Ketahui Semua Seputar Staf Administrasi, Tugas Administrasi Perkantoran Hingga Kisaran Gaji

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang bisnis dan digital marketing.

Isi Artikel

Staf administrasi adalah salah satu pekerjaan yang sering dianggap remeh.  Padahal seperti pekerjaan lainnya, menjadi staf administrasi juga membutuhkan keahlian khusus.  Posisi ini punya porsi cukup besar dalam perusahaan. 

Untuk mendapatkan pelamar terbaik, penting sekali bagi seorang HRD untuk mengetahui keahlian apa yang harus dimiliki seorang staf administrasi. Begitu juga dengan apa yang menjadi tugas administrasi perkantoran. Di bawah ini, KitaLulus akan jabarkan semuanya.


Staf Administrasi Adalah Pekerjaan Mudah?

Staf administrasi adalah pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak hanya sekadar ketik mengetik saja. Tapi lebih daripada itu, tanpa staf administrasi yang handal, kegiatan perusahaan bisa berantakan. 

Seorang staf administrasi adalah kunci semua aktivitas perusahaan berjalan lancar. Ia mengorganisir jadwal meeting dan berbagai macam kegiatan yang ada di perusahaan. Untuk itu, staf administrasi yang baik adalah mereka yang punya manajemen waktu yang baik.

Tidak cuma itu, seorang staf administrasi perkantoran dituntut untuk melakukan pengorganisasian data, dokumen, keperluan kantor hingga jadwal-jadwal dari petinggi di suatu perusahaan. 

Belum lagi, ia juga harus punya kemampuan dalam menguasai teknologi. 

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Staf Administrasi

Seorang HRD perlu mengetahui keterampilan apa saja yang harus dimiliki seorang yang melamar sebagai staf administrasi.

Staf administrasi adalah orang yang  memiliki perhatian terhadap detail dan cermat. Ini karena staf admin kantor akan banyak terlibat dengan persoalan susun menyusun baik data hingga agenda kerja.

Selain itu, komunikasi juga jadi keterampilan yang tidak kalah penting mengingat nantinya staf administrasi lah yang harus menyusun agenda kerja lalu berkoordinasi dengan staf lain dan atasan. 

Tidak ketinggalan juga kecepatan dalam mengetik dan menyiapkan data adalah keterampilan utama yang perlu dilihat dari pelamar staf admin.




Tugas Staf Administrasi Kantor 

Tugas seorang staf administrasi sangat luas dari mengetik atau juga mengkoordinasi jadwal perusahaan agar berjalan lancar. Selain itu, ada tugas administrasi kantor lainnya yang menjadi tanggung jawab seorang staf administrasi.


1. Membuat Agenda Kantor

Ini merupakan salah satu tugas administrasi yang paling penting.

Bagian administrasi perkantoran wajib menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan kantor. Contohnya menjadwal meeting dengan pihak internal,  mengatur pertemuan dengan klien, dan lain sebagainya.


2. Membuat Surat

Staf admin bertugas membuat surat keperluan kantor seperti surat perintah kerja, surat penawaran barang dan jasa, surat perpanjangan kontrak, surat penjualan, hingga beberapa jenis surat lainnya. 


3. Mengelola Dokumen Perusahaan

Tugas administrasi perkantoran juga meliputi mengelola dokumen perusahaan. Dokumen tersebut di antaranya laporan keuangan, catatan harian, notulensi rapat, dan lain-lain.

Dalam menjalankan tugas ini, seorang staf administrasi harus memiliki skill perkantoran secara umum. 


4. Melakukan Entry Data

Tugas administrasi perkantoran  yang berikutnya adalah melakukan entry data perusahaan. Staf administrasi dibutuhkan untuk mengetik, mengedit dan mengoreksi data perusahaan. Beberapa entry data yang dilakukan seperti data transaksi dari klien, data-data konsumen, dan sebagainya.


5. Melakukan Pengarsipan Data

Tugas ini bertujuan agar data-data perusahaan mudah dikelola dan diorganisir. Staf administrasi akan mengumpulkan dan menyusun dokumen perusahaan atau instansi dan akan merekap datanya. 

Setelah melakukan rekap data tersebut,  lalu akan diarsipkan baik secara fisik maupun digital.



6. Memastikan Persediaan ATK

Mencatat dan memastikan persediaan alat tulis kantor juga menjadi tugas administrasi perkantoran.

Walau terlihat sederhana, tapi ketersediaan ATK sangat penting agar kegiatan perkantoran bisa berjalan dengan baik.


7. Menyiapkan Akomodasi dan Tiket Perjalanan Dinas 

Tidak jarang karyawan kantor melakukan perjalanan dinas keluar kota. Staf administrasi harus menyiapkan segala akomodasi dan tiket perjalanan. Tugas ini dilakukan agar alur keuangan perusahaan bisa terorganisir dengan baik. 


Kisaran Gaji Staf Administrasi 

Dengan tugas dan tanggung jawab yang dipegang, gaji staf administrasi ada di kisaran UMR masing-masing kota.

Namun untuk isaran gaji juga dikembalikan pada jenis perusahaan, pengalaman kerja, dan jenjang pendidikan.


Bagi para HRD tentu ini tantangan tersendiri untuk menemukan staf administrasi yang sesuai kriteria. Memasang lowongan bersama KitaLulus bisa menjadi solusi yang tepat. Segera download aplikasi KitaLulus di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok