Manpower Planning dalam HR dan Langkah Menerapkan

penulis
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Manpower planning– Setiap perusahaan membutuhkan strategi atau perencanaan HR untuk bisa memaksimalkan kinerja karyawannya. Manpower planning adalah salah satu solusinya.

Manpower planning atau perencanaan sumber daya manusia merupakan bagian dari strategi HR untuk bisa mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Bagi Anda yang belum memahami tentang apa itu manpower planning, langkah-langkah yang harus dilakukan, hingga tujuannya, bisa langsung simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Pengertian Human Capital, Tugas, dan Bedanya dengan Human Resource

Apa Itu Manpower Planning?

apa itu manpower planning

Apa itu manpower planning? Seperti yang disebutkan diatas, manpower planning disebut juga sebagai perencanaan sumber daya manusia. Tidak hanya untuk sekali pemakaian, melainkan untuk jangka waktu yang lama dan terus berulang.

Dilansir dari laman investopedia, manpower planning adalah proses berkelanjutan terkait perencanaan sistematis kedepannya untuk mengoptimalkan aset perusahaan yang paling berharga, yaitu karyawan.

Manpower planning dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan terbaik karyawan dalam menyelesaikan beban kerjanya tanpa harus mengurangi atau melebihi tenaga kerja yang ada. Umumnya, strategi ini dilakukan untuk mempertahankan karyawan yang berpotensi.

Manpower planning ini melibatkan empat hal, yaitu peninjauan sumber daya manusia saat ini, memperkirakan kebutuhan dan ketersediaan di masa mendatang, hingga mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kebutuhan tenaga kerja yang ada bisa memenuhi permintaan saat ini.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, maka strategi ini bisa meningkatkan produktivitas dan juga profitabilitas perusahaan.

Langkah Menerapkan Manpower Planning

cara menerapkan manpower planning

Pada dasarnya, ada empat langkah manpower planning yang harus Anda perhatikan. Keempat langkah ini harus dilakukan secara berurutan dan memastikan tidak ada yang terlewat untuk bisa mencapai tujuan akhir. Yaitu, berhasil menemukan dan mempertahankan karyawan berpotensi untuk perusahaan.

Lalu, apa saja rencana manpower planning? Berikut empat langkah manpower planning yang bisa Anda lakukan:

1. Melakukan Analisis Pada Penawaran Tenaga Kerja

Langkah manpower planning yang pertama adalah dengan melakukan analisis pada penawaran tenaga kerja. Dalam hal ini manajemen perusahaan HR, perlu mempelajari dan mengetahui kekuatan perusahaan berdasarkan jumlah karyawan, keterampilan, kualifikasi, posisi, tunjangan, dan tingkat kinerja karyawan.

2. Memprediksi Permintaan Tenaga Kerja

Hal selanjutnya yang menjadi langkah manpower planning adalah dengan memprediksi permintaan tenaga kerja. Dalam hal ini, divisi HRD akan mempertimbangkan banyak hal terkait karyawan. Mulai dari promosi, pensiun, pemutusan hubungan kerja, hingga transfer karyawan.

Tim HRD juga harus memperhatikan faktor eksternal yang bisa meningkatkan atau menurunkan kebutuhan tenaga kerja. Salah satunya adalah teknologi terbaru untuk mendukung kerja mereka.

3. Menyeimbangkan Permintaan Tenaga Kerja dengan Persediaan

Menyeimbangkan permintaan tenaga kerja dengan persediaan menjadi langkah manpower planning yang ketiga.

Dalam hal ini, HRD akan melakukan analisis kesenjangan atau gap analysis untuk menjabarkan kebutuhan perusahaan dengan mengerucutkan jumlah tenaga kerja yang tersisa, sehingga akan muncul pertanyaan seperti ini:

  • Apakah karyawan membutuhkan keterampilan baru?
  • Apakah perusahaan membutuhkan lebih banyak manajer?
  • Apakah semua karyawan mengerjakan tugas sesuai dengan porsi dan perannya masing-masing?

4. Mengembangkan dan Mengimplementasikan Rencana

Satu lagi yang menjadi langkah manpower planning adalah mengembangkan dan mengimplementasikan rencana yang sudah ada. Jawaban dari pertanyaan gap analysis di langkah sebelumnya bisa dijadikan strategi oleh HRD untuk mengimplementasikan rencana yang ada dengan seluruh anggota perusahaan.

Namun untuk bisa melakukan itu semua, HRD membutuhkan anggaran, kemampuan untuk mengimplementasikan rencana, hingga kerjasama antar semua divisi untuk melaksanakan rencana tersebut.

BACA JUGA: Pengertian Manajemen Bisnis, Fungsi, dan Cara Menerapkannya

Tujuan Manpower Planning

tujuan manpower planning

Secara sederhana manpower planning merupakan penyusunan rencana SDM yang meliputi kebutuhan karyawan di tiap divisi, jumlah karyawan baru yang akan direkrut, keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan, pelatihan dan pengembangan untuk karyawan, hingga anggaran biaya untuk mengelola SDM.

Selain itu, manpower planning juga memungkinkan perusahaan mempertahankan dan memilih jenis potensi yang tepat untuk dipekerjakan. Seperti kandidat yang memiliki keterampilan teknis dan soft skill yang tepat untuk mendukung kerja mereka.

Lalu, apa tujuan manpower planning itu sendiri untuk perusahaan? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Untuk menentukan kualitas dan kuantitas karyawan di posisi tertentu.
  • Untuk memastikan ketersediaan karyawan di perusahaan untuk saat ini dan masa mendatang sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.
  • Untuk meminimalisir kekurangan dan/atau kelebihan karyawan yang ada.
  • Untuk dijadikan pedoman dalam proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, rotasi karyawan, promosi, hingga pemutusan hubungan kerja.

Demikian penjelasan singkat terkait manpower planning, langkah-langkah yang harus dilakukan, hingga tujuannya untuk perusahaan yang perlu Anda ketahui.

Manpower planning harus cukup fleksibel agar bisa menjawab tantangan ketenagakerjaan dalam jangka pendek dan sekaligus beradaptasi dengan perubahan bisnis dalam jangka panjang.

Jika perusahaan Anda membutuhkan seorang HRD untuk merencanakan manpower planning, Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Gowa, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Cukup dengan mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja gratis di KitaLulus. Dapatkan kandidat HRD yang berpotensi dan sesuai kualifikasi dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd