Pengertian Komunikasi Pemasaran, Tujuan, Peran, dan Contohnya

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Komunikasi pemasaran adalah
Isi Artikel

Komunikasi pemasaran– Apakah Anda familiar dengan istilah komunikasi pemasaran? Dalam dunia bisnis, hal ini merupakan salah satu langkah penting untuk melakukan promosi produk dan/atau jasa.

Secara garis besar, komunikasi pemasaran merupakan pesan dan media yang digunakan perusahaan untuk dapat berkomunikasi dengan target pasarnya. Dengan kata lain, strategi ini bisa membantu perusahaan berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Penasaran bagaimana komunikasi pemasaran bisa membantu perkembangan bisnis Anda? Pelajari selengkapnya pengertian komunikasi pemasaran, tujuan, peran, dan contohnya.

BACA JUGA: Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Konsepnya di Era Digital

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah

Apa itu komunikasi pemasaran? Pada dasarnya, komunikasi pemasaran adalah sebuah strategi menyampaikan pesan tertentu kepada pelanggan melalui media yang berbeda-beda.

Pesan tertentu tersebut bisa disampaikan secara langsung maupun tidak. Tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempersuasi pelanggan untuk melakukan transaksi atas produk dan/atau jasa yang dipasarkan perusahaan.

Pengertian lainnya terkait komunikasi pemasaran adalah sebuah proses pertukaran informasi antara penjual dan pelanggan yang dilakukan secara persuasif agar komunikasi bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Ada tiga elemen komunikasi pemasaran terpenting, diantaranya:

  • Pesan yang ingin disampaikan
  • Target penerima pesan
  • Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan

Ketiga elemen penting diatas haruslah saling melengkapi satu sama lain agar strategi komunikasi pemasaran yang sudah disiapkan berhasil.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Tujuan komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah salah satu strategi penting untuk mengembangkan perusahaan, baik dalam jangka pendek atau panjang. Selengkapnya tentang tujuan komunikasi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Membangun Jaringan

Tujuan komunikasi pemasaran yang pertama adalah untuk membangun jaringan. Komunikasi Pemasaran dapat membantu Anda menjembatani hubungan dengan pelanggan dan/atau masyarakat melalui media tertentu.

Selain membantu dalam hubungan komunikasi, tujuan lainnya adalah untuk memupuk rasa kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian ulang di kemudian hari.

2. Feedback

Feedback atau umpan balik menjadi salah satu tujuan komunikasi pemasaran yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini biasanya perusahaan akan memberikan survey, kuisioner, atau membuat grup diskusi untuk meminta masukan dari beberapa pelanggan.

Mengapa hal ini harus diperhatikan? Sebab, dari feedback yang diterima, Anda bisa mengetahui apa yang harus ditingkatkan, apa yang harus dibuang, dan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Memberikan Edukasi

Tujuan komunikasi pemasaran selanjutnya adalah untuk memberikan edukasi kepada pelanggan dan masyarakat. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan komunikasi pemasaran untuk menunjukkan bagaimana produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan bekerja.

Anda bisa menunjukkan dengan menggunakan video tutorial, Q&A, atau pada saat mengadakan offline event. Hal ini dilakukan agar pelanggan dan masyarakat bisa merasa familiar dengan produk dan/atau jasa yang Anda pasarkan.

4. Branding

Tujuan komunikasi pemasaran lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk branding. Setiap produk dan/atau jasa yang didistribusikan harus memiliki branding tersendiri. Mengapa? Agar apa yang Anda pasarkan bisa menjadi top of mind di benak pelanggan dan masyarakat.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Lakukanlah komunikasi pemasaran secara konsisten melalui iklan dan berbagai bentuk promosi lainnya untuk menciptakan citra dan menyampaikan pesan kepada pelanggan dan masyarakat secara terus menerus.

5. Meningkatkan Pelayanan

Salah satu alasan kenapa perusahaan menerapkan strategi komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan pelayanan. Dengan demikian, diharapkan konsumen dapat semakin loyal dan timbul word of mouth.

Proses peningkatan pelayanan ini biasanya diawali dengan penyebaran kuesioner/survey, baik melalui komunikasi CS, email, rating aplikasi, dan semacamnya.

6. Meningkatkan Penjualan

Satu lagi tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, Anda bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan jika tetap berkomunikasi dan memperlakukan mereka sebagai salah satu aset berharga.

Tidak hanya Anda mendapatkan peluang untuk pembelian berulang di masa depan, tetapi juga untuk meningkatkan bisnis dan referensi pelanggan terhadap lainnya terkait rasa puas yang mereka dapatkan.

Peran Komunikasi Pemasaran Bagi Bisnis

Peran komunikasi pemasaran bagi perusahaan

Dari beberapa penjelasan diatas, tentu Anda dapat menyimpulkan bahwa peran komunikasi pemasaran terhadap penjualan produk dan/atau jasa perusahaan sangat penting. Selain itu, ada beberapa peran lainnya yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Sebagai Penyampai Pesan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komunikasi pemasaran menggunakan berbagai jenis media untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan.

Dalam hal ini, peran yang dimaksud adalah untuk mewakilkan perusahaan, membuat kampanye dengan tujuan membangun brand awareness, hingga membangun komunikasi kepada pelanggan.

2. Menentukan Target Pasar yang Tepat

Tahukah Anda bahwa komunikasi pemasaran merupakan penyampaian pesan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat? Hal ini terkait dalam pembuatan kampanye perusahaan melalui sosial media, buletin mingguan, hingga mengikuti acara komunitas.

Peran komunikasi pemasaran adalah untuk mempersuasi masyarakat dengan tujuan dan pesan tertentu. Sehingga bisa menimbulkan atau mendorong masyarakat untuk membeli, menggunakan produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Satu lagi peran komunikasi pemasaran yang harus Anda ketahui adalah untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyiapkan siaran pers, menyebarkan newsletter, iklan, dan bentuk promosi lainnya.

Terutama di zaman yang serba digital seperti saat ini. Tentu Anda harus semakin kreatif dalam melakukan komunikasi pemasaran kepada pelanggan dan masyarakat. Memilih dan menggunakan media yang cocok untuk mempromosikan produk dan/atau jasa Anda.

BACA JUGA: Skimming Price: Pengertian, Fungsi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Bentuk dan Contoh Komunikasi Pemasaran

Contoh komunikasi pemasaran

Setelah Anda mengetahui tujuan dan peran komunikasi pemasaran bagi bisnis, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana bentuk komunikasi pemasaran yang efektif, bukan? Simak bentuk dan contoh komunikasi pemasaran selengkapnya di bawah ini:

1. Personal Selling

Bentuk komunikasi pemasaran yang pertama adalah personal selling atau penjualan perorangan yang merupakan komunikasi antara penjual untuk menginformasikan, mendidik, hingga membujuk calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

Umumnya, bentuk dari personal selling ini melibatkan sales untuk turun langsung ke lapangan bertatap muka dengan pelanggan dan masyarakat. Mereka akan memperkenalkan produk dan/atau jasa perusahaan kepada masyarakat dan menjawab langsung beberapa pertanyaan yang diberikan.

Contoh komunikasi pemasaran dalam bentuk ini adalah dengan menurunkan sejumlah sales promotion person ke lapangan untuk mengenalkan, mengedukasi, dan menawarkan produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

2. Iklan

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang paling umum dan populer. Iklan juga masih menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan/atau jasa yang akan dipasarkan.

Tujuan dari adanya iklan adalah untuk menciptakan dan membangun citra jangka panjang dari produk dan/atau jasa yang dipasarkan. Selain itu, iklan juga bisa membantu masyarakat untuk terus mengingat brand yang Anda ciptakan.

3. Promosi Penjualan

Jika Anda menginginkan adanya penjualan produk dan/atau jasa secara cepat dalam waktu singkat, Anda mungkin bisa menggunakan promosi penjualan. Umumnya, bentuk komunikasi pemasaran ini lebih mendorong pelanggan untuk membeli produk dengan memberikan iming-iming atau hadiah.

4. Pemasaran Sponsorship

Bentuk selanjutnya dari komunikasi pemasaran adalah pemasaran sponsorship. Umumnya bentuk ini dilakukan dengan cara mengasosiasikan brand atau perusahaan dengan beberapa kegiatan tertentu. Misalnya menjadi sponsor dalam acara kompetisi besar, kegiatan sosial, dan lain-lain.

5. Publisitas

Anda bisa melakukan publisitas melalui media massa atau media cetak tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Artinya, contoh komunikasi pemasaran ini dilakukan melalui sebuah tulisan berita atau komentar editorial terkait produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

6. Komunikasi di Lapangan

Satu lagi bentuk komunikasi pemasaran yang harus Anda tahu adalah komunikasi di lapangan.

Dalam hal ini, contoh komunikasi pemasaran adalah dengan menggunakan spanduk, poster, hingga atribut lainnya yang dibutuhkan untuk mempengaruhi keputusan masyarakat dalam membeli, menggunakan produk dan/atau jasa yang dipasarkan.

Demikianlah penjelasan terkait pengertian komunikasi pemasaran, tujuan, bentuk dan contoh, hingga peran komunikasi pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk kelangsungan bisnis.

Pada dasarnya, komunikasi pemasaran dilakukan untuk membantu pelanggan memahami pesan yang ingin disampaikan dari sebuah brand, dan juga mengingatkan mereka terkait produk dan/atau jasa apa yang perusahaan Anda pasarkan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan seorang yang berpotensi dan ahli di bidang komunikasi pemasaran, Anda bisa menaruh informasi lokernya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis. Dapatkan kandidat terbaik di bidangnya dengan #LebihMudah bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok