Apa Itu Management Trainee? Ini Tugas, Keuntungan, & Gajinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Management trainee adalah— Jika perusahaan Anda sedang membutuhkan kandidat untuk pemimpin masa depan, management trainee adalah jawabannya. Dengan membuka lowongan management trainee, Anda berkesempatan menemukan talenta di atas rata-rata yang siap menjadi pemimpin-pemimpin perusahaan dalam waktu singkat.

Pada dasarnya, management trainee adalah proses rekrutmen perusahaan untuk lulusan baru (fresh graduate) atau yang berpengalaman kurang dari 3 tahun. Nantinya mereka akan dilatih, dievaluasi, dan ditempatkan di departemen yang mereka kuasai. Apabila terdapat kekosongan posisi leader, lulusan management trainee bisa mengisi posisi tersebut.

Ingin tahu selengkapnya tentang apa itu management trainee? Apa saja tugasnya di perusahaan dan bagaimana prosedur penggajiannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Menemukan Karyawan Terbaik dengan Talent Mapping, Ketahui Tahapannya Di Sini!

Apa Itu Management Trainee?

Apa itu management trainee

Pada dasarnya, program management trainee adalah sebuah program pelatihan calon karyawan baru untuk mendapatkan kandidat berkualitas guna dipromosikan ke tingkat manajemen yang lebih tinggi dalam waktu singkat.

Management trainee adalah salah satu program perekrutan perusahaan untuk memberikan pelatihan dan evaluasi kepada lulusan baru yang kemudian mereka akan ditempatkan sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing. Bahkan, MT juga dapat disiapkan untuk mengisi bidang yang baru didirikan perusahaan.

Sebagai HRD, Anda mungkin bertanya-tanya kenapa banyak perusahaan merekrut leader melalui jalur MT. Alasannya sederhana, yaitu:

  • Leader jalur management trainee berpotensi mengembangkan perusahaan dengan ide fresh-nya
  • Guna membuat talent pool kandidat berkualitas yang nantinya akan dikompetisikan satu sama lain untuk mendapat karyawan baru terbaik

Oleh karenanya, proses perekrutan management trainee sangat ketat. Selain itu, kandidat yang lolos program management trainee umumnya tidak langsung diberi status karyawan tetap. Apabila dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun MT tidak menunjukkan kontribusi sesuai kebutuhan perusahaan, HRD memiliki wewenang “memberhentikan” kandidat bersangkutan dari program MT (bukan memecat).

Keuntungan Program Management Trainee

Keuntungan program management trainee untuk HRD

Seperti yang sudah disebutkan bahwa, program management trainee adalah bentuk pelatihan kandidat untuk menjadi calon pemimpin perusahaan. Sebagai HRD, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari program ini, misalnya:

1. Meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill Karyawan

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan karyawan jalur management trainee adalah mempelajari banyak hal terkait perusahaan dan juga mengasah hard skill dan soft skill pribadi. Misalnya mengenai manajemen waktu, berkomunikasi dengan klien, berpikir kritis dan kreatif, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sekedar teori saja, selama program management trainee karyawan juga akan mendapatkan pelatihan hard skill. Seperti mempelajari tools untuk digunakan di bidang tertentu, pengetahuan terkait software yang digunakan perusahaan, bahasa asing, hingga lainnya.

2. Melatih Skill Kepemimpinan

Tujuan dari program management trainee adalah untuk mencari calon pemimpin perusahaan di masa depan. Oleh sebab itu, selama program, karyawan MT wajib mempelajari berbagai skill berkaitan dengan kepemimpinan.

Misalnya saja seperti keterampilan berkomunikasi, kemampuan mendengarkan pendapat orang lain, delegasi, kerja sama tim, memecahkan masalah, hingga pengambilan keputusan.

3. Menempatkan Karyawan Sesuai dengan Minat dan Bakat

Keuntungan berikutnya dari program management trainee adalah menemukan karyawan sesuai minat dan bakat. Selama program berlangsung, Anda sebagai HRD pada dasarnya bebas memindahkan karyawan MT ke divisi manapun sesuai kebutuhan. 

Selain membantu mengisi kekurangan SDM, proses rolling divisi ini juga dapat membantu Anda lebih dalam menilai karyawan MT. Misalnya terkait passion mereka, tingkat produktivitas, komunikasi, hingga kemampuan adaptasi menghadapi fleksibilitas tempat kerja.

4. Proses Seleksi Karyawan Lebih Mendalam 

Satu lagi keuntungan mengadakan program management trainee adalah Anda dapat bebas melakukan seleksi karyawan lebih mendalam pada para MT perusahaan. 

Selama proses management trainee, Anda sebagai HRD bisa lebih dalam mengenali karyawan MT yang Anda pilih, mulai dari cara kerja hingga kepribadian. Akhirnya saat masa MT selesai, Anda dapat menemukan kandidat-kandidat terbaik untuk dipertahankan di perusahaan.

Selain itu, program MT juga melepaskan Anda dari beban harus merekrut semua kandidat dalam satu waktu, karena tidak ada kontrak mengikat di awal. Saat kandidat MT tidak diangkat jadi karyawan, mereka pun tidak akan merasa “dipecat”, melainkan puas karena telah dapat offering letter dan surat tanda telah menjadi MT.

BACA JUGA: Talent Acquisition: Pengertian, Skill, & Perbedaannya dengan Recruitment

Tugas Management Trainee Perusahaan

Tugas management trainee

Mentor dari management trainee adalah seorang manajer dari perusahaan. Karena tujuan dari program management trainee adalah untuk mencari calon pemimpin perusahaan di masa depan, maka ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seorang MT, yaitu:

  • Mendukung para manajer untuk menyelesaikan berbagai macam tugas. Misalnya seperti penetapan tujuan dan pembuatan kebijakan perusahaan
  • Memahami cara perusahaan beroperasi
  • Membantu manajer saat membuat evaluasi kinerja, misalnya seperti menulis laporan hingga melakukan analisis data
  • Membantu manajer di bagian administratif
  • Berkontribusi dalam perencanaan strategis perusahaan
  • Beradaptasi dengan tugas-tugas dari HRD
  • Melakukan riset yang berhubungan dengan cara meningkatkan profitabilitas perusahaan dan menurunkan risiko
  • Membuat presentasi
  • Melakukan pemantauan terkait pendapatan perusahaan

Kualifikasi Management Trainee yang Dibutuhkan

Kualifikasi management trainee

Agar memudahkan Anda dalam melakukan seleksi rekrutmen management trainee, Anda harus mengetahui beberapa kualifikasi yang harus dimiliki. Beberapa kualifikasi management trainee perusahaan misalnya:

  • Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi
  • Memiliki kemampuan dalam bidang matematika dan komputer
  • Memiliki kemampuan untuk presentasi secara lisan maupun tulisan
  • Memiliki skill mengoperasikan Microsoft Office yang bagus
  • Memiliki pengalaman di bidang serupa
  • Merupakan lulusan manajemen atau bisnis lebih diprioritaskan
  • Memiliki kemampuan untuk memimpin
  • Memiliki kemampuan untuk pemecahan masalah
  • Memiliki kemampuan bahasa asing
  • Fleksibilitas dan bisa beradaptasi
  • Memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi
  • Memiliki kematangan dalam bersikap

Biasanya, lulusan yang diminta untuk program management trainee adalah lulusan bisnis, manajemen, ekonomi syariah, dan bisnis digital. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin merekrut management trainee dari jurusan lain. Hal itu kembali lagi ke kebijakan perusahaan.

Cara Menentukan Gaji Management Trainee

Setelah mengetahui apa itu management trainee, keuntungan, dan tugas-tugasnya, kali ini kita akan membahas cara menentukan gaji management trainee yang ideal. 

Pada dasarnya, setiap perusahaan berhak menentukan sendiri berapa gaji management trainee mereka. Di perusahaan multinasional dan/atau korporasi besar, gaji management trainee umumnya ada di atas UMR (bahkan ada yang berani menggaji MT dua kalinya).

Namun, jika perusahaan Anda belum mampu melakukannya, tidak perlu khawatir. Sebagai permulaan, Anda bisa menggaji MT perusahaan sesuai UMR setempat (minus tunjangan, asuransi, dan komisi lainnya).

Demikian penjelasan dari KitaLulus tentang apa itu management trainee, keuntungan, tugas, serta cara menentukan gaji management trainee yang ideal. Perusahaan Anda sedang mencari kandidat MT terbaik? Pasang lowongan management trainee Anda di KitaLulus!

Selain gratis, proses memasang lowongan di KitaLulus juga mudah dan terjamin aman. Jaringan jobseeker KitaLulus juga sangat luas, mencakup hingga ribuan kecamatan di Indonesia. Jadi, di manapun lokasi perusahaan Anda, tidak perlu khawatir kesusahan mencari pelamar. KitaLulus siap jadi partner perekrutan Anda.

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd