Apa Itu Job Posting dan Job Description Serta Tips Membuatnya

Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

hrd
Isi Artikel

Saat perusahaan mengalami kekurangan karyawan, maka akan dilaksanakan proses rekrutmen. Tahap awal yang dilakukan dalam proses rekrutmen adalah membuat job posting untuk mengumumkan adanya lowongan kerja dan menyebarkan seluas-luasnya agar lebih banyak calon pelamar yang menerima informasi tersebut.

Lalu, apa itu job posting? Apa perbedaannya dengan job description? Bagaimana cara membuatnya? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Job Posting?

Job posting adalah proses mempublikasikan informasi pekerjaan melalui iklan lowongan kerja. Dengan melakukan publikasi lowongan kerja, diharapkan akan banyak kandidat berkualitas yang melamar ke suatu perusahaan.

Job posting yang baik tidak hanya berisi persyaratan melamar dan kualifikasi yang diperlukan, melainkan juga harus memenuhi beberapa unsur seperti judul pekerjaan, lokasi perusahaan, job description, kriteria kandidat, hingga penjelasan cara untuk melamar kerja di posisi tersebut.

Tujuan Program Job Posting

Apa Itu Job Posting

Tujuan utama program job posting adalah mendapatkan kandidat untuk mengisi posisi yang kosong. Program ini juga memungkinkan perekrut menampilkan informasi sejelas-jelasnya agar bisa menarik lebih banyak pelamar dan memperbesar kemungkinan menemukan karyawan yang paling sesuai.

Jika info lowongan kerja sudah dibuat, saatnya untuk menyebarkannya agar dapat mencapai target, yaitu calon kandidat. Pada cara lama, penyebaran info loker biasanya melalui papan pengumuman maupun media cetak seperti koran.

Namun di era teknologi ini, hampir seluruh rekruter memilih menampilkannya secara online baik melalui situs web perusahaan, media sosial profesional, maupun melalui job portal. Transformasi dari manual ke digital ini dilakukan agar dapat menjangkau lebih banyak jobseeker.

Baca juga: 30+ Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan dan Cara Mudah Pembuatannya!

Job Posting vs Job Description, Apa Bedanya?

Banyak orang yang masih menganggap bahwa job posting dan job description itu sama. Pada kenyataannya, keduanya berbeda.

Job description merupakan dokumen internal yang berguna untuk menjelaskan suatu posisi. Dokumen ini biasanya ditulis secara formal. Dokumen ini akan menjelaskan secara detail dan menyeluruh mengenai posisi tersebut.

Sementara itu, job posting adalah iklan mengenai posisi yang tersedia. Itulah mengapa job posting seringkali disebut dengan iklan lowongan kerja. Selain mencantumkan informasi-informasi yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, rekruter sebaiknya juga menuliskan benefit yang akan didapat agar bisa mempengaruhi calon kandidat. 

Berbeda dengan job description yang ditulis secara formal, iklan lowongan kerja ditulis dengan gaya yang lebih menarik dan tidak kaku. Di dalamnya juga mengandung job description singkat untuk memberi gambaran kepada calon kandidat.

Pada intinya, job description adalah dokumen yang menjelaskan sebuah posisi, sedangkan job posting adalah iklan lowongan kerja yang memasarkan posisi kosong tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hiring, Proses, Bedanya dengan Rekrutmen

Tips Membuat Job Posting yang Menarik

Tips Membuat Job Posting

Sebuah perusahaan pasti ingin mendapatkan karyawan terbaik. Nah, salah satu caranya adalah perusahaan harus bisa meyakinkan calon kandidat bahwa perusahaan tersebut merupakan tempat yang ideal bagi karyawan berkualitas tinggi untuk bekerja.

Anda harus bisa menerjemahkannya ke dalam kata-kata yang menarik dan mencantumkannya di dalam publikasi lowongan kerja. Semakin bagus sebuah job posting dibuat, maka semakin tinggi kualitas calon pelamar yang tertarik.

Lalu bagaimana cara membuat job posting yang menarik? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Buat Judul yang Menarik

Seperti pada artikel, judul juga menjadi hal yang pertama dilihat pada sebuah iklan lowongan kerja. Oleh karena itu, rekruter harus bisa membuat judul yang menarik dan meyakinkan. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa judul harus dibuat ringkas dan mudah dimengerti.

2. Tulis Pengantar yang Memikat

Agar informasi tersampaikan dengan baik, iklan lowongan kerja harus dilengkapi dengan pengantar yang persuasif. Pengantar biasanya berupa kalimat yang mengandung poin-poin penting mengenai penawaran terkait posisi yang sedang dibuka.

3. Jelaskan Singkat Mengenai Perusahaan Anda

Uraian singkat mengenai perusahaan menjadi hal penting dalam pemasangan iklan lowongan kerja. Uraian singkat ini biasanya mengandung identitas perusahaan yang meliputi nama perusahaan, industri yang digeluti, value, juga budaya perusahaan.

4. Tulis Posisi yang Sedang Dicari

Pada bagian ini, Anda dapat mencantumkan deskripsi singkat mengenai posisi yang sedang Anda cari. Anda juga boleh menuliskan rentang gaji, durasi waktu kerja, jenjang karir, maupun hal-hal menarik lainnya.

5. Cantumkan Lokasi Perusahaan

Pencantuman lokasi perusahaan perlu dilakukan agar karyawan bisa mengetahui kondisi lingkungan sekitar.

Baca juga: HR, Ini Cara Pasang Loker di KitaLulus Pasti Gratis dan Mudah Lho!

6. Berikan Alasan Mengapa Kandidat Harus Melamar

Pada poin ini, rekruter harus bisa memberi pernyataan-pernyataan dan alasan yang mendukung bahwa perusahaannya lebih unggul. Poin ini sebaiknya ditulis secara singkat namun bisa menyampaikan maksud dengan jelas.

7. Jelaskan Alur Proses Rekrutmen

Sebuah perusahaan yang berintegritas dan bertanggung jawab biasanya mencantumkan alur proses rekrutmen. Pelamar membutuhkan informasi ini untuk mempersiapkan diri terhadap setiap prosedur rekrutmen yang akan mereka jalani.

8. Respon Pelamar

Terakhir sebagai cara membuat job posting yang menarik adalah aktiflah merespon para pelamar. Hal ini dilakukan agar pelamar merasa lebih nyaman dalam mengikuti proses rekrutmen dan lebih dihargai.

Selain itu, respon terhadap pelamar juga bisa Anda berikan ketika mengumumkan lulus atau tidaknya calon karyawan tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai job posting, perbedaannya dengan job description, dan cara membuatnya.

Sebuah info lowongan kerja yang menarik seharusnya diiklankan melalui media yang terbaik untuk bisa meningkatkan kemungkinan mendapatkan karyawan berkualitas. Anda tidak perlu bingung memilih di mana harus mengiklankan lowongan kerja, karena Anda bisa mengiklankannya melalui KitaLulus.

Selain bisa menjangkau lebih dari 3 juta pelamar, proses mengiklankan di KitaLulus juga sangat mudah. Anda cukup mengisi formulir sederhana dan iklan lowongan kerja Anda akan tersedia  dalam beberapa jam saja. Jadi, ayo iklankan lowongan kerja Anda sekarang di KitaLulus!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up