Corporate Communication: Pengertian, Job Desc, Tugas, & Info Gaji

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Corporate communication adalah— Komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam sebuah perusahaan. Sehingga corporate communication adalah salah satu kunci untuk kelangsungan perusahaan.

Peran corporate communication adalah hal penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Tahukah Anda bahwa, peran corporate communication ada karena dari kebutuhan perusahaan untuk berkomunikasi? Namun, seperti apa komunikasi yang dimaksud?

Selengkapnya simak penjelasan tentang apa itu corporate communication, tugas, dan informasi gajinya di Indonesia.

BACA JUGA: Prinsip dan Tujuan Penerapan Good Corporate Governance di Perusahaan

Apa Itu Corporate Communication?

Apa itu corporate communication

Dalam praktiknya, corporate communication adalah sebuah pandangan perusahaan dengan menciptakan brand dan menjaga komunikasi dengan masyarakat umum. Salah satu peran dari corporate communication adalah untuk membangun citra perusahaan.

Pada saat membangun citra perusahaan, tugas dari corporate communication adalah melakukan dan menjalin komunikasi yang baik di internal maupun di eksternal untuk dapat mempertahankan reputasi positif perusahaan dan juga sekaligus menjadi jembatan antara karyawan dan manajemen.

Jika dilihat dari perannya, hal yang termasuk pada tanggung jawab corporate communication adalah menangani berbagai kasus atau krisis atau masalah yang terjadi di perusahaan. Bahkan terkadang tim corporate communication juga bisa berperan dalam komunikasi di bidang marketing.

Secara singkat, corporate communication adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi baik dengan internal atau eksternal. Dimana kedua hal ini harus dijalani secara bersamaan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.

Peran Corporate Communication

Peran corporate communication saat bekerja

Seperti yang sudah disebutkan diatas, corporate communication adalah sebuah peran penting bagi perusahaan. Maka tidak heran jika semakin ke sini, banyak perusahaan yang membutuhkan kandidat berkualitas untuk mengisi posisi ini.

Tapi mengapa perusahaan membutuhkan corporate communication? Apa saja peran corporate communication bagi perusahaan? Beberapa peran corporate communication adalah:

1. Peran Komunikasi Krisis

Peran pertama dari corporate communication adalah komunikasi krisis. Sebagaimana bisnis atau usaha dijalankan, tentu adakalanya mendapatkan krisis atau masalah. Pada saat seperti inilah perusahaan sangat membutuhkan seorang corporate communication yang bisa diandalkan.

Tanggung jawab corporate communication adalah untuk menyusun rencana dengan matang. Tujuannya adalah untuk menjaga reputasi dan citra perusahaan agar tetap baik. Rencana komunikasi krisis inipun tidak bisa dijalankan sembarangan. Harus hati-hati agar tidak turut mempengaruhi perusahaan.


2. Peran Branding Perusahaan

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan besar atau kecil adalah menciptakan branding perusahaan. Peran corporate communication adalah untuk menjaga citra, menyampaikan pesan, membuat reputasi perusahaan yang baik, hingga tujuan perusahaan yang ingin dipublikasikan ke masyarakat umum.

Tahukah Anda bahwa, iklan tidak bisa dijadikan satu-satunya branding perusahaan? Maka dari itu, tugas corporate communication adalah untuk menjalin komunikasi dengan pihak eksternal. Keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan adalah pendapatan yang akan meningkat jika corporate communication berhasil menjalankan tugasnya.


3. Peran Kepada Masyarakat

Peran ketiga dari corporate communication adalah bertanggung jawab kepada masyarakat. Secara tidak langsung, perusahaan memiliki tanggung jawab kepada masyarakat sekitar perusahaan tersebut berlokasi.

Nah, fungsi corporate communication adalah untuk menjaga dan menjembatani komunikasi antara perusahaan dan masyarakat sekitar. Jika fungsi ini bisa dijalankan dengan baik, maka perusahaan akan mendapatkan citra positif dari masyarakat karena mampu beradaptasi dengan baik dengan kondisi sosial di sekitarnya.


4. Peran Berbagi Informasi

Dalam menjalankan tugasnya menjalin komunikasi internal, hal yang harus dilakukan oleh corporate communication adalah berbagi informasi kepada karyawan perusahaan. Seperti memberitahukan terkait tujuan dan visi perusahaan kepada seluruh lapisan karyawan.

Selain itu, seorang corporate communication juga bisa menjadi jembatan penghubung antara karyawan dan manajemen, dan juga kolaborasi antar divisi perusahaan.


BACA JUGA: Apa yang Harus Anda Ketahui tentang Company Branding?


5. Peran Perbaikan Produktivitas

Dalam menjalankan sebuah usaha, produktivitas karyawan adalah hal penting dan sangat vital untuk kelangsungan hidup perusahaan. Maka dari itu, salah satu peran seorang corporate communication adalah untuk memperbaiki produktivitas karyawan yang menurun.

Tugas yang dilakukan oleh corporate communication adalah seperti menyelesaikan masalah yang terjadi dan memberikan solusi yang tepat. Tanpa disadari, sering kali karyawan merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Nah, disinilah peran corporate communication bermain, untuk membantu menyelesaikan masalah karyawan.


6. Peran Jembatan Perusahaan

Peran lainnya dari seorang corporate communication adalah sebagai jembatan perusahaan. Peran ini seringkali dibutuhkan ketika perusahaan harus muncul di hadapan masyarakat banyak, seperti di media atau di event perusahaan terbuka.

Tugas corporate communication adalah untuk membangun citra perusahaan dengan baik. Seperti memberikan siaran pers, mengadakan konferensi pers, dan menyiapkan paket media yang dibutuhkan.

Secara sederhana, corporate communication adalah sebuah tim yang bertugas untuk menghubungkan para pemangku kepentingan kepada perusahaan. Tidak hanya itu, corporate communication adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk bisa mengatur komunikasi secara strategis.

Berikut beberapa tugas dari corporate communication:

  1. Menyempurnakan profile perusahaan (corporate branding)
  2. Mengurangi perbedaan antara identitas perusahaan dengan merek dari produk yang dihasilkan
  3. Menyediakan dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait kebijakan perusahaan, kegiatan perusahaan, produk yang dihasilkan perusahaan, dan karyawannya agar bisa memberikan pengetahuan secara maksimal
  4. Menjalankan tugas-tugas dalam komunikasi
  5. Merumuskan, menyiapkan, dan melaksanakan prosedur yang efektif untuk membuat keputusan terkait hal komunikasi
  6. Menggerakkan dukungan internal dan eksternal demi tercapainya tujuan perusahaan
  7. Melakukan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan lain di ranah internasional
  8. Menciptakan, memelihara, dan memantau citra dan reputasi perusahaan yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan, produk atau jasa perusahaan, hingga reputasi karyawan perusahaan

Tips Menjalankan Corporate Communication

Strategi corporate communication terbaik

Setelah Anda mengetahui fungsi peran dan tugas dari seorang corporate communication, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menjalankan corporate communication yang baik di perusahaan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba dan lakukan untuk berkarir sebagai corporate communication, yaitu diantaranya:

  1. Sediakan dan memanfaatkan alat komunikasi perusahaan dengan maksimal. Terutama untuk alat komunikasi yang memiliki teknologi tinggi dan canggih
  2. Sebelum mengirimkan email kepada klien atau karyawan perusahaan, ada baiknya untuk dicek kembali atau sekedar dibaca ulang untuk memastikan email tersebut bersifat profesional
  3. Usahakan untuk selalu bersikap terbuka untuk menjalin dan membangun komunikasi dengan karyawan atau siapapun di dalam perusahaan. Namun tetap selalu hati-hati dalam berucap atau melalui tulisan
  4. Pisahkan urusan pribadi dan urusan kantor agar terlihat lebih profesional. Jangan sampai urusan pribadi terbawa saat sedang bekerja
  5. Hormati dan perlakukan seluruh karyawan dengan sama dan sejajar
  6. Usahakan untuk selalu menyampaikan maksud dengan jelas agar bisa dapat dipahami oleh pihak lain
  7. Lakukan komunikasi selayaknya orang profesional dan jaga sikap profesional baik dengan pihak internal atau eksternal
  8. Usahakan untuk selalu mendengar perkembangan perusahaan terbaru paling pertama

Informasi Gaji Corporate Communication di Indonesia 2022

Dikarenakan peran dan tanggung jawab besar, seseorang yang menjadi corporate communication di Indonesia umumnya digaji tinggi. Rata-rata gaji corporate communication adalah antara Rp5 juta sampai Rp30 juta. Akan tetapi, jumlah gaji ini tetap disesuaikan dengan pencapaian dan lama kerja corporate communication.


Demikianlah penjelasan terkait corporate communication, peran, hingga tugas yang harus dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan, peran corporate communication adalah penting dan vital bagi perusahaan.

Maka dari itu, jika Anda membutuhkan seorang corporate communication yang handal, berkompeten, dan berkualitas, bisa menaruh lowongan pekerjaan di KitaLulus, lho! Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan corporate communication di KitaLulus, dan dapatkan karyawan terbaik mulai dari sekarang!


cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd