Mengelola Sistem Manajemen Karyawan di Perusahaan Anda

Shirley Candrawardhani

Hobi saat ini baca manga dan maraton anime. Senang menulis di bidang young-adult dan naratif-deskriptif

Isi Artikel

Karyawan memegang peran penting dalam keberlangsungan hidup perusahaan. Beberapa dari mereka bahkan ada yang merelakan waktunya untuk duduk berjam-jam lamanya di depan laptop atau komputer, meskipun terkadang upah yang mereka terima tidak sebanding. Lalu, bagaimana cara yang benar untuk bisa mengelola sistem manajemen karyawan?

KitaLulus sudah merangkum beberapa langkah yang mungkin bisa Anda pertimbangkan dalam mengelola sistem manajemen karyawan.

Menyejahterakan Karyawan

Dalam mengelola manajemen karyawan, hal paling penting yang harus dilakukan adalah menyejahterakan karyawan. Sebuah perusahaan bisa dibilang sukses jika karyawan bisa bekerja secara kompeten dan loyal. Berikut, tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

1. Kelola manajemen SDM yang baik

Memiliki aset karyawan tidaklah cukup untuk mengelola SDM yang baik. Perusahaan bisa memberikan pelatihan khusus, mengadakan get together seluruh karyawan, memberikan motivasi, dan hal-hal lainnya yang bisa menunjang kesejahteraan karyawan.

2. Penuhi hak-hak karyawan

Perusahan yang baik tentu memperhatikan dan memenuhi hak-hak karyawannya selama masih bekerja. Hal ini tentunya menjadi salah satu kunci dalam mengelola manajemen karyawan. Hak yang bisa diberikan bisa berupa; hak cuti, gaji sesuai dengan UMK, gaji ke-13, jaminan sosial tenaga kerja dan hari tua, dan bonus tambahan bagi karyawan yang berprestasi.

3. Ciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif

Suasana kerja menjadi salah satu penunjang kinerja karyawan selama di kantor. Jika mereka merasa nyaman, maka pekerjaan mereka pun akan lebih cepat selesai, dan sebaliknya. Karyawan akan merasa betah di kantor yang mereka rasa senyaman di rumah.


Sistem Kerja Perusahaan

Perusahaan yang memiliki sistem kerja sebaiknya juga turut mempertimbangkannya dari sisi/sudut pandang karyawan. Untuk dapat mengelola sistem manajemen karyawan, sebuah perusahaan harus lah memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Penentuan tujuan dan keterlibatan karyawan

Penetapan tujuan dan keterlibatan karyawan sangatlah penting untuk keberlangsungan ‘hidup’ di kantor. Seperti; menetapkan tujuan bersama untuk setiap divisi dan unit kerja, komunikasi baik yang terjalin sesama karyawan agar mereka bisa mengembangkan rasa kepemilikan atas tujuan, keterlibatan karyawan dalam pencapaian tujuan, dan tolak ukur untuk karyawan agar bisa mencapai tujuan tersebut.

2. Pemberian wewenang karyawan (delegasi)

Memberikan wewenang kepada karyawan akan suatu proyek atau aktivitas lainnya dapat membantu pengelolaan sistem manajemen karyawan yang baik. Hal ini dapat membantu karyawan untuk membuat rencana kerja, berbagi pendapat dengan yang lainnya,

3. Pengembangan kinerja karyawan

Hal ini bisa Anda lakukan di awal bulan dengan memberikan rencana kerja kepada karyawan. Lalu, Anda bisa meninjau kembali kinerja karyawan pada waktu yang ditentukan. Misalnya, setiap satu bulan sekali, tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali. Jangan lupa untuk bertanya mengenai pekerjaan karyawan Anda mengenai kesulitan, kendala, atau apa pun yang menghambat kinerjanya.

4. Pelatihan, pendidikan, dan pengembangan

Pengembangan karyawan sangatlah penting bagi perusahaan agar bisa mengembangkan potensi karyawannya. Pelatihan, pendidikan, dan pengembangan bertujuan agar karyawan bisa memahami apa yang mereka kerjakan dan untuk memelihara komitmen kerja.

5. Penghargaan dan Apresiasi

Penghargaan dan apresiasi adalah bentuk berharga yang bisa diberikan perusahaan terhadap karyawannya. Anda bisa melakukan hal ini setiap enam bulan sekali atau satu tahun sekali.  Berikan penghargaan dan apresiasi bagi mereka yang bekerja dengan baik dan giat dan/atau yang memberikan sumbangsih berharga bagi perusahaan.

Semua hal di atas bisa membantu Anda dalam menyejahterakan karyawan dan mengelola sistem manajemen karyawan dengan baik. Jika Anda sudah menerapkan semua hal yang di atas, maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam mendapatkan rasa loyal dari karyawan.

Hambatan Dalam Mengelola Sistem Manajemen Karyawan

Lalu, bagaimana dengan hambatan yang dialami perusahaan dalam mengelola karyawan? Tentu saja di setiap keputusan yang diambil akan ada risiko atau hambatan. Oleh karena itu sebagai HR yang baik, Anda bisa membantu dalam decision-making dan hal-hal yang terkait dengan sistem managemen karyawan.

Umumnya yang menjadi hambatan dalam mengelola karyawan adalah;

  • Konflik antara atasan dengan bawahan
  • Konflik antar karyawan
  • Komunikasi yang buruk
  • Ketidakpuasan karyawan
  • Tidak jelasnya deskripsi pekerjaan yang diberikan
  • Karyawan tidak merasa dihargai oleh perusahaan
  • Kondisi kerja yang tidak mendukung baik dari tim atau lingkungan kerjanya

Hal-hal tersebut merupakan masalah-masalah yang sering ditemukan di setiap perusahaan. Tiap perusahaan pun memiliki kebijakan masing-masing dalam mengatasi hambatan dalam mengelola karyawannya. Tapi secara umum, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil dalam mengelola sistem manajemen karyawan;

  • Jadikan HR sebagai penengah dalam mengatasi konflik yang terjadi
  • Jika perlu, lakukan mediasi untuk mengatasi konflik
  • Pastikan semua karyawan mendapatkan informasi yang jelas dan padat agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik
  • Mengkomunikasikan visi-misi perusahaan kepada setiap karyawan agar mereka merasa memiliki tujuan yang sama
  • Berikan kondisi kerja yang mendukung. Seperti; upah yang sesuai, rekan kerja yang bisa diandalkan, penempatan kerja yang sesuai, dan pekerjaan yang menantang untuk meningkatkan kreativitas mereka

Mengelola sistem manajemen karyawan tentulah bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam mengelola hal tersebut, lalu apakah Anda sudah merasa memberikan yang terbaik untuk karyawan?

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara mengelola sistem manajemen karyawan dengan baik, Anda bisa mulai atau memperbaiki sistem manajemen karyawan di perusahaan Anda. Hal ini adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam mengelola sebuah perusahaan.

Lalu setelah Anda yakin sistem manajemen karyawan sudah baik, Anda dapat memasang lowongan kerja di KitaLulus. Database kami memuat calon-calon karyawan terbaik untuk perusahaan Anda. Bahkan pemasangan lowongannya pun tidak sulit. Kurang lebih selama 30 menit, dan lowongan kerja di perusahaan Anda sudah ada di platform KitaLulus.

Tertarik untuk memasang lowongan di KitaLulus? Langsung saja unduh aplikasi KitaLulus di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok