8 Contoh Surat Tugas, Pengertian, dan Fungsinya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

contoh surat tugas
Isi Artikel

Contoh surat tugas– Salah satu surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah surat tugas. Surat resmi ini akan dikeluarkan ketika perusahaan mengutus salah satu karyawannya untuk mengerjakan suatu tugas penting. Tapi sudahkah Anda mengetahui contoh surat tugas yang benar?

Surat tugas adalah surat resmi yang dalam pembuatannya tidak bisa sembarangan. Cari tahu lebih lanjut terkait contoh surat tugas, susunan, hingga fungsinya di bawah ini.

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Dinas Resmi dan Strukturnya yang Benar

Apa Itu Surat Tugas?

Apa itu surat tugas

Pengertian dari surat tugas adalah surat penugasan untuk satu atau lebih karyawan untuk melakukan kunjungan, kegiatan, atau untuk ikut serta dalam acara tertentu. Beberapa surat tugas juga berisikan tentang penugasan karyawan untuk suatu pekerjaan.

Pihak yang berhak untuk mengeluarkan surat tugas adalah perusahaan itu sendiri atau lembaga instansi atau individu. Biasanya manajer atau atasan yang langsung memberikan surat tugas ini kepada karyawan yang sudah dipilih untuk menerima pekerjaan tersebut.

Singkatnya, surat tugas adalah surat resmi dari perusahaan yang wajib digunakan untuk mendelegasikan tugas atau mandat. Surat ini pun wajib masuk ke dalam pencatatan administrasi perusahaan.

Fungsi utama dari surat tugas adalah sebagai bukti legal dari pihak yang berwenang terkait penyerahan mandat atau tugas kepada pihak ketiga atau karyawan. Surat resmi ini hanya berlaku satu kali untuk satu penugasan saja.

Artinya, jika karyawan yang ditunjuk sudah menyelesaikan penugasan yang diminta, maka surat tugas ini sudah tidak berlaku lagi. Sama seperti surat resmi lainnya, surat tugas juga memiliki beberapa susunan, yaitu:

  • Kepala surat: kop surat, logo perusahaan, nomor surat, kode surat.
  • Isi surat: informasi pemberi tugas, informasi penerima tugas, penjelasan isi tugas, lokasi dan waktu terkait tugas tersebut.
  • Penutup: tanda tangan pemberi tugas lengkap dengan jabatannya, cap perusahaan, harapan agar penerima tugas bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, tempat dan tanggal pembuatan surat tugas.

BACA JUGA: 4 Contoh Surat Referensi Kerja yang Benar dan Cara Membuatnya

Fungsi Surat Tugas

Fungsi surat tugas

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa, fungsi utama dari surat tugas adalah sebagai bukti legal terkait penyerahan mandat kepada karyawan tertentu. Tapi keseluruhan fungsinya tidak hanya itu.

Berikut beberapa fungsi surat tugas yang perlu Anda ketahui:

1. Keterangan Penugasan

Fungsi surat tugas yang pertama adalah sebagai keterangan penugasan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Terutama jika karyawan tersebut ditunjuk sebagai perwakilan dari perusahaan.

2. Bukti Keabsahan Tugas

Fungsi lainnya dari surat tugas adalah sebagai bukti keabsahan tugas. Artinya, dalam surat tersebut benar menyatakan bahwa karyawan yang ditunjuk diminta perusahaan untuk mengikuti suatu kegiatan atau mewakili perusahaan.

3. Dokumentasi Pengesahan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, surat tugas wajib masuk ke dalam pencatatan administrasi perusahaan. fungsinya adalah untuk dokumentasi pengesahan formal untuk karyawan yang ditunjuk.

4. Memudahkan Penyelesaian Tugas

Satu lagi fungsi surat tugas adalah untuk memudahkan penyelesaian tugas bagi karyawan yang ditunjuk. Terutama untuk penugasan yang bersifat penting dan formal.

Format Penulisan Surat Tugas

format penulisan surat tugas

Surat tugas adalah surat resmi yang tidak bisa dibikin secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat surat tugas, diantaranya:

1. Pembuka dan Penutup Surat

Sifat surat tugas adalah formal. Maka dari itu, Anda harus membuat pembuka dan penutup surat dengan menggunakan bahasa dan gaya formal. Gunakan salam pembuka dan salam penutup yang formal. Seperti “Dengan hormat,” dan “Hormat,”

2. Tujuan Surat

Isi dari surat tugas tidak perlu terlalu panjang atau bertele-tele. Cukup jelaskan inti dari tujuan surat tersebut dengan singkat, pada, dan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan formal.

3. Bahasa yang Digunakan

Bahasa yang digunakan dalam surat tugas adalah resmi, sopan, dan formal. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar mengikuti ejaan yang disempurnakan (EYD).

4. Panjang Surat

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah panjang surat. Umumnya, panjang surat tugas adalah satu halaman. Jika lebih dari satu biasanya diikuti oleh lampiran dari penjelasan tugas yang harus diselesaikan.

Contoh Surat Tugas untuk Referensi

Berikut KitaLulus lampirkan beberapa contoh surat tugas yang bisa menjadi acuan Anda dalam membuatnya:

Contoh Surat Tugas 1

Contoh surat tugas untuk guru

Contoh Surat Tugas 2

Template surat tugas

Contoh Surat Tugas 3

Contoh surat tugas penelitian

Contoh Surat Tugas 4

Contoh surat tugas perusahaan

Contoh Surat Tugas 5

Contoh surat tugas untuk karyawan swasta

Contoh Surat Tugas 6

Contoh surat tugas perjalanan dinas

Contoh Surat Tugas 7

Contoh surat tugas untuk PNS

Contoh Surat Tugas 8

Contoh surat tugas dari pemerintah

Demikianlah penjelasan terkait pengertian surat tugas, fungsi, beberapa hal yang harus diperhatikan, dan berbagai contoh surat tugas yang bisa menjadi acuan Anda dalam membuatnya. Keberadaan surat tugas sangat memudahkan karyawan yang ditugaskan untuk menyelesaikannya tanpa ada masalah.

Jika Anda membutuhkan seorang sekretaris untuk membuat contoh surat tugas, maka Anda bisa menaruh info lokernya di KitaLulus. Sebagai komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa.

Jangan lupa mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis! Dapatkan kandidat sekretaris yang berpotensi dan berkualitas yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok