Selain Gaji, Ini 10 Fasilitas Karyawan yang Diharapkan ke Perusahaan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Fasilitas karyawan yang diharapkan– Tahukah Anda bahwa, selain gaji ada fasilitas karyawan yang diharapkan para jobseeker saat melamar kerja? Memberikan fasilitas kerja artinya Anda mendukung kinerja karyawan perusahaan.

Tidak hanya satu, tapi ada banyak fasilitas karyawan yang diharapkan. Fasilitas kerja juga bisa dianggap sebagai jaminan yang diharapkan dari perusahaan oleh para pelamar kerja.

Simak penjelasan terkait apa saja fasilitas karyawan yang diharapkan yang perlu Anda persiapkan di bawah ini.

BACA JUGA: Mengulik Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Mengapa Fasilitas Kerja Sangat Penting?

Pentingnya fasilitas kerja di kantor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, selain gaji ada fasilitas karyawan yang diharapkan. Fasilitas kerja diibaratkan sebagai pendukung karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Pengertian fasilitas kerja adalah fasilitas pendukung dalam aktivitas fisik di dalam sebuah perusahaan dan sering atau sedang digunakan dalam berbagai kegiatan operasional perusahaan.

Ada banyak fasilitas yang diharapkan selain gaji. Misalnya saja tunjangan, kebutuhan komputer atau laptop, makan siang gratis, dan lain-lainnya. Kelengkapan dan kemudahan akses ke fasilitas akan menimbulkan berbagai dampak positif, misalnya:

  • Dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih giat dan memberikan hasil yang terbaik
  • Karyawan akan merasa dihargai  oleh perusahaan
  • Dapat meningkatkan loyalitas karyawan
  • Perusahaan dapat menjaga dan mengawasi karyawannya yang berkompeten dan berkualitas
  • Dapat meningkatkan daya tarik untuk pelamar kerja
  • Menjadi kelebihan perusahaan di mata karyawan dan pelamar kerja

Selain itu, pelamar kerja melihat fasilitas kerja sebagai jaminan yang diharapkan dari perusahaan untuk mendukung kinerja mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk perusahaan bisa menyediakan fasilitas karyawan yang diharapkan.

Fasilitas yang Diharapkan Karyawan Selain Gaji

fasilitas yang diharapkan fresh graduate

Selain gaji, ada beberapa fasilitas yang diharapkan dari perusahaan lainnya. Sebagian dari fasilitas tersebut diatur undang-undang, dan sebagiannya lagi tidak. Selengkapnya tentang berbagai fasilitas kerja yang diharapkan karyawan selain gaji adalah sebagai berikut.

1. Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Fasilitas karyawan yang diharapkan pertama adalah asuransi kesehatan dan jiwa. Tidak hanya BPJS Kesehatan saja, tetapi juga asuransi kesehatan swasta. Jenis fasilitas ini bisa menjadi salah satu pertimbangan para pelamar kerja ketika ingin melamar kerja di perusahaan Anda.

Asuransi kesehatan dan jiwa juga termasuk fasilitas yang diharapkan fresh graduate selain gaji. Fasilitas ini juga bisa dijadikan jaminan yang diharapkan dari perusahaan yang akan memberikan rasa tenang dan aman kepada karyawan.

2. Hak Cuti dan Aturan Kerja

Hak cuti dan aturan kerja juga menjadi bagian dari fasilitas karyawan yang diharapkan. Terutama cuti berbayar, seperti cuti tahunan. Selain itu, sebagian besar para jobseeker mencari perusahaan yang memiliki aturan waktu kerja fleksibel.

Artinya Anda bisa memberikan kebebasan kepada karyawan untuk bekerja dimanapun asalkan bisa menyelesaikan beban kerja yang diberikan. Tahukah Anda bahwa, saat ini working remotely atau work from anywhere sedang menjadi tren selama masa pandemi ini?

BACA JUGA: 10 Ide Team Building Berbentuk Games untuk Karyawan, Dijamin Seru!

3. Bonus Performa Kinerja

Fasilitas yang diharapkan fresh graduate selain gaji biasanya adalah bonus performa kerja. Bonus di luar gaji pokok bisa menjadi motivasi karyawan untuk memaksimalkan produktivitas kinerja mereka.

Biasanya pada saat diskusi surat penawaran kerja, banyak calon karyawan yang bernegosiasi untuk fasilitas karyawan yang diharapkan ini. Hal ini tentu kembali lagi ke kebijakan perusahaan untuk memberikan bonus dalam bentuk apa.

4. Teknologi dan Transportasi

Fasilitas karyawan yang diharapkan lainnya adalah teknologi dan transportasi. Seperti yang diketahui, teknologi bisa mendukung karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seperti komputer, laptop, printer, dan lain-lainnya.

Sedangkan transportasi bisa membantu karyawan dalam bepergian untuk bertemu klien dan sebagainya. Anda bisa menyiapkan dalam bentuk mobil dinas atau ongkos transportasi.

5. Pelatihan Karyawan untuk Mengembangkan Skill

Kepastian jenjang karir juga menjadi fasilitas yang diharapkan fresh graduate. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memberikan pelatihan pengembangan skill karyawan perusahaan.

Pelatihan pengembangan skill ini juga bisa menjadi investasi perusahaan kepada karyawan. Sebab, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi mereka juga akan mengaplikasikannya untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

6. Upah Lembur

Fasilitas karyawan yang diharapkan selanjutnya adalah upah lembur. Tidak jarang karyawan yang harus bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dalam hal ini, perusahaan wajib memberikan upah lembur di luar gaji pokok.

Perhatikan juga perhitungan upah lembur yang akan Anda berikan kepada karyawan. Berusahalah untuk bersikap adil dan transparan pada perhitungan upah lembur ini. Hal ini juga termasuk pada jaminan yang diharapkan dari perusahaan.

7. Makan Siang Gratis

fasilitas karyawan yang diharapkan ke perusahaan

Fasilitas yang diharapkan selain gaji adalah makan siang gratis yang disediakan perusahaan. Fasilitas makan gratis ini bisa Anda berikan dengan berbagai bentuk. Misalnya dengan menyiapkan katering atau memberikan uang mentahnya.

Selain menghemat pengeluaran karyawan, fasilitas makan siang akan membuat karyawan tidak perlu keluar kantor untuk mencari makan. Dengan demikian, tidak akan terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti karyawan terlambat kembali setelah makan siang, terkena macet, atau mengalami kecelakaan di jalan.

8. Fasilitas Kesehatan

Salah satu fasilitas karyawan yang diharapkan adalah fasilitas kesehatan di dalam perusahaan. Hal ini tentunya untuk mencegah karyawan sakit atau untuk mengobati karyawan yang sakit saat bekerja.

Fasilitas kesehatan juga bisa menjadi jaminan yang diharapkan dari perusahaan. Dengan menyediakan fasilitas ini, Anda bisa berinvestasi dalam waktu jangka panjang dengan memastikan kesehatan karyawan tetap terjaga. Sehingga produktivitas kinerja pun tidak akan terganggu.

9. Tempat Tinggal

Satu lagi fasilitas karyawan yang diharapkan adalah tempat tinggal. Fasilitas ini sangat berguna bagi karyawan yang ditugaskan di luar kota. Tempat tinggal juga termasuk pada fasilitas yang diharapkan selain gaji.

Hal ini tentu memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Anda bisa memilih untuk memberikan rumah dinas atau fasilitas mes dan berbagai fasilitas lainnya. Pastikan Anda juga menjelaskan skema pembayaran fasilitas tempat tinggal ini. Apakah perusahaan membayar seluruh biaya operasional seperti listrik, air, dan iuran lainnya atau tidak.

10. Jaminan Hari Tua

jaminan yang diharapkan karyawan ke perusahaan

Jaminan hari tua juga merupakan salah satu fasilitas karyawan yang diharapkan. Saat ini, setiap perusahaan wajib memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawan. BPJS Ketenagakerjaan ini juga bisa menjadi jaminan hari tua para karyawan.

Maka dari itu, perusahaan wajib memberikan fasilitas yang diharapkan fresh graduate berupa jaminan hari tua (JHT) dan jaminan pensiun (JP) kepada seluruh karyawan perusahaan.

Demikianlah penjelasan terkait fasilitas karyawan yang diharapkan oleh para jobseeker selain gaji. Sebagai HR, upayakan sebaik mungkin memenuhi fasilitas-fasilitas tersebut ya (walau mungkin tidak semuanya)!

Anda sedang mencari talenta kerja terbaik untuk mengisi tim unggulan perusahaan? Daftarkan diri Anda sebagai pemasang loker secara gratis di KitaLulus! Caranya mudah, cukup klik link berikut ini, isi biodata, dan Anda bisa mulai pasang berbagai lowongan kerja tanpa limit.

Ini saatnya cari tim berkualitas #LebihMudah bareng KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd