Apa Itu Employee Relation? Ini Pengertian, Fungsi, & Cara Meningkatkannya

Close Pop up
Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Pengertian employee relations
Isi Artikel

Employee relation adalah— Seperti yang kita tahu, karyawan merupakan aset berharga dari sebuah perusahaan. Maka dari itu sangat penting untuk karyawan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Employee relation adalah salah satu kuncinya.

Tidak ada tugas yang bisa diselesaikan jika antar karyawan ada konflik atau ada kesalahpahaman. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pekerjaan yang dilakukan bersama bisa diselesaikan dengan cepat. Employee relation adalah sebuah sistem untuk mengatur hubungan antar karyawan di perusahaan.

Karyawan harus bisa merasa nyaman satu sama lain agar bisa memberikan yang terbaik dan menikmati apa yang mereka kerjakan. Salah satu fungsi employee relation adalah untuk meningkatkan produktivitas.

Simak penjelasan lengkapnya terkait employee relation di bawah ini.


BACA JUGA: Cara Menerapkan Budaya Kerja yang Cocok di Kantor Anda


Apa Itu Employee Relation?

Apa itu employee relation

Salah satu kesuksesan kerja adalah terciptanya budaya kerja yang baik antara karyawan dan perusahaan. Maka dari itu employee relation adalah salah satu kunci untuk menjaga hubungan tersebut.

Pada umumnya, employee relation adalah strategi manajemen sumber daya manusia yang mengatur hubungan antar karyawan di perusahaan. Hubungan ini bisa antar sesama karyawan, atau antara karyawan dengan atasannya.

Dengan kata lain, employee relation adalah sebuah proses untuk merangkul seluruh karyawan dari semua bagian dan level jabatan untuk mewujudkan tujuan perusahaan yang sudah ditentukan.

Selain itu, employee relation adalah sebuah bentuk hubungan antar sesama karyawan dan/atau antara karyawan dan atasan yang saling menghormati. Sehingga nantinya dapat menciptakan rasa loyal, sense of belonging yang kuat dan produktif untuk jangka panjang.


Fungsi Employee Relation

Fungsi employee relation

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, karyawan merupakan aset terpenting dalam sebuah perusahaan. Hal yang mungkin saja terjadi jika sebuah perusahaan tidak menerapkan employee relation adalah menurunnya produktivitas, tercipta hubungan yang tidak baik di perusahaan, dan hal-hal lainnya.

Maka dari itu, employee relation adalah modal utama untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Berikut beberapa fungsi employee relation di perusahaan yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Produktivitas

Hal pertama yang menjadi fungsi employee relation adalah dapat meningkatkan produktivitas. Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan perlu menyediakan lingkungan kerja yang mendukung.

Jika lingkungan kerja yang baik sudah tercipta, maka hal tersebut akan turut mempengaruhi karyawan dalam bekerja. Hal yang mungkin terjadi dalam employee relation adalah lebih banyak komunikasi, kolaborasi antar divisi, hingga kerja sama tim untuk mencapai tujuan perusahaan.


2. Menurunnya Angka Turnover

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, employee relation adalah kunci dari kesuksesan sebuah perusahaan. Maka dari itu, salah satu fungsi employee relation yang akan Anda rasakan selanjutnya adalah menurunnya angka turnover karyawan.

Biasanya hal yang menjadi pemicu adalah hubungan karyawan yang buruk sehingga membuat mereka merasa tidak nyaman dan bisa menimbulkan konflik. Maka dari itu, penerapan employee relation adalah kunci untuk menurunkan angka turnover.


3. Pengetahuan Dunia Kerja Bertambah

Fungsi employee relation yang ketiga adalah bertambahnya pengetahuan dunia kerja. Hal ini adalah imbas dari berkurangnya angka turnover. Sehingga banyak karyawan yang memutuskan untuk tinggal lebih lama di perusahaan.

Hal tersebut juga bisa memungkinkan karyawan untuk mendapatkan lebih banyak ilmu, pengetahuan, praktik kerja, dan hal lainnya yang terkait dengan lingkup kerja perusahaan. Keberhasilan dari employee relation adalah terjalinnya komunikasi yang baik antar karyawan.


4. Karyawan Merasa Terlibat Lebih Banyak

Jika divisi HRD berhasil menerapkan sistem ini, maka fungsi employee relation adalah meningkatkan keterlibatan karyawan. Komitmen untuk mencapai tujuan akhir bersama dari karyawan merupakan kunci keberhasilan perusahaan.

Dari komitmen yang terbentuk ini maka, akan banyak karyawan yang ingin terlibat dalam pengembangan perusahaan, sehingga lebih banyak ide segar dan kreatif bermunculan.


5. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Satu lagi fungsi employee relation adalah dapat meningkatkan motivasi karyawan. Employee relation bisa membawa pengaruh positif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan sehari-hari.

Hasil dari employee relation adalah adanya hubungan kekeluargaan dengan sesama rekan kerja. Hal inilah yang bisa meningkatkan motivasi kerja dan juga kesejahteraan karyawan di perusahaan.


Cara Meningkatkan Employee Relation dalam Perusahaan

Cara meningkatkan employee relation

Manfaat yang bisa Anda rasakan saat menerapkan employee relation adalah hubungan kerja yang sehat dan kompak antar karyawan di perusahaan. Memang hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan.

Tanpa karyawan yang bisa bekerja sama dengan baik, maka akan sulit untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Maka dari itu, beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan employee relation adalah:

1. Lakukan Dialog Terbuka

Dengan mengadakan dialog terbuka, artinya Anda sudah menciptakan lingkungan dimana para karyawan tidak akan merasa ragu dalam memberikan feedback kepada atasan atau sesama rekan kerja.

Contoh employee relation adalah dengan memberikan feedback yang baik kepada karyawan. Sehingga nantinya karyawan merasa bahwa atasan mereka bisa terbuka, bersikap jujur, dan dapat dipercaya untuk membangun hubungan yang positif.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan cara meningkatkan employee relation adalah dengan memberikan fasilitas atau dukungan kepada para karyawan untuk bisa berekspresi secara terbuka tanpa takut adanya dampak buruk yang akan diterima.


2. Fokus Pada Visi dan Misi Perusahaan

Generasi pekerja sekarang adalah generasi milenial yang ingin memberikan manfaat bagi dunia. Maka dari itu penerapan employee relation adalah dengan memperlakukan karyawan Anda beriringan dengan visi dan misi perusahaan.

Contoh employee relation di tahap ini adalah dengan mengutamakan nilai kejujuran, empati, dan kualitas kerja untuk membuat karyawan merasa mereka adalah bagian dari sesuatu yang besar dan penting di perusahaan.

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah ada alasan untuk melakukan apa yang harus dilakukan. Kunci dari keberhasilan employee relation adalah dengan membagikan apa yang menjadi tujuan dan impian Anda di perusahaan.


3. Tingkatkan Feedback Positif

Terlepas dari kinerja karyawan yang benar ataupun salah, sebagian dari mereka merasa berbangga diri atas pencapaiannya. Untuk meningkatkan employee relation adalah dengan meningkatkan pemberian feedback positif kepada karyawan Anda.

Contoh employee relation melalui feedback adalah dengan memberikan penghargaan kepada karyawan untuk memotivasi mereka. Hal ini akan terasa jauh lebih baik dibandingkan memberikan kritikan yang tidak membangun.

Hal kecil yang bisa Anda lakukan sebagai contoh employee relation adalah dengan mengucapkan terima kasih atas hal besar atau hal kecil, memberitahu karyawan bahwa mereka berharga, hingga bentuk apresiasi karyawan lainnya.


BACA JUGA: Pentingnya Strategi Performance Management & 4 Penerapannya


4. Menginspirasi dan Menghargai

Selain memberikan penghargaan, cara meningkatkan employee relation adalah dengan menginspirasi dan menghargai. Anda bisa mencoba untuk membuat tujuan karyawan bersama dengan mereka dibandingkan menyerahkan semuanya kepada mereka.

Hal yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk penerapan employee relation adalah dengan memberikan penghargaan bagi mereka. Karyawan Anda memiliki banyak ide yang bisa digunakan untuk perkembangan perusahaan. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan ide-ide segar tersebut.

Sebagai seorang atasan, Anda juga harus bisa memberikan penghargaan dan pengakuan atas pencapaian karyawan. Hal ini bisa membuat mereka merasa dihargai oleh perusahaan. Dengan menggunakan cara ini, maka employee relation adalah hal mudah bagi perusahaan Anda.


5. Tawarkan Pengembangan Karir

Tahukah Anda bahwa, seluruh karyawan di perusahaan berhak mendapatkan pengembangan karir? Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda meningkatkan employee relation adalah dengan menawarkan pengembangan karir.

Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi karyawan akan merasa lebih bahagia jika memiliki tujuan atau impian yang akan dicapai. Hal yang bisa Anda lakukan sebagai contoh employee relation adalah memanfaatkan keterampilan karyawan dengan menyesuaikan peran mereka.


6. Tawarkan Work Life Balance

Tanpa disadari, karyawan memiliki kehidupan pribadi yang harus diprioritaskan. Cara meningkatkan employee relation adalah dengan menerapkan work life balance.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan fungsi employee relation satu ini adalah dengan memberikan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Seperti memberikan jadwal kerja yang fleksibel, waktu istirahat yang cukup, hingga adanya tunjangan kesehatan untuk seluruh keluarga.


Demikianlah penjelasan mengenai apa itu employee relation, fungsi, dan contoh employee relation yang bisa Anda terapkan. Siap mencari anggota tim yang punya hubungan dan komitmen kuat ke perusahaan Anda? Yuk, mulai cari kandidat terbaik Anda di KitaLulus sekarang! Daftarkan diri Anda sebagai employer dan rekrut tim hebat bersama KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Terima Kasih telah berlanggan pada newsletter Kitalulus!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok