5 Contoh Laporan Kegiatan dan Struktur Penulisannya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

contoh laporan kegiatan perusahaan
Isi Artikel

Contoh laporan kegiatan– Laporan kegiatan sangat diperlukan untuk mencatat atau merangkum seluruh kegiatan usaha yang dijalankan dalam periode tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk melakukan evaluasi dari laporan sebelumnya.

Laporan kegiatan juga bisa dijadikan sebagai pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan dan orang-orang penting di perusahaan. Sehingga Anda harus teliti dan akurat dalam membuatnya.

Apa saja isi laporan kegiatan? Bagaimana cara membuat laporan kegiatan? Ketahui lebih lanjut penjelasan beserta contoh-contohnya di bawah ini.

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Laporan Penjualan Perusahaan, Jenis, dan Contohnya

Sekilas tentang Laporan Kegiatan

cara membuat laporan kegiatan perusahaan

Seperti yang disebutkan diatas, laporan kegiatan sangat diperlukan oleh setiap perusahaan atau pelaku bisnis. Tapi, apakah Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan laporan kegiatan?

Pada dasarnya, laporan kegiatan adalah sebuah laporan berisikan data atau informasi terkait keadaan suatu perusahaan berdasarkan kondisi dan fakta yang ada.

Umumnya, laporan kegiatan akan dibuat ketika sebuah acara atau kegiatan telah terlaksana. Nantinya, laporan ini akan diberikan langsung kepada atasan masing-masing, atau pihak lain yang membutuhkan laporan tersebut.

Isi laporan kegiatan itu bisa dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan suatu kegiatan. Tidak hanya itu, Anda juga harus membuatnya dengan jelas dan mudah dipahami agar yang menerima bisa mengerti perkembangan yang terjadi.

Manfaat Laporan Kegiatan

manfaat laporan kegiatan

Tidak hanya berisikan laporan terkait suatu kegiatan saja, tetapi ada manfaat lainnya dari laporan kegiatan, misalnya:

  • Sebagai bentuk pertanggungjawaban pebisnis kepada pemberi modal atau pemangku kepentingan.
  • Sebagai acuan dalam membuat keputusan dan/atau kebijakan terkait perkembangan usaha.
  • Sebagai sumber informasi terkait seluruh kegiatan operasional perusahaan.
  • Sebagai acuan atau referensi untuk melaksanakan kegiatan lainnya atau yang sejenis di masa mendatang.
  • Sebagai dokumen atau arsip untuk melakukan evaluasi kegiatan perusahaan.

BACA JUGA: Mengenal Outing Kantor, Manfaat, dan Tips Melaksanakannya Agar Produktif

Cara Membuat Laporan Kegiatan

cara membuat laporan kegiatan

Ketika Anda hendak membuat contoh laporan kegiatan, ada beberapa struktur yang harus Anda perhatikan. Isi laporan kegiatan juga turut mempengaruhi kualitas dari laporan tersebut.

Berikut beberapa cara membuat laporan kegiatan yang bisa Anda lakukan:

1. Cover Laporan Kegiatan

Cara membuat laporan kegiatan yang pertama adalah dengan membuat cover atau sampul halaman. Umumnya bagian ini berisikan nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, nomor kontak, nama kegiatan yang dilaporkan, dan lainnya.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar dalam laporan kegiatan berisikan ringkasan terkait isi laporan kegiatan tersebut. Buatlah dengan bahasa yang sopan dan baik agar mudah dipahami.

3. Daftar Isi

Sama seperti pada laporan umumnya, dalam contoh laporan kegiatan juga memerlukan daftar isi. Tujuannya adalah agar pihak yang membaca bisa menemukan bagian yang diinginkan dengan cepat dan tepat.

4. Pendahuluan

Cara membuat laporan kegiatan lainnya adalah dengan menyusun Bab I: Pendahuluan. Umumnya, bab ini berisikan hal-hal yang melatarbelakangi pembuatan laporan tersebut. Seperti latar belakang, tujuan, dan manfaatnya.

5. Pembahasan

Isi laporan kegiatan pada Bab II: Pembahasan berisikan penjelasan mengenai detail dari kegiatan yang dijalankan, prosesnya, hingga hasilnya. Di bagian ini Anda juga bisa memasukan laporan keuangan dan dokumen atau informasi pendukung lainnya. Seperti kendala saat pelaksanaan kegiatan.

6. Penutup

Bagian terakhir dalam laporan kegiatan adalah Bab III: Penutup. Di bagian ini Anda bisa memberikan kesimpulan dari laporan yang dipaparkan, solusi, kritik, hingga saran untuk kegiatan serupa di masa mendatang.

7. Lampiran

Bagian lampiran pada laporan kegiatan berisikan dokumen pendukung. Seperti bukti transaksi, foto kegiatan, susunan kegiatan, dan lainnya.

Contoh Laporan Kegiatan

Agar Anda lebih mudah memahami penjelasan diatas, KitaLulus sudah menyiapkan contoh laporan kegiatan yang bisa dijadikan acuan:

 Contoh Laporan Kegiatan I

Contoh laporan kegiatan sederhana

Contoh Laporan Kegiatan II

Contoh laporan kegiatan perjalanan dinas

Contoh Laporan Kegiatan III

Contoh laporan kegiatan resmi

Contoh Laporan Kegiatan IV

Contoh laporan kegiatan PNS

Contoh Laporan Kegiatan V

Contoh laporan kegiatan dinas

Demikianlah penjelasan terkait contoh laporan kegiatan, isinya, dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya!

Jika Anda sedang mencari seorang sekretaris untuk membuat laporan kegiatan, Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan loker di KitaLulus. Dapatkan kandidat sekretaris terbaik dan berpotensi di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok