7 Contoh Memorandum of Understanding dan Aturan Penulisan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Contoh MoU– Pada dasarnya, MoU atau memorandum of understanding adalah salah satu bentuk perjanjian dengan pihak ketiga yang bersifat formal. Bagi Anda para pelaku bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan MoU.

Sama seperti dokumen resmi lainnya, MoU tidak bisa dibuat sembarangan.  Ada aturan penulisan isi dari MoU yang harus Anda perhatikan. Pelajari lebih lanjut terkait pengertian MoU, fungsi, aturan penulisan, dan contoh MoU yang perlu Anda ketahui, di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Surat Perjanjian Kerjasama dan Contoh Lengkapnya

Apa Itu MoU?

 memorandum of letter adalah

MoU atau memorandum of understanding merupakan suatu bentuk perjanjian antara dua belah pihak yang bersifat formal dan tertulis di dalam sebuah dokumen resmi. 

Sementara itu, jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, MoU adalah nota kesepakatan, nota kesepahaman, perjanjian kerjasama, atau perjanjian pendahuluan. 

Perjanjian MoU mengikat semua pihak yang terlibat dan mereka harus memenuhi janjinya. Maka dari itu, sifat MoU ini mengikat secara moral. Selain itu, pada prakteknya MoU belum bisa dijadikan bukti untuk menggugat ke pengadilan jika ada pihak yang lalai.

Dalam dunia bisnis, MoU adalah titik awal untuk melakukan negosiasi yang menentukan ruang lingkup dan tujuan perjanjian atau pembicaraan. Umumnya digunakan untuk perjanjian tingkat internasional atau perjanjian bisnis yang memiliki resiko tinggi.

Dalam persetujuan yang sudah ditandatangani di MoU, artinya semua pihak secara sadar telah mencapai titik kesepahaman dan bergerak maju untuk memenuhi tujuan dari negosiasi tersebut.

Manfaat MoU bagi Perusahaan

manfaat MoU

Seperti yang disebutkan diatas, MoU adalah perjanjian bisnis yang bersifat mengikat ke badan hukum dan resmi. Sebelum disepakati, MoU harus disusun terlebih dulu dan dirundingkan untuk mencapai kesepakatan.

Berikut beberapa manfaat MoU bagi perusahaan yang harus Anda ketahui:

1. Menyetujui Tujuan Bersama

Manfaat MoU yang pertama adalah untuk menyetujui tujuan bersama. Artinya, Anda bisa menjelaskan kebutuhan dan ekspektasi dari perjanjian kerjasama tersebut. Sehingga semua pihak yang terlibat bisa berunding untuk menyetujui tujuan bersama.

2. Meminimalisir Resiko Ketidakpastian

Dengan adanya MoU, Anda bisa meminimalisir resiko ketidakpastian dari rekan bisnis. Terutama yang terkait pada tujuan dan ekspektasi dari kerjasama bisnis tersebut. Maka dari itu, ada baiknya jika sebelum membubuhkan tanda tangan, semua pihak berdiskusi terkait poin-poin yang tertulis.

3. Mencatat Perjanjian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, Anda bisa menjelaskan tujuan dan ekspektasi dari perjanjian kerjasama ini. Tentunya hal ini tidak selalu berjalan mulus. Pasti ada satu atau dua poin yang dimana pihak lain merasa tidak cocok. Dengan menggunakan MoU, Anda bisa mencatat poin-poin perjanjian.

4. Membatalkan Perjanjian dengan Mudah

MoU akan menjadi sah apabila sudah ditandatangani oleh seluruh pihak yang terlibat. Namun, selama perjanjian atau negosiasi masih berlanjut dan belum ditandatangani, maka Anda bisa membatalkan kesepakatan kerjasama tersebut dengan mudah tanpa melibatkan proses hukum.

5. Kerangka Kerja Kesepakatan dan Kontrak Bisnis

Satu lagi manfaat MoU adalah bisa menjadi kerangka kerja kesepakatan dan kontrak bisnis. Hal ini karena Anda dapat melihat gambaran kerjasama yang terjadi di masa mendatang dan bisa menjadi acuan Anda untuk mempertimbangkan kesepakatan kerjasama tersebut.

BACA JUGA: HR Perusahaan Wajib Tahu Contoh Surat Kontrak Kerja dan Jenis-jenisnya!

Aturan Penulisan MoU

struktur MoU

Pada dasarnya, isi dari MoU adalah poin-poin pernyataan kesepakatan antara dua atau lebih pihak untuk menjalin kerjasama bisnis. Meskipun hanya mengikat secara moral, Anda tidak bisa membuat MoU sembarangan. Ada beberapa bagian yang harus tercantum, yaitu:

1. Judul

Penetapan judul pada MoU haruslah disepakati oleh seluruh pihak yang terlibat. Sebutkan juga apakah perjanjian tersebut merupakan perjanjian nasional atau internasional. Jangan lupa untuk menyertakan logo dari masing-masing perusahaan.

2. Pembukaan

Pada bagian pembukaan sertakan hari, tanggal, bulan, tahun, dan lokasi tempat dimana perjanjian MoU tersebut ditandatangani. Pastikan nama dan jabatan dari masing-masing pihak tertulis dengan jelas. Di bagian ini umumnya juga dicantumkan poin-poin dan pertimbangan dari kesepakatan.

3. Substansi

Bagian ini merupakan yang terpenting dari MoU karena berisikan tujuan perjanjian, ruang lingkup aktivitas, pelaksanaan kegiatan, biaya, hingga jangka waktu perjanjian yang sudah disepakati oleh seluruh pihak. Di bagian ini Anda juga bisa menyertakan aturan peralihan jika sewaktu-waktu ada perubahan yang terjadi.

4. Penutup dan Tanda Tangan Seluruh Pihak

Terakhir, bagian penutup dan tanda tangan seluruh pihak yang bekerjasama. Pastikan nama dan jabatannya tertulis dengan lengkap dan jelas tanpa ada salah eja.

7 Contoh MoU untuk Referensi

Nah, agar Anda bisa lebih memahami penjelasan diatas, KitaLulus memberikan beberapa contoh MoU yang bisa menjadi acuan Anda dalam membuatnya.

Berikut beberapa contoh MoU yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Contoh MoU Nota Kesepahaman

Contoh MoU proposal kegiatan

2. Contoh MoU Perjanjian Investasi

Contoh MoU investasi

3. Contoh MoU Kerjasama

Contoh MoU perusahaan swasta

4. Contoh MoU Perjanjian Komitmen

Contoh MoU pemateri

5. Contoh MoU Perjanjian Kerjasama Acara

Contoh MoU kerjasama acara

6. Contoh MoU Perjanjian Kerjasama

Contoh surat perjanjian kerjasama MoU

7. Contoh MoU

Cara membuat MoU

Demikianlah penjelasan terkait pengertian MoU, manfaat MoU, aturan penulisan, dan beberapa contoh MoU yang bisa Anda jadikan acuan. Sebelum membuat MoU, ada baiknya jika bisa mengetahui dengan baik siapa mitra bisnis Anda sebelum melakukan perjanjian kerjasama.

Nah, apabila Anda membutuhkan seorang karyawan di perusahaan dengan cepat, maka Anda bisa menaruh informasi pekerjaannya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa.

Jangan lupa daftarkan diri Anda untuk memasang iklan di lowongan KitaLulus secara gratis! Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd