Panduan Lengkap Franchise Indomaret: Biaya Hingga Prasyarat

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Mendirikan franchise Indomaret merupakan bisnis dengan tingkat kesuksesan yang lumayan tinggi. Hal ini dikarenakan Indomaret merupakan bidang usaha ritel, sehingga relatif stabil dan terus berkembang seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat.

Tentu orang Indonesia tidak asing dengan Indomaret, bahkan kita dapat menemukannya di seluruh Indonesia.

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa investasi awal untuk franchise Indomaret, syarat, serta cara mendaftarnya? Yuk simak ulasan berikut! 

Mengenal Indomaret

Indomaret adalah bisnis ritel modern milik PT Indomarco Prismatama, yaitu anak usaha Salim Group, yang bergerak di bidang penyediaan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Indomaret pertama kali dibuka pada tahun 1988 dan pertama kali membuka kemitraan di tahun 1997.

Sebagai jaringan waralaba minimarket terbesar di Indonesia, Indomaret telah tersebar di berbagai pulau seperti Pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Bali, Lombok, Ambon, NTB, dan Kalimantan.

Selain itu, Indomaret juga memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI sebagai Perusahaan Waralaba Unggul pada tahun 2003 dan Waralaba Utama Indonesia Terbaik pada 2016.

Indomaret berkomitmen untuk hadir lebih dekat dengan masyarakat, dibuktikan dengan lokasinya yang berada di area komersial perumahan, apartemen, rumah sakit, perkantoran, pusat perbelanjaan, SPBU, daerah wisata, pelabuhan, stasiun kereta api, hingga bandara sehingga mudah dijangkau.

Tak hanya itu saja, Indomaret terus berinovasi untuk menjadikannya sebagai one stop shopping. Beberapa layanan yang sudah dikembangkan di antaranya Klik Indomaret, I Saku, Indomaret Delivery, pembelian tiket pesawat, pembayaran tagihan air, dan sebagainya.

Lokadata melaporkan, saat ini Indomaret mengoperasikan 17.681 minimarket di seluruh dunia. Sekitar 60% dari mereka dimiliki oleh perusahaan, dengan 40% sisanya masuk ke kantong pemilik franchise.

Keunggulan Franchise Indomaret

Keunggulan Franchise Indomaret
Sumber: Indomaret

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membuka franchise Indomaret, beberapa di antaranya yaitu:

1. Otoritas Brand yang Kuat

Keunggulan franchise Indomaret ini mengacu pada kapasitas brand untuk memenangkan kepercayaan dan perhatian khalayak luas. Seperti kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Indomaret yang sudah beroperasi sejak 1988.

2. Manajemen yang Profesional

Kemampuan Indomaret untuk bertahan dan beradaptasi dengan perubahan periode selama bertahun-tahun mengelola ribuan lokasi telah menunjukkan profesionalisme yang dijalankan dengan serius oleh industri ritel ini.

Salah satu wujud profesionalisme yaitu proses survey lokasi dan menentukan apakah lokasi potensial untuk gerai baru memiliki kemampuan untuk membantu franchisee dalam meraup keuntungan secara optimal.

3. Sistem Pemasaran Skala Nasional

Sebagai perusahaan dengan lokasi yang nyaman bagi masyarakat Indonesia, Indomaret secara konsisten menawarkan berbagai promosi untuk produk-produknya yang tertata dengan baik.

Promosi dari Indomaret tidak hanya terbatas pada hari-hari tertentu saja; promo ini juga difokuskan pada kelompok usia. Tentu saja, outlet Indomaret milik Anda juga merupakan anggota penyelenggara promosi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pendapatan setiap lokasi memenuhi standar ritel yang sehat.

4. Prakiraan Laba yang Sehat

Indomaret akan menguraikan banyak sistem, standar, dan proyeksi laba yang bisa Anda peroleh pada tahap pembukaan toko. Keuntungan harian setiap lokasi Indomaret dilaporkan antara Rp7-9 juta.

Artinya, toko-toko Indomaret kini menghasilkan antara Rp 200 hingga Rp 270 juta setiap bulannya. Estimasi balik modal yang diproyeksikan adalah 3 hingga 4 tahun setelah investasi awal dan biaya sewa lokasi. Alhasil, di tahun kelima, pendapatan yang bisa Anda peroleh sebesar Rp 200–270 juta sebagai keuntungan bulanan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Franchise Makanan Terlaris, Modal Dibawah 10 Juta!

Modal Franchise Indomaret

Jika Anda tertarik mencoba bisnis franchise Indomaret, tentunya Anda harus mempersiapkan modal awalnya terlebih dulu.

Dilansir dari situs resmi Indomaret, estimasi pembukaan gerai baru membutuhkan biaya sekitar Rp494 juta. Namun, biaya tersebut belum termasuk sewa bangunan. Adapun rinciannya ialah sebagai berikut:

  • Franchise fee untuk 5 tahun: Rp36 juta
  • Promosi pembukaan toko: Rp9,5 juta
  • Renovasi dan tambah daya listrik: Rp221,5 juta
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik: Rp227 juta

Perlu dicatat bahwa untuk biaya renovasi akan disesuaikan dengan kondisi bentuk bangunan. Sementara biaya peralatan disesuaikan dengan tipe toko.

Syarat Franchise Indomaret

Syarat Franchise Indomaret

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika Anda memutuskan untuk mengembangkan franchise Indomaret adalah memastikan bahwa Anda memenuhi kriteria berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi dengan luas 120 hingga 200 meter persegi dan terletak di area komersial.
  • Memiliki dokumen perizinan yang diperlukan untuk pembukaan minimarket, antara lain SIUP, TDP, IUTM/IUTS, IMB/PBG, UUG/HO, STPW, NPWP, PKP, izin lingkungan, domisili (jika diperlukan), dan lain-lain.
  • Menyediakan investasi awal untuk membuka franchise Indomaret yaitu Rp494 juta.
  • Berjiwa kewirausahaan dan mampu fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Anda harus ingat bahwa prosedur persiapan pembukaan franchise Indomaret membutuhkan banyak waktu, sehingga Anda harus berusaha keras dan berdedikasi pada tahap awal, terutama jika Anda memulai dari nol.

Baca juga: Peluang Bisnis Minimarket: Prospek, Modal & Keuntungannya

Cara Mendirikan Franchise Indomaret

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan jika ingin membeli hak waralaba Indomaret, antara lain sebagai berikut:

1. Siapkan Dokumen

Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen, termasuk KTP dan kartu keluarga, untuk memverifikasi kewarganegaraan Anda di Indonesia (WNI). Anda juga harus membuat fotokopi dokumen-dokumen ini jika perlu.

2. Menyiapkan Lokasi yang Strategis

Langkah berikutnya adalah menyiapkan lokasi untuk membangun toko. Pilihlah lokasi yang strategis. Misalnya, dekat dengan area yang ramai atau ruang publik. Hal ini penting karena kesuksesan bisnis Anda dipengaruhi oleh lokasinya. Anda harus menyiapkan lahan di area komersial seluas 120-200 meter persegi.

3. Dokumen Usaha

Sejumlah dokumen seperti IMB/IPB, SIUP, NPWP, Site Planning, TDP, IUTM/IUTS, STPW, PKP, dan UUG juga perlu kamu siapkan.

4. Investasi Awal

Persyaratan mendasar untuk mendirikan dan menjalankan bisnis franchise Indomaret adalah modal awal. Kamu perlu menginvestasikan sejumlah uang untuk memulai waralaba ini. Pembayaran dikirimkan kepada Indomaret sebagai pemegang hak waralaba.

Dana investasi untuk waralaba Indomaret senilai Rp494 juta. Namun, Anda hanya membutuhkan modal sekitar Rp 150 juta jika Anda hanya ingin mengambil alih dari kemitraan saat ini. Setiap biaya lisensi atau waralaba yang dibayarkan selama masa kontrak lima tahun sudah termasuk dalam harga ini.

5. Pendaftaran

Setelah semuanya siap, cara mendirikan franchise Indomaret selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran. Anda bisa mendaftar melalui situs resmi Indomaret dan mengisi form pengajuan franchise yang telah disediakan.

6. Presentasi

Para calon pemohon waralaba Indomaret harus melalui presentasi dua tahap. File yang diperlukan harus dikirim sesuai dengan yang diminta. Tahapan presentasi dijelaskan lebih rinci di bawah ini:

Presentasi pertama

Bagi penerima waralaba yang sudah memiliki lokasi tempat usahanya, sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung seperti telah dijelaskan di atas serta rencana lokasi, agar presentasi berjalan lebih lancar dan segera ditindaklanjuti.

Dalam presentasi awal ini, struktur kerja sama, keuntungan bulanan, jumlah investasi, dan sistem operasi toko semuanya perlu dijelaskan secara menyeluruh.

Presentasi Kedua

Besaran nilai investasi akan dijabarkan dalam presentasi kedua dengan temuan studi kelayakan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Presentasi kedua biasanya diikuti dengan penandatanganan MoU, yang menentukan pembagian tugas antara pihak pengusaha dengan pihak Indomaret dalam mempersiapkan pembukaan toko, pembelian peralatan toko, renovasi gedung, seleksi dan pelatihan staf, dan termin pembayaran.

7. Membuka Toko

Setelah semua persyaratan dipenuhi dan pengajuan kerjasama telah disetujui, maka toko siap dibuka. Toko Indomaret ini juga akan menjalankan program promosi yang sudah menjadi ketentuan Indomaret.

Anda akan menandatangani kontrak waralaba selama 5 tahun dengan Indomaret segera setelah toko dibuka. Indomaret juga akan membantu Anda sebagai pewaralaba dalam mengurus berbagai hal termasuk penataan toko, renovasi retail, perekrutan karyawan, pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan toko, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mendaftar Franchise Menantea, Syarat, dan Biayanya

Pedoman Pengoperasian Franchise Indomaret

Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat untuk menjalankan waralaba Indomaret bagi Anda yang telah bergabung atau sudah menjalankan bisnisnya:

1. SOP Dilaksanakan dengan Benar

Anda dapat mengurangi kemungkinan kesalahan dengan mengikuti SOP Indomaret. Sebagai waralaba yang besar, Indomaret jelas telah menetapkan standar tinggi untuk kualitas dan layanan pelanggan.

Tingkatkan kinerja operasional jika memungkinkan. Jangan lupa sering-seringlah mengevaluasi performa tim. Jika ditemukan kesalahan, maka merupakan tanggung jawab Anda sebagai pengelola.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting. Tujuannya adalah untuk memudahkan calon klien mengakses toko Anda. Anda dapat mempertimbangkan untuk mendirikan bisnis waralaba Indomaret di dekat kampus atau di kawasan industri yang sangat padat.

3. Konsolidasi Pemasaran Toko

Anda harus melakukan pemasaran tambahan setelah konstruksi selesai. Meski brand Indomaret sudah terkenal, Anda tetap perlu membuat pelanggan lebih tertarik untuk mengunjungi toko yang Anda buka.

Anda dapat menggunakan strategi pemasaran yang menarik. Pemasaran digital bisa menjadi pilihan, misalnya melalui media sosial. Pemasaran ini sangat dianjurkan mengingat zaman modern membutuhkan segala aktivitas yang berbasis online.

4. Meningkatkan Layanan Konsumen

Kualitas layanan adalah faktor terpenting dalam industri ini. Anda dan staf harus memperhatikan dan melakukan hal-hal penting dan wajib seperti tersenyum, menyapa, dan membuat konsumen merasa nyaman.

Jadi, meningkatkan pelayanan toko harus diperhatikan dengan serius. Kepuasan pelanggan akan berdampak positif pada penjualan. 

5. Rencanakan Bisnis Anda

Keuntungan masing-masing waralaba dapat berbeda bergantung pada rencana dan strategi. Menetapkan tujuan bisnis adalah kuncinya. Aturlah hal-hal yang dirasa perlu diubah, dan kurangi hal-hal yang dapat menyebabkan masalah.

Penjelasan di atas merupakan deskripsi tentang modal franchise Indomaret, prasyarat, dokumen, dan cara mendirikannya. Kini apakah Anda semakin yakin untuk memulai bisnis waralaba ini?

Setelah Anda berhasil mendapatkan persetujuan untuk menjadi kemitraan Indomaret, pastikan untuk merekrut staf yang berpengalaman dalam bidang layanan pelanggan. Anda dapat mengirimkan informasi loker di KitaLulus untuk menemukan staf terbaik. Sebagai platform pencarian kerja  paling aman di Indonesia, KitaLulus telah dipercaya oleh  lebih dari 50.000 perusahaan.

Cukup isi formulir pendaftaran untuk memposting lowongan pekerjaan secara gratis! Pasang loker Anda segera untuk menarik kandidat terbaik dengan cepat!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd