5 Contoh Deskripsi Produk yang Menarik dan Ampuh Serta Cara Menulisnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Contoh deskripsi produk– Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk Anda adalah dengan membuat contoh deskripsi produk yang menarik dan baik. Cara menulis deskripsi produk yang menarik pun tidak bisa sembarangan.

Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bisa membuat contoh deskripsi produk yang menarik. Tujuan dari deskripsi kegiatan usaha Anda adalah agar pelanggan bisa lebih mudah mengenali produk yang dipasarkan dan untuk meyakinkan mereka membeli barang tersebut.

Pahami seputar cara menulis deskripsi produk yang menarik dan contoh deskripsi produk lainnya melalui penjelasan singkat di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Kata-Kata Promosi Produk Terampuh & Tips Membuatnya

Apa Itu Deskripsi Produk?

Apa itu deskripsi produk

Pada dasarnya, deskripsi produk adalah kumpulan informasi untuk menjelaskan produk yang dijual. Biasanya, deskripsi produk meliputi spesifikasi, cara pemakaian, keunggulan, komposisi produk, tanggal pemakaian dan/atau tanggal kadaluarsa, dan hal lainnya,

Dalam dunia bisnis, membuat deskripsi kegiatan usaha Anda adalah salah satu hal penting. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan mengenali produk dan menarik perhatian mereka untuk membeli.

Tanpa deskripsi produk, barang jualan Anda tidak akan bisa selaku barang-barang serupa tapi dengan deskripsi. Semakin banyak kompetitor, kebutuhan untuk membuat deskripsi produk yang menarik juga semakin meningkat.

5 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menarik

Cara menulis deskripsi produk yang menarik

Tahukah Anda bahwa, dengan memberikan contoh deskripsi produk yang baik, maka akan dapat meningkatan strategi positioning pemasaran bisnis Anda? Terutama untuk Anda yang melebarkan sayap di toko online atau ecommerce.

Sebagai pebisnis atau penjual, Anda perlu memperhatikan bahwa dengan adanya contoh deskripsi produk yang baik maka Anda bisa memperkenalkan produk secara lebih spesifik. Berikut beberapa cara menulis deskripsi produk yang menarik untuk pelanggan Anda:

1. Kenali Target Pelanggan

Cara menulis deskripsi produk yang menarik pertama adalah dengan mengenali target pelanggan. Anda bisa memulainya dengan mencari tahu seperti apa karakter pelanggan. Seperti apa yang menjadi interest mereka, apa yang mereka butuhkan, hingga seberapa sering mereka mengunjungi situs atau media sosial bisnis Anda.

Hal yang harus Anda perhatikan saat membuat contoh deskripsi produk adalah gaya bahasa yang digunakan. Anda harus menggunakan gaya bahasa yang tepat dengan umur target pelanggan.

Misalnya, target pelanggan Anda adalah anak muda, maka Anda bisa menggunakan gaya bahasa semiformal, dan gaya bahasa formal untuk pelanggan orang dewasa.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyesuaikan gaya bahasa yang digunakan di contoh deskripsi produk dengan brand image dari bisnis Anda.

2. Fokus untuk Menyampaikan Manfaat Produk

Cara menulis deskripsi produk yang menarik selanjutnya adalah fokus untuk menyampaikan manfaat produk. Tahukah Anda bahwa, sebagian besar pelanggan lebih fokus untuk mencari manfaat sebuah produk dibandingkan fiturnya?

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda lebih fokus menuliskan manfaat produk pada contoh deskripsi produk. Sebab, sebagian besar pelanggan lebih memilih produk yang bisa memberikan banyak manfaatnya dibandingkan yang memiliki segudang fitur canggih tapi tidak memberikan manfaat satupun.

3. Sentuhan Emosional

Trik menulis deskripsi produk yang ampuh

Memberikan sentuhan emosional adalah salah satu cara menulis deskripsi produk yang menarik. Tujuannya adalah memberikan kesan lebih kepada pelanggan Anda melalui contoh deskripsi produk.

Salah satu cara untuk memberikan sentuhan emosional pada contoh deskripsi produk Anda dengan bercerita atau story telling. Seperti, menceritakan kisah dibalik perjuangan para pekerja atau buruh yang membantu membuat produk Anda.

Cara ini bisa Anda sematkan di setiap deskripsi kegiatan usaha, contoh deskripsi produk makanan, hingga contoh deskripsi toko shopee yang menarik. Cara ini diklaim bisa memudahkan Anda terhubung dengan pelanggan secara emosional dan ampuh untuk menaklukan hati calon pelanggan.

4. Bahasa yang Bersahabat, Natural, dan Variatif

Cara menulis deskripsi produk yang menarik keempat adalah dengan menggunakan bahasa yang bersahabat, natural, dan variatif. Hal ini mengacu pada intonasi atau nada baca pada deskripsi produk Anda.

Perhatikan penggunaan kosa kata dan intonasi pada contoh deskripsi produk Anda. Jangan sampai ketika pelanggan membacanya malah terkesan kaku seperti robot. Pilihlah bahasa yang mudah dipahami sehingga pelanggan langsung mengerti apa maksud dari produk yang Anda pasarkan.

Jangan lupa juga untuk menyematkan kata atau kalimat persuasif dan kalimat idiom di contoh deskripsi produk Anda. Tujuannya agar meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda.

5. Gunakan SEO dan Pastikan Teks Mudah Di-skimming

Satu lagi cara menulis deskripsi produk yang menarik untuk contoh deskripsi produk Anda, yaitu dengan menggunakan SEO dan teks yang mudah di skimming. Jika Anda menggunakan SEO pada deskripsi kegiatan usaha, maka hal ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pencarian.

Tahukah Anda bahwa, sebagian besar pelanggan lebih suka membaca sekitar 16% dari yang diberikan di contoh deskripsi produk? Hal ini karena mereka hanya mencari informasi yang dibutuhkan saja.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan SEO dan pastikan teks di contoh deskripsi produk Anda mudah untuk dibaca dengan cepat atau skimming. Buat paragraf dengan kalimat sesingkat mungkin namun tetap memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan.

BACA JUGA: Riset Pasar: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Cara Melakukannya Secara Online

Contoh Deskripsi Produk yang Menarik Sebagai Referensi

Contoh deskripsi produk yang menarik

Pada dasarnya, jenis-jenis deskripsi produk terbagi ke dalam beberapa contoh deskripsi produk yang ingin dibuat. Misalnya, contoh deskripsi produk makanan, contoh deskripsi produk jasa, contoh deskripsi produk kecantikan, dan jenis-jenis lainnya.

Berikut beberapa contoh deskripsi produk yang bisa Anda gunakan:

1. Contoh Deskripsi Produk Makanan

Bumbu dapur ABC dibuat dari bahan-bahan alami pilihan tanpa menggunakan bahan kimia tambahan dan bebas dari MSG atau pengawet. Cita rasa khas rempah Indonesia akan membuat masakan Anda seperti masakan restoran.

Ada banyak pilihan bumbu dapur yang bisa Anda coba untuk masakan rumah. Berikan rasa terbaik untuk keluarga tercinta dengan Bumbu Dapur ABC.

2. Contoh Deskripsi Produk Kecantikan

Dengan menggunakan bahan-bahan natural dan alami, produk DEF bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam dan berjerawat dalam tiga hari.

Gunakan secara rutin setiap kali selesai mencuci muka. Ratakan ke seluruh wajah dan diamkan 15 menit sampai kandungannya meresap semua. Rasakan sendiri kulit bersih dan bersinar dalam waktu tiga hari.

3. Contoh Deskripsi Produk Jasa

Jasa Bersih Rumah GHI bisa membantu membersihkan rumah Anda dalam waktu 90 menit. Mulai dari sela-sela yang sulit dijangkau, deep cleaning, hingga membersihkan kasur dan sofa Anda dari tungau dan kutu kasur.

Cukup pesan melalui aplikasi atau hubungi nomor yang tertera. Bersihkan rumah Anda dari debu dan tungau bersama Jasa Bersih Rumah GHI.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh deskripsi produk dan cara menulis deskripsi produk yang menarik. Apapun platform yang Anda gunakan untuk berbisnis, pastikan menulis deskripsi produk atau deskripsi kegiatan usaha dengan jelas dan menarik, ya!

Nah, jika Anda membutuhkan karyawan untuk kegiatan operasional bisnis, Anda bisa menaruh informasi lowongan pekerjaannya di KitaLulus.

Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus, dan dapatkan kandidat terbaik untuk bisnis Anda dengan #LebihMudah!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd