5 Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar Disertai Strukturnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Contoh surat penawaran barang– Dalam menjalankan transaksi bisnis, salah satu komponen penting adalah surat penawaran barang. Setiap perusahaan yang bergerak di industri perdagangan tentu harus mengetahui struktur dan contoh surat penawaran barang yang baik dan benar.

Sebab, surat penawaran barang berperan sebagai perantara dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain. Pada umumnya, isi surat ini adalah untuk menjelaskan barang yang akan ditawarkan beserta dengan rincian harganya.

Pahami lebih lanjut terkait apa itu surat penawaran barang, fungsi, dan berbagai contoh surat penawaran barang untuk transaksi bisnis Anda di bawah ini.

BACA JUGA: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang, Jenis, & Komponennya

Apa itu Surat Penawaran Barang?

Apa itu surat penawaran barang

Apa itu surat penawaran barang? Secara garis besar, surat penawaran barang adalah alat perantara dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain. Kelebihan dari surat ini adalah bisa dijadikan media promosi untuk meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan bisnis.

Dari segi fungsi, surat penawaran barang merupakan sarana atau alat komunikasi di antara kedua belah pihak. Tujuan dari surat ini adalah untuk menawarkan kerjasama bisnis dengan pihak lain.

Bentuk kerjasama yang ditawarkan adalah kegiatan jual beli barang atau jasa. Pada umumnya, format surat penawaran barang adalah formal. Sebab merupakan awal mula penawaran kerjasama bisnis.

Pada dasarnya, surat penawaran barang akan dikirimkan oleh pihak penjual kepada pihak lain yang ingin diajak kerjasama. Isinya pun bisa mempersuasi pihak lain untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

Karakteristik surat penawaran barang yang baik dan benar

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, ketika membuat contoh surat penawaran barang isinya bisa bersifat membujuk atau persuasif untuk menarik minat pihak yang ingin diajak kerjasama.

Maka dari itu, ada beberapa ciri-ciri dari contoh surat penawaran barang yang baik, yaitu:

  1. Contoh surat penawaran barang dibuat secara formal dengan mencantumkan kop surat dan alamatnya.
  2. Isi dari contoh surat penawaran barang adalah informasi terkait produk yang ditawarkan beserta dengan rincian harganya.
  3. Pada umumnya, contoh surat penawaran barang dibuat serapi dan semenarik mungkin untuk menarik minat pihak yang ingin diajak kerjasama dan agar mudah dipahami.

Fungsi Surat Penawaran Barang

Tahukah Anda bahwa, keberhasilan suatu perusahaan bisa dilihat dari cara menawarkan produknya? Maka dari itu, surat penawaran barang memainkan peran penting dalam industri bisnis atau perdagangan.

Berikut beberapa fungsi surat penawaran barang untuk perusahaan:

  • Alat pemasaran produk yang akan dijual ke pelanggan
  • Dokumen yang akan diterima dan dipelajari oleh calon mitra bisnis
  • Memperkenalkan produk kepada pihak lain atau calon mitra bisnis
  • Alat untuk menjangkau pelanggan yang potensial
  • Membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis
  • Media untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan
  • Meningkatkan pemasaran produk ke masyarakat

Pada dasarnya, fungsi surat penawaran barang sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Terutama untuk mencari dan menjalin hubungan bisnis dengan pihak lainnya.

BACA JUGA: Surat Izin Tempat Usaha (SITU): Pengertian, Syarat, dan Cara Membuatnya

Struktur Surat Penawaran Barang

Struktur surat penawaran barang yang baik dan benar

Sebelum mulai menawarkan barang, Anda perlu memahami struktur surat penawaran barang yang baik dan benar. Berikut komponen-komponen yang wajib ada dalam struktur surat penawaran barang:

1. Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan menjadi salah satu komponen paling penting surat penawaran barang. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon pelanggan. Isinya bisa berupa nama perusahaan, alamat, bidang perusahaan, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi.

2. Barang yang Ditawarkan

Komponen surat penawaran barang selanjutnya adalah informasi mengenai barang yang ditawarkan. Isinya berupa spesifikasi barang, harga barang, dan juga stok yang tersedia.

3. Informasi Harga Promo

Tidak ada pelanggan yang tidak menyukai potongan harga atau harga promosi. Maka dari itu, jika Anda memberikan harga promo sebaiknya sertakan komponen ini dalam membuat surat penawaran barang. Jelaskan juga cara mendapatkan harga promo tersebut.

4. Metode Pembayaran

Komponen surat penawaran barang selanjutnya adalah metode pembayaran. Jika Anda menawarkan beragam pilihan, maka bisa membuat calon pelanggan untuk membeli barang yang ditawarkan. Sebab mereka akan merasa lebih mudah untuk melakukan transaksi.

5. Lampiran Informasi Produk

Satu lagi komponen dalam surat penawaran barang adalah lampiran informasi produk. Sebaiknya Anda melampirkan informasi produk secara lengkap untuk meyakinkan calon pelanggan.

Jika dijabarkan secara singkat, struktur surat penawaran barang adalah sebagai berikut:

  • Kop surat
  • Kepala surat
  • Pembuka surat
  • Isi surat
  • Penutup surat

5 Contoh Surat Penawaran Barang Sebagai Referensi

Jika Anda masih bingung bagaimana dengan bentuk dari contoh surat penawaran barang, maka Anda bisa melihat beberapa contohnya di bawah ini.

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Contoh surat penawaran barang elektronik

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Contoh surat penawaran barang furniture

Contoh Surat Penawaran Barang ATK

Contoh surat penawaran barang ATK

Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa

Contoh surat penawaran barang dan jasa

Contoh Surat Penawaran Barang Dalam Bahasa Inggris

Contoh surat penawaran barang dalam bahasa Inggris

Demikianlah penjelasan terkait pengertian surat penawaran barang, ciri-ciri, fungsi, struktur, hingga contoh surat penawaran barang yang bisa Anda jadikan referensi.

Surat penawaran barang bisa menjadi perantara antara dua belah pihak untuk melakukan kerjasama bisnis melalui penawaran barang dan jasa. Jika Anda membutuhkan karyawan untuk membuat contoh surat penawaran barang, maka bisa melampirkan informasinya di KitaLulus.

Sebagai platform komunitas pencari kerja, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya, dan Gowa. Anda bisa mendaftarkan diri untuk memasang iklan lowongan kerja secara gratis.

Dapatkan kandidat terbaik dan berpotensi untuk perusahaan Anda dengan #LebihMudah bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd