E-Flyer Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat, Contohnya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Di era digital seperti sekarang, jika ingin bisnis Anda sukses, di samping melakukan pemasaran dengan cara konvensional, Anda juga harus menggunakan strategi promosi secara online. E-flyer adalah salah satu contohnya.

E-flyer adalah singkatan dari electronic flyer. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa kepada customer secara lebih optimal.

Pelajari lebih lanjut terkait penggunaan e-flyer untuk promosi bisnis Anda, fungsi, dan cara membuatnya.

Apa itu E-flyer?

Seperti telah dijelaskan di atas, e-flyer adalah penggabungan dari dua suku kata, yaitu electronic dan flyer. Jika diartikan, flyer adalah alat pemasaran yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tertentu kepada audiens.

Saat ini terdapat dua jenis flyer, yaitu flyer cetak dan e-flyer. Umumnya flyer cetak akan diproduksi sebanyak mungkin atau sesuai kebutuhan untuk dibagikan langsung kepada orang-orang di tempat tertentu. Sebut saja seperti di jalan, mall, taman, dan lainnya.

Sedangkan e-flyer adalah flyer berbentuk digital yang bisa Anda sematkan dalam bentuk soft file di berbagai alat promosi lainnya. Anda dapat menyematkan e-flyer dalam newsletter, media sosial, website, dan media digital lainnya.

Agar dapat menarik perhatian pelanggan, e-flyer harus dibuat semenarik mungkin. Umumnya, pembuatan flyer digital ini menggunakan software khusus yang bisa memberikan efek tertentu.

Tidak hanya itu, jika Anda memilih menggunakan e-flyer artinya Anda sudah berhemat dan berkontribusi untuk keramahan lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas. Salah satu point plus, bukan?

Fungsi E-flyer untuk Promosi

fungsi e-flyer

Pada dasarnya penggunaan e-flyer adalah cara Anda untuk bisa menghemat biaya promosi yang dikeluarkan dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Selain itu, promosi menggunakan e-flyer diklaim lebih efektif dalam beberapa hal. Seperti biaya yang rendah, tingkat baca lebih baik, mengoptimalkan campaign, meningkatkan visibilitas, dan masih banyak lagi.

Fungsi e-flyer untuk promosi lainnya adalah bisa menciptakan kesan pertama yang kuat bagi audiens, terhubung dengan prospek baru, dan juga menciptakan brand awareness terkait produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan.

Berikut beberapa alasan lain pentingnya e-flyer adalah:

  • Memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens
  • Memungkinkan Anda berkreasi dan berimajinasi untuk mendesain e-flyer
  • Memungkinkan pesan yang disampaikan tetap ada dan bisa menjangkau audiens

Baca juga: Iklan Advertorial: Pengertian, Jenis, Ciri, Cara Membuatnya

Apa Saja Isi E-flyer?

Dalam membuat e-flyer yang menarik, tentunya Anda tak boleh melupakan beberapa hal penting. Berikut merupakan apa saja yang harus ada dalam e-flyer.

1. Informasi Umum

Bagian terpenting dari isi e-flyer adalah harus memuat informasi umum. Anda bisa menyematkan informasi apa saja yang ingin disampaikan kepada audiens.

Seperti deskripsi produk atau jasa, cara mendapatkannya, nomor kontak yang bisa dihubungi, dan lain sebagainya.

2. Infografis

Berikutnya isi e-flyer adalah infografis. Anda bisa menambahkan ilustrasi, gambar, grafik, dan data pendukung lainnya untuk menguatkan informasi umum yang diberikan.

3. Judul yang Catchy

E-flyer juga harus memiliki judul yang catchy atau menarik perhatian audiens. Untuk membuat judul yang menarik, Anda bisa mulai dengan melihat dari sudut pandang audiens atau pelanggan.

Perhatikan juga penggunaan kata-kata, font style, font size, dan warnanya. Usahakan judul bisa dibaca dengan mudah.

4. Isi Konten

Komponen selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membuat e-flyer adalah isi konten. Setelah Anda memberikan informasi umum, jangan lupa untuk sematkan CTA atau call to action atau tagline berupa ajakan atau tujuan dari campaign.

5. Lokasi atau Informasi Kontak

Terakhir, isi e-flyer adalah lokasi atau informasi kontak. Kedua hal ini penting dan tidak boleh dilewatkan. Cantumkan informasi di mana pelanggan bisa mendapatkan produk atau jasa yang Anda tawarkan serta mengajukan pertanyaan lebih lanjut.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan, Contoh & Strateginya

Cara Membuat E-flyer

cara membuat e-flyer

Sekarang saatnya kita membahas cara membuat e-flyer dengan mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Pertama-tama, Anda perlu menggunakan software design untuk membuat e-flyer.
  2. Kemudian, pilih format dan ukuran yang diinginkan. Umumnya, macam ukuran e-flyer adalah 8,5-11 inch atau sekitar 21,59-27,94 cm untuk ukuran standard. Namun ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.
  3. Selanjutnya, Anda bisa membuat layout design yang diperlukan. Di sini Anda juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan promosi. Artinya, Anda bisa menyesuaikan penggunaan e-flyer dengan media promosi yang digunakan. Baik itu melalui email, sosial media, maupun website.
  4. Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah memasukkan isi e-flyer seperti yang disebutkan di atas. Perhatikan typo dan penggunaan infografis lainnya. Pastikan e-flyer yang Anda buat terlihat simple dan mudah dibaca sehingga audiens langsung mengerti tujuan promosi tersebut.
  5. Setelah semuanya sudah tepat dan sesuai, maka Anda bisa menyimpan file-nya dengan format yang diinginkan (JPG, PNG, GIF, dan lainnya).
  6. E-flyer yang Anda buat siap untuk dipromosikan ke berbagai media promosi.

Contoh E-flyer

Jika Anda masih bingung ingin buat desain e-flyer seperti apa, Anda bisa melihat beberapa contoh e-flyer di bawah ini.

contoh e-flyer 1
contoh e-flyer 2
contoh e-flyer 3

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan e-flyer untuk keperluan promosi bisnis Anda, fungsi, isi, ukuran, cara membuat, dan beberapa contoh yang bisa menjadi referensi Anda.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah menyesuaikan penempatan e-flyer pada media promosi yang diinginkan. Pastikan digital flyer ini bisa dengan mudah dibaca oleh para target audiens Anda.

Dapatkan seorang desain grafis untuk membuat e-flyer di perusahaan Anda bersama KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah menjangkau Jabodetabek, Gowa, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, dan Surabaya.

Pasang iklan lowongan kerja di KitaLulus tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis! Tidak ribet, praktis, mudah, dan tentunya terpercaya. Anda hanya perlu mendaftarkan diri saja, lho. Lalu Anda akan mendapatkan seorang desain grafis yang berbakat dalam hitungan hari. Yuk gabung sekarang juga!

Baca juga: 9 Contoh Iklan Penawaran Paling Kreatif dan Cara Membuatnya

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd