Employee Referral Program: Pengertian, Manfaat, & Cara Menjalankannya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Employee referral program adalah– Ketika perusahaan sedang membutuhkan karyawan dalam waktu cepat, employee referral program adalah jawabannya. Cara ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan kandidat berpotensi.

Pasalnya employee referral program adalah sebuah sistem perekrutan yang meminta bantuan kepada karyawan perusahaan untuk dicarikan karyawan baru. Sederhananya adalah karyawan lama memberikan referensi kepada perusahaan terkait kandidat berpotensi.

Pada praktiknya employee referral program adalah bagian dari proses rekrutmen juga. Simak penjelasan lengkapnya terkait employee referral program yang perlu Anda ketahui, di bawah ini.

BACA JUGA: Panduan Menyusun Surat Penawaran Kerja (Offering Letter) Untuk HR & Tips Jitunya

Pengertian Employee Referral Program

Pengertian employee referral program

Secara definitif, employee referral program adalah sistem perekrutan menggunakan karyawan lama perusahaan untuk mencari karyawan baru yang berpotensi dan berkualitas. Istilah lain dari employee referral adalah rekomendasi karyawan.

Pada praktiknya, program rekomendasi karyawan atau employee referral program adalah suatu momen dimana karyawan perusahaan ikut terlibat dalam proses perekrutan dari orang yang mereka kenal.

Ada banyak manfaat dirasakan perusahaan melalui program rekomendasi karyawan. Berbagai penelitian bahkan menyebutkan bahwa employee referral program lebih banyak mendatangkan karyawan berkualitas, karena ia direkomendasikan oleh seseorang yang benar-benar mengetahui kapasitasnya.

Meskipun terdengar mudah, nyatanya employee referral program tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Manfaat Employee Referral Program

Manfaat employee referral program bagi perusahaan

Menggunakan employee referral program adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk bisa mendapatkan kandidat berkualitas dalam waktu cepat. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan perusahaan dari strategi perekrutan ini, yaitu antara lain:

1. Proses Rekrutmen Lebih Cepat dan Minim Biaya

Manfaat pertama dari employee referral program adalah membuat proses rekrutmen lebih cepat dan minim biaya. Hal ini dikarenakan HR tidak perlu lagi memasang iklan lowongan pekerjaan di berbagai situs pencari kerja.

Tahukah Anda bahwa proses rekrutmen yang cepat bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan? Selain menghemat anggaran biaya perusahaan, Anda juga sudah menghemat banyak waktu.

2. Meningkatnya Kandidat Berkualitas

Manfaat kedua dari employee referral program adalah meningkatnya kandidat yang berkualitas. Hal ini dikarenakan karyawan perusahaan tentu sudah mengenal calon kandidat luar dalam termasuk potensi yang dimilikinya.

Hal ini tentu akan jauh berbeda dibandingkan dengan menggunakan proses rekrutmen biasa dimana Anda masih meraba-raba terkait potensi calon kandidat. Tentunya hal ini bermanfaat untuk perusahaan, bukan?

3. Mengurangi Turnover dan Meningkatkan Retensi Karyawan

Satu lagi manfaat dari employee referral program adalah bisa mengurangi angka turnover dan meningkatkan retensi karyawan. Hal ini tentu dikarenakan adanya kecocokan yang sudah ada sejak awal perekrutan.

Hal ini tentu memungkinkan jika karyawan baru tersebut akan bertahan lebih lama karena adanya kecocokan dengan lingkungan kerja di perusahaan. Sehingga akan memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan.

BACA JUGA: HRD Cerdas Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mengetahui Riwayat Pekerjaan Palsu di CV

Cara Membuat Employee Referral Program yang Efektif

Cara membuat employee referral program

Program rekomendasi karyawan atau employee referral program adalah sebuah cara yang bisa membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Namun bagaimana cara membuat program ini bisa berjalan dengan efektif? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Jelaskan Deskripsi Pekerjaan

Cara pertama untuk menjalankan employee referral program adalah dengan menjelaskan deskripsi pekerjaan kepada karyawan baru. Sebab tidak semua karyawan langsung bisa mengerti apa yang diharapkan perusahaan dari dirinya.

Maka dari itu, menjelaskan deskripsi pekerjaan dan apa yang diharapkan dari karyawan tersebut bisa membuat program ini berjalan efektif. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa menambahkan hal-hal apa saja yang tidak Anda inginkan.

2. Selalu Memberikan Update kepada Karyawan

Meskipun Anda menggunakan employee referral program untuk melakukan perekrutan, sebaiknya Anda juga memberikan kabar terbaru mengenai proses rekrutmen yang sedang berlangsung.

Selain itu, Anda juga harus memberitahukan kepada mereka apabila tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. Menjaga komunikasi dan hubungan baik merupakan kewajiban yang harus dilakukan perusahaan untuk tetap menjaga citra positif.

3. Hargai Rujukan yang Bagus

Cara selanjutnya untuk menjalankan employee referral program adalah dengan menghargai beberapa rujukan yang bagus. Misalnya, dari 10 rujukan yang diberikan, Anda berhasil merekrut enam di antaranya.

Maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menghargai rujukan yang diberikan oleh karyawan perusahaan. Hal ini tentu sangat berarti bagi mereka karena mereka merasa terlibat untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan.

4. Berikan Insentif Gabungan

Salah satu cara untuk menjalankan employee referral program adalah dengan memberikan insentif gabungan. Artinya Anda bisa memberikan insentif berupa uang dan tidak. Misalnya, gabungan antara uang dan hari libur yang bisa diambil kapan saja.

Memang, tidak sedikit karyawan yang bekerja karena menginginkan upah dari perusahaan. Namun bagi sebagian orang, uang bukanlah segalanya. Ada hal lain yang bisa dikejar selain uang. Misalnya jenjang karir yang pasti, dan bentuk penghargaan lainnya.

5. Gunakan Talent Pool untuk Khusus Rujukan

Agar bisa berjalan dengan efektif, cara yang bisa digunakan untuk employee referral program adalah dengan talent pool. Anda bisa membentuk talent pool khusus rujukan yang diberikan oleh karyawan.

Meskipun perusahaan sedang tidak membuka posisi, manfaat talent pool sangatlah besar bagi sumber daya manusia perusahaan. Terutama untuk mencari kandidat-kandidat yang berpotensi dan berkualitas. Hal ini bisa menghemat waktu Anda.

6. Tingkatkan User Experience dalam Melamar Pekerjaan

Anda bisa menggunakan banyak cara untuk memuat lowongan pekerjaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan website perusahaan. Maka dari itu, untuk membuat employee referral program berjalan efektif, Anda harus memastikan website untuk melamar kerja bisa digunakan dengan mudah.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa, para pelamar kerja malas dengan website untuk melamar kerja yang terlalu lama dan ribet. Akibatnya mereka mengurungkan niat untuk melamar menggunakan website tersebut.

7. Gunakan Taktik Rujukan

Satu lagi cara untuk menjalankan employee referral program adalah dengan menggunakan taktik rujukan. Artinya Anda bisa menanyakan kepada beberapa karyawan terkait saran untuk meningkatkan program rekomendasi karyawan ini.

Tahukah Anda bahwa, employee referral program yang sukses bisa berjalan terus dengan menggunakan inisiatif yang beragam? Tentunya nanti Anda harus menyeleksi lagi dari beberapa saran yang diberikan untuk dicari yang terbaik dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Demikianlah penjelasan terkait employee referral program yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menggunakan program ini kapan pun sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bahkan Anda bisa mendapatkan kandidat berpotensi dengan menggunakan program ini.

Selain menggunakan employee referral program, Anda juga bisa menggunakan jasa aplikasi KitaLulus untuk menaruh informasi terkait lowongan kerja di perusahaan. Tahukah Anda bahwa, saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, dan Gowa?

Ayo daftarkan diri Anda sebagai perekrut dengan gratis dan cari talenta tim terbaik perusahaan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd