terkait informasi usaha yang Anda jalankan. Seperti nama usaha, alamat, logo, dan nomor telepon.

Kemudian jangan lupa untuk mencantumkan data pribadi karyawan atau pekerja yang mencakup nama, NIK, posisi/jabatan, status kontrak pekerja, nomor NPWP, serta informasi akun bank karyawan. Lalu, masukkan data seperti kelengkapan gaji dan fasilitas lainnya yang diterima. Lalu input komponen gaji karyawan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Contohnya, sebagai berikut:

  1. Gaji pokok
  2. Tunjangan (transportasi, komunikasi, makan, dan hal-hal lainnya yang bersifat kondisional)
  3. Fasilitas (asuransi atau BPJS)
  4. Bonus dan/atau Tunjangan Hari Raya
  5. Pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan
  6. Penambahan gaji (lembur)
  7. Hal-hal penting lainnya (tergantung kebijakan perusahaan masing-masing)

Pada prinsipnya, komponen gaji yang tercantum pada slip gaji karyawan meliputi gaji pokok dan tunjangan tetap. Seperti ketentuan dalam UU No. 13 tahun 2003, besaran gaji pokok setidaknya 75% dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap.

Format Gaji

Setiap pelaku usaha memiliki format slip gaji karyawan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing. Namun ada beberapa format gaji yang harus dimasukkan. Seperti:

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai pemberi upah yang sah kepada para pekerja atau karyawan.

2. Kerahasiaan Dokumen

Slip gaji karyawan haruslah bersifat private and confidential. Hal ini menyatakan bahwa slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia yang hanya boleh diketahui oleh pelaku bisnis dan karyawan atau pekerjaan yang menerimanya.

3. Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal pembayaran, divisi karyawan atau pekerja, dan data penting seperti nama, nomor pegawai, serta NPWP.

4. Besar Gaji dan Jumlah Potongan

Format gaji pada slip gaji karyawan berikutnya adalah jumlah gaji dan potongan yang didapat. Penghasilan atau gaji meliputi gaji pokok, tunjangan dan insetif lainnya. Sementara potongan mencakup premi asuransi/BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lainnya.

5. Keterangan Lengkap Pembayaran

Hal ini meliputi penghasilan tahunan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahunan setelah dikurangi pajak, pajak bulanan berjalan, total uang yang diperoleh, dan nama bank yang membayar.

Mudah, bukan? Anda bisa memilih cara yang praktis untuk membuat slip gaji karyawan. Pastikan Anda menggunakan format gaji yang benar untuk menjaga akurasi data. Dan pastikan Anda selalu mendukung kesejahteraan para karyawan atau pekerja.

Temukan Kandidat yang Cocok di KitaLulus

Pembuatan slip gaji karyawan merupakan tugas HR yang sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan dari divisi finansial. Lalu apakah Anda masih bingung dalam menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut?

Bagi Anda yang sedang mencari kandidat, Anda bisa menaruh lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus. KitaLulus beroperasi di beberapa kota besar seperti, Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Daftarkan diri Anda untuk memasang lowongan di KitaLulus. Dapatkan kandidat terbaik mulai dari sekarang!

Pasang Lowongan Kerja di Kitalulus
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok