Jastip Adalah Bisnis Tanpa Modal Untung Besar, Ini Cara Mulainya

Annissa Manystighosa

Penulis, pengajar, dan penerjemah yang sedang menekuni pengetahuan seputar bisnis.

hrd
Isi Artikel

Berbelanja adalah kegiatan yang mengasyikkan, terutama bagi kalangan wanita. Namun, siapa sangka jika belanja bisa menjadi sumber penghasilan tambahan? Yup, kamu mungkin sudah sering mendengar bisnis jastip. Jastip adalah singkatan dari jasa titip.

Bisnis ini merupakan salah satu usaha online modal kecil, bahkan tanpa modal, yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Ingin tahu bagaimana cara kerja jastip? Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Jastip?

Jastip adalah jasa pembelian barang yang ditawarkan oleh seseorang kepada mereka yang memiliki keinginan membeli suatu produk namun terhalang tempat karena berbagai alasan.

Jastip adalah usaha online yang bisa dibilang tren di kalangan milenial dan gen Z. Umumnya, bisnis ini dilakukan oleh seseorang yang sedang berada di luar kota atau luar negeri. Mereka biasanya membuka jastip dengan melakukan promosi di media sosial seperti Twitter, Instagram, atau WhatsApp.

Sepintas, jastip tampak seperti mengimpor. Namun, jastip lebih mudah karena penyedia jasa tidak diharuskan mengurus barang melalui bea cukai. Selain itu, siapa pun dapat memulai bisnis ini.

Barang yang Sering Dipesan Lewat Jastip

Sambil bepergian, Anda juga bisa menghasilkan uang lewat penawaran jastip. Berikut beberapa daftar barang yang sering dipesan.

1. Camilan

Pada umumnya, orang menggunakan jastip adalah untuk membeli makanan khas luar negeri yang tidak ada di Indonesia, seperti biskuit, coklat, dan manisan lainnya. Jika Anda ingin membuka jastip cemilan, pilihlah yang bisa tahan lama.

2. Produk Perawatan Kulit

Selain camilan, barang yang sering dipesan lewat jastip adalah produk perawatan kulit. Remaja dan ibu muda biasanya selalu membutuhkan produk ini. Mereka cenderung ingin membeli produk perawatan kulit di negara asalnya karena dinilai akan lebih murah dan beragam sehingga mereka memiliki lebih banyak pilihan.

3. Produk Make Up

Sama halnya dengan perawatan kulit, make up telah menjadi produk esensial favorit pelanggan. Selain kosmetik, konsumen jastip juga meminati alat-alat kosmetik.

Meskipun ada beberapa toko asing di platform pembelian online, pembeli sering dikenai biaya pengiriman internasional yang mahal. Oleh karena itu, mereka sering memilih menggunakan jasa titip.

4. Sepatu

Beberapa merek sepatu tidak tersedia di Indonesia. Hal ini menghadirkan peluang untuk menawarkan jastip sepatu. Klien dapat memesan ukuran, bahan, dan warna tertentu melalui layanan jastip ini.

5. Tas

Barang lain yang sering dipesan lewat jastip adalah tas. Ini dikarenakan beberapa merek tas hanya dibuat dalam jumlah terbatas di negara tertentu. Oleh karena itu, pembeli sering menggunakan jastip untuk mencari barang yang limited edition.

Baca juga: 11 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Bisa Dilakukan Dari Rumah!

Omzet Jastip

omzet jastip

Keuntungan jastip adalah bervariasi, tergantung berapa jumlah barang yang dipesan. Semakin banyak barang yang dipesan konsumen, semakin besar pula potensi omzet Anda. Namun, khusus untuk jastip luar negeri, Anda akan dikenakan potongan pajak.

Misalkan Anda mendapatkan jumlah pesanan sebanyak 50 produk. Total harga pembelian barang tersebut adalah $500. Namun, karena produk tersebut dibeli di luar negeri, barang tersebut akan dikenakan pajak saat masuk ke Indonesia, berikut contoh perhitungannya.

Perhitungan modal:

Harga Beli = $500

Bea Masuk 10% = $50

Pajak PPN 10% = $50

Pajak PPh 2% = $10

Total Modal = $610

Perhitungan harga jual:

Modal = $610

Tarif Jastip = $190

Harga Jual = $800

Besaran omzet sejumlah:

Jumlah Barang = 50

Harga Jual = $800

Besaran Omzet = 50 x $800 = $40,000

Besaran Profit = 50 x $190 = $9,500

Jadi, omzet jastip yang diharapkan dari pesanan 50 produk adalah $40.000, dengan keuntungan total sebesar $9.500.

Cara Kerja Jastip

Setelah memahami apa itu jastip, penting juga memahami bagaimana sistem bisnis ini beroperasi. Cara kerja jastip adalah menggunakan sistem pre-order (PO), yang menandakan bahwa Anda akan membeli produk hanya jika ada pesanan yang masuk.

Lebih jelasnya mengenai cara kerja jastip adalah sebagai berikut.

  • Beri tahu kerabat, tetangga, maupun followers Anda bahwa Anda akan memulai jastip dari kota atau negara yang akan Anda kunjungi.
  • Berikan contoh foto produk yang akan dibeli.
  • Anda dapat membuat list atau daftar barang yang harus dibeli jika ada yang melakukan pemesanan.
  • Pembeli akan membayar biaya yang telah Anda tentukan.
  • Membeli barang berdasarkan pesanan konsumen. Pastikan Anda membelinya dengan benar.
  • Saat Anda pulang, mulailah mengirimkan pesanan setiap pelanggan.

Baca Juga: 40+ Kata-Kata Promosi Produk Terampuh & Tips Membuatnya

Cara Memulai Bisnis Jastip

cara memulai bisnis jastip

Setelah memahami cara kerjanya, sekarang mari kita pelajari cara memulai bisnis jastip dari awal hingga akhir.

1. Berkomunikasi dengan Penyedia Produk

Cara memulai bisnis jastip adalah diawali dengan kemampuan berkomunikasi dengan pemasok produk di kota atapun negara asal. Akses komunikasi yang dimaksud di sini disesuaikan dengan kecakapan bahasa negara asal penyedia produk.

Contoh Anda ingin memulai jastip untuk produk Korea Selatan. Selain menjalin hubungan dengan produsen lokal Korea Selatan, Anda juga harus bisa berbahasa Inggris dan Korea dengan baik agar dapat berinteraksi secara efektif dengan mereka.

2. Riset Target Pasar di Indonesia

Langkah selanjutnya dalam mempelajari cara memulai bisnis jastip adalah riset target pasar Indonesia. Tidak semua orang tertarik untuk membeli barang melalui jastip.

Penitipan barang dari kota atau negara lain hanya diminati oleh pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Jadi, sebelum memulai usaha ini, Anda harus memastikan bahwa produk jastip Anda benar-benar dibutuhkan.

3. Siapkan Gambar Produk yang Menarik

Karena produk jastip diiklankan melalui platform online, Anda harus menyiapkan fotonya semenarik mungkin. Jika Anda kesulitan membuat sendiri, Anda dapat menghubungi produsen aslinya untuk meminta foto produk. Umumnya, penggunaan foto asli dari negara asal akan meningkatkan permintaan produk jastip impor.

4. Tetapkan Biaya Jastip yang Wajar

Cara memulai bisnis jastip berikutnya yaitu menentukan tarif jastip. Pastikan Anda menetapkan harga dengan bijak, terutama jika produk jastip Anda adalah impor.

Mungkin pengguna jastip sebenarnya memang termasuk kalangan menengah ke atas. Namun, mereka biasanya juga sudah mengetahui harga asli produk. Jadi jika Anda menetapkan harga terlalu tinggi, pengguna mungkin akan mencari jasa lain yang lebih murah.

5. Pastikan Produk Memenuhi Ekspektasi

Terakhir, cara mendirikan bisnis jastip adalah dengan memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan harapan pelanggan. Agar tidak mengecewakan pelanggan, Anda harus memberikan produk yang memenuhi keinginan mereka.

Selain itu, pastikan kualitasnya tetap terjaga sepanjang perjalanan. Jika pengiriman dari luar negeri, minta penjual untuk mengemas barang seaman mungkin guna mencegah kerusakan saat pengiriman.

6. Berikan Bonus

Untuk meningkatkan visibilitas bisnis jasa titip, tawarkan bonus kepada konsumen setia. Misalnya, jastip tiga kali dapat gratis ongkir. Atau, Anda dapat memberikan souvenir yang indah sebagai tanda terima kasih.

Baca juga: 12 Cara Memulai Usaha Thrift Shop Populer dan Rincian Modalnya

Tantangan Bisnis Jastip

Perlu disadari bahwa dalam memulai bisnis apapun, tak terkecuali jasa titip, pasti akan ada sejumlah kendala, dan itu merupakan hal yang wajar. Adapun tantangan umum yang dihadapi saat memulai jastip adalah:

  • Pelanggan tidak membayar barang meskipun telah mendapatkannya.
  • Menerima komplain karena kondisi barang tidak sesuai harapan pelanggan.
  • Barang rusak atau hilang selama perjalanan.
  • Konsumen yang cerewet sehingga memakan waktu dan perhatian yang cukup besar.
  • Pembeli memberikan alamat yang salah, sehingga barang tidak sampai tujuan.

Itulah penjelasan tentang pengertian jastip hingga cara memulai bisnisnya. Apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Usaha jastip yang efektif biasanya butuh tim yang membantu Anda dalam hal promosi dan lain lain. Anda bisa segera merekrut tim marketing berkualitas dan berpengalaman melalui KitaLulus.

Selain gratis, memasang info lowongan pekerjaan di KitaLulus juga tanpa batasan. Artinya, Anda dapat memasang beberapa info loker dengan posisi berbeda dalam satu waktu. Tak hanya itu, jobseeker yang melamar juga akan otomatis terhubung dengan pemberi kerja lewat WhatsApp, Email, atau Dashboard HRD perusahaan. Dengan begitu, komunikasi antara recruiter dengan pelamar kerja bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Anda cukup mengisi formulir yang tersedia, dan menunggu kandidat terbaik menghubungi Anda. Tak perlu tunggu lama, segera pasang loker Anda di KitaLulus sekarang juga!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd