14 Jurusan Kuliah untuk Menjadi HRD yang Perlu Anda Pertimbangkan

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Jurusan kuliah untuk menjadi HRD– Banyak orang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang HRD diperlukan orang dari jurusan psikologi. Padahal, jurusan kuliah untuk menjadi HRD tidak hanya psikologi saja.

Ada banyak jurusan kuliah untuk menjadi HRD. Meskipun beberapa perusahaan mencari yang memiliki latar belakang psikologi, Anda harus mengetahui bahwa hampir semua jurusan bisa menjadi seorang HRD.

Sebelum Anda memandang sebelah mata pada orang yang ingin melamar sebagai HRD namun tidak berasal dari psikologi, maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa jurusan kuliah untuk menjadi HRD di bawah ini.

BACA JUGA: Program Kerja HRD untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Sekilas Tentang Pekerjaan HRD

Fakta pekerjaan HRD yang tidak banyak orang tahu

Seperti yang sudah diketahui, divisi HRD berperan untuk melakukan pengelolaan karyawan di sebuah perusahaan. Mulai dari proses rekrutmen hingga ketika karyawan tersebut berhenti bekerja di perusahaan.

Biasanya pada perusahaan besar, ada beberapa staf HRD yang dibutuhkan untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Namun, hal ini berbeda di perusahaan kecil yang mungkin hanya memiliki satu sampai dua orang staf HRD.

Tugas HRD meliputi proses rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan karyawan, gaji dan upah karyawan, hubungan industri, kesehatan dan keselamatan karyawan, hingga penilaian kinerja karyawan.

Penyebab mengapa banyak perusahaan yang mencari jurusan kuliah untuk menjadi HRD berasal dari psikologi adalah karena jurusan ini dinilai bisa mengamati dan memahami sifat dan perilaku dari setiap individu.

Beberapa perusahaan mencari kandidat yang sudah memiliki pengalaman di bidang sejenis selama minimal satu tahun atau membutuhkan sertifikasi. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak perusahaan menerima HRD dari level fresh graduate.

Jurusan Kuliah untuk Menjadi HRD

Jurusan kuliah untuk menjadi HRD

Tahukah Anda bahwa, jurusan kuliah untuk menjadi HRD tidak hanya berasal dari psikologi saja. Ada banyak jurusan yang bisa menghasilkan seorang HRD yang sukses di perusahaan.

Berikut beberapa jurusan kuliah untuk menjadi HRD:

  1. Administrasi bisnis
  2. Administrasi publik
  3. Ekonomi
  4. Statistik
  5. Ilmu politik
  6. Ilmu komunikasi
  7. Ilmu hukum
  8. Sastra
  9. Marketing
  10. Teknik informatika
  11. Human Resource Management
  12. Akuntansi
  13. Psikolog
  14. Finance

Ternyata ada banyak jurusan kuliah untuk HRD yang bisa Anda pertimbangkan jika ada kandidat yang ingin melamar sebagai HRD di perusahaan Anda namun tidak dari jurusan psikologi.

Biasanya, jurusan kuliah untuk menjadi HRD yang mengambil konsentrasi dalam manajemen sumber daya manusia, hubungan kerja, atau administrasi bisnis lebih sering diincar.

BACA JUGA: Human Resource Department: Pengertian, Skill, dan Tantangan

Kemampuan yang Harus Dimiliki untuk Menjadi HRD

Tidak hanya jurusan kuliah untuk menjadi HRD saja yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Ada berbagai kemampuan lain yang wajib Anda kuasai, selengkapnya akan dijelaskan dalam poin-poin berikut:

1. Dapat Memahami Karakter Individu

Setiap kandidat yang ingin melamar atau karyawan di perusahaan memiliki karakter yang berbeda-beda. Kemampuan pertama yang harus dimiliki selain jurusan kuliah untuk menjadi HRD adalah dapat memahami karakter individu.

Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa melihat bagaimana kandidat tersebut dapat memahami karakter dalam tingkatan pekerjaan di perusahaan.

2. Dapat Memahami Perusahaan

Kemampuan kedua yang harus dimiliki oleh seseorang selain jurusan kuliah untuk menjadi HRD adalah dapat memahami perusahaan. Seorang HRD yang baik juga harus mampu memahami perusahaan, visi misi perusahaan, budaya kerja, hingga lingkungan perusahaan.

3. Dapat Memberikan Solusi Sumber Daya Manusia

Selain jurusan kuliah untuk menjadi HRD, Anda harus memperhatikan kemampuan kandidat dalam memberikan solusi sumber daya alam. Sebab, seorang HRD adalah jembatan antara karyawan dan manajemen di perusahaan. Seorang HRD juga harus bisa menjadi penengah jika ada perselisihan yang terjadi.

4. Memiliki Kemampuan untuk Bekerja Sama

Sebagai seorang HRD, kandidat dituntut untuk dapat mengenal dan memahami setiap individu karyawan di perusahaan. Maka dari itu, kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain sangat dibutuhkan. Tidak hanya bekerja sama, tetapi juga harus memiliki kemampuan public speaking. Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah untuk HRD yang bisa Anda pertimbangkan.

5. Memahami Laporan HR

Satu lagi kemampuan yang harus Anda lihat adalah dapat memahami laporan HR. Semua jurusan kuliah untuk HRD bisa membuat dan memahami laporan HR. Biasanya isi dari laporan yang diminta terkait dengan kinerja karyawan dalam kurun waktu tertentu.

Demikianlah penjelasan terkait jurusan kuliah untuk HRD yang perlu Anda pertimbangkan jika ada kandidat yang bukan berasal dari jurusan psikologi. Jurusan hanyalah sebuah ilmu dasar yang dipelajari, namun yang menjadikan seseorang bisa menjadi HRD yang baik adalah dengan pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya.

Perusahaan Anda membutuhkan kandidat untuk HRD dalam waktu cepat? Pasang saja iklannya di aplikasi KitaLulus. Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja di KitaLulus dan dapatkan kandidat berkompeten dan berkualitas mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd