Manajemen SDM (MSDM): Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya di Perusahaan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

MSDM adalah– MSDM adalah singkatan dari manajemen sumber daya manusia yang ada hampir di semua perusahaan. Pada umumnya, tanggung jawab dari manajemen SDM adalah untuk mengelola berbagai kebutuhan sumber daya manusia atau karyawan di perusahaan.

Meskipun MSDM adalah sebuah divisi dalam perusahaan, peran dan tanggung jawab ini dilakukan oleh pihak HRD. Tugas dalam mengelola sumber daya manusia ini termasuk salah satu yang terpenting bahkan vital bagi terlaksananya perusahaan.

Sebab, karyawan adalah salah satu aset berharga yang harus diperhatikan perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya terkait manajemen sumber daya manusia atau MSDM dan pentingnya bagi perusahaan di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Contoh Pelatihan Dan Pengembangan SDM + Manfaat Bagi Perusahaan

Pengertian MSDM

Pengertian MSDM

Tidak dapat dipungkiri lagi, tanpa aset sumber daya manusia perusahaan tidak bisa beroperasi dan berkembang untuk lebih maju. Maka dari itu, salah satu fungsi MSDM adalah untuk mengelola karyawan perusahaan.

MSDM adalah sebuah proses pendekatan strategis yang dilakukan untuk pekerjaan, pengembangan, dan kesejahteraan orang-orang dalam perusahaan. Semua proses pendekatan ini melibatkan hampir semua keputusan dan tindakan manajemen untuk memberikan pengaruh pada hubungan karyawan dan perusahaan.

Fokus utama pihak HRD untuk menerapkan MSDM adalah melakukan perekrutan, pelatihan, hingga manajemen kompensasi untuk karyawan. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan bersama.

Meskipun fungsi ini sepenuhnya dijalankan oleh pihak HRD, mereka juga akan melakukan kerja sama atau melibatkan divisi lain, hingga kebijakan dan keputusan yang nantinya akan memberikan pengaruh besar pada karyawan.

Fungsi manajemen SDM adalah komponen terpenting dalam perusahaan. Tanpa pengelolaan sumber daya manusia yang baik, maka hal ini akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan, mulai dari segi produktivitas yang menurun hingga menghambat tercapainya tujuan perusahaan.

Tujuan Manajemen SDM

Tujuan manajemen SDM dilakukan

Setelah memahami apa itu manajemen SDM, kali ini kita akan membahas beberapa tujuan MSDM bagi keberlangsungan perusahaan.

Ibaratkan kendaraan bermotor, tujuan MSDM sebenarnya mirip seperti rantai, yang menyatukan mesin dengan onderdil-onderdil lainnya. Tanpa adanya MSDM (atau jika MSDM perusahaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya), manajemen akan kesulitan menjalin hubungan kerja dengan karyawan.

Selengkapnya tentang tujuan MSDM adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan dan mempertahankan karyawan terbaik, bermotivasi tinggi, dan dapat dipercaya oleh perusahaan
  • Membangun lingkungan kerja dimana karyawan dari semua lini bisa terhubung dan berkoordinasi dengan baik, mulai dari level teratas hingga terbawah
  • Meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dalam bekerja untuk meningkatkan produktivitas
  • Menciptakan sistem perekrutan karyawan yang optimal dan efektif
  • Menghargai karyawan berdasarkan kontribusi dan prestasi yang diraih
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan
  • Memberikan kesempatan yang sama untuk setiap karyawan
  • Bertindak adil dan transparansi terhadap semua karyawan
  • Mengelola dan mengatur sumber daya manusia berdasarkan kebutuhan dan memberikan fasilitas pendukung

Fungsi Manajemen SDM Perusahaan

Fungsi manajemen SDM perusahaan

Guna mewujudkan tujuan di atas, MSDM perusahaan memiliki beberapa fungsi penting, yaitu diantaranya:

1. Mengelola Karyawan

Hal pertama yang menjadi fungsi manajemen SDM adalah untuk mengelola karyawan perusahaan. Ada tiga kegiatan penting dan utama yang harus dilakukan oleh MSDM adalah perencanaan karyawan, penarikan karyawan, dan rekrutmen karyawan.

Peran manajemen SDM adalah ketika lowongan pekerjaan di perusahaan dibuka, kemudian menyaring kandidat terbaik dan berpotensi, hingga tahap terakhir pada proses hiring karyawan. Tujuannya adalah agar bisa menempatkan karyawan berpotensi di posisi yang dibutuhkan.

2. Evaluasi Kinerja

Tahukah Anda bahwa, salah satu fungsi manajemen SDM adalah untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan? Kegiatan evaluasi ini dilakukan secara berkala melalui performance review dan pelatihan karyawan.

Tugas dari MSDM adalah untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai perusahaan dan seputar pekerjaan yang akan mereka lakukan nantinya.

3. Pemberian Reward

Fungsi msdm perusahaan

Hal lainnya yang menjadi fungsi manajemen SDM adalah untuk memberikan reward kepada karyawan atas kontribusinya selama di perusahaan. Tugas utama dari HRD selaku MSDM adalah memberikan reward yang layak dan adil kepada setiap karyawan.

Tidak hanya pemberian gaji yang sesuai dengan posisi karyawan, tetapi tugas MSDM adalah juga untuk menentukan benefit lainnya. Meliputi bonus tahunan, tunjangan hari raya, tunjangan makan, tunjangan transport, asuransi, jatah cuti, dan hal lainnya yang bisa mempengaruhi loyalitas karyawan.

4. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Fungsi manajemen SDM adalah untuk memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dalam hal ini, tugas utama dari HRD adalah memberikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan berupa seminar, workshop, dan bentuk lainnya.

Agar bisa membuat program pelatihan dan pengembangan karyawan yang baik dan berhasil, HRD harus melakukan kolaborasi dengan manajer dari divisi yang ada di perusahaan. Hal ini agar program yang dijalankan bisa dilakukan secara optimal dan seefektif mungkin.

5. Membangun Relasi

Salah satu fungsi MSDM global adalah untuk membangun relasi dengan sesama karyawan dan atasan untuk meminimalisir terjadinya konflik di masa depan. Agar bisa menjalankan fungsi manajemen SDM adalah pihak HRD harus memastikan untuk memenuhi hak-hak setiap karyawan.

6. Menjaga Kesehatan dan Keamanan Karyawan

fungsi manajemen sdm untuk menjaga keamanan lingkungan kerja

Berikutnya dalam fungsi manajemen SDM adalah untuk menjaga kesehatan dan keamanan karyawan. Hal ini harus menjadi prioritas utama perusahaan. Terlebih jika perusahaan bergerak di bidang produksi yang membuat karyawan setiap harinya harus bekerja dengan menggunakan mesin.

Peran MSDM adalah untuk memastikan perusahaan memperhatikan kesehatan dan keamanan setiap pekerjanya. Dengan begitu, perusahaan bisa berjalan dan berfungsi seperti seharusnya.

7. Pemutusan Hubungan Kerja

Satu lagi dari fungsi manajemen SDM adalah melakukan pemutusan hubungan kerja. Perlu diketahui, pemutusan hubungan kerja bisa disebabkan oleh banyak hal. Tugas MSDM adalah untuk memberikan uang pesangon, uang ganti rugi, uang penghargaan, dan kompensasi lainnya untuk karyawan yang dipecat.

BACA JUGA: Hak Dan Kewajiban Perusahaan Kepada Karyawan, Apa Saja?

Demikianlah penjelasan mengenai manajemen sumber daya manusia atau MSDM, tujuan, dan fungsinya untuk perusahaan. Penerapan MSDM yang baik bisa memberikan dampak bagus untuk tujuan perusahaan.

Maka dari itu, Anda harus mencari karyawan HRD yang berpotensi dan berkualitas untuk perusahaan. Semua itu bisa Anda temukan di platform KitaLulus.

KitaLulus adalah salah satu platform lowongan kerja paling terpercaya di Indonesia. Saat ini, bahkan KitaLulus berhasil menduduki peringkat teratas sebagai aplikasi dengan pertumbuhan pengguna tercepat!

Jadi tunggu apalagi, jika Anda butuh kandidat berkualitas dengan cepat dan #LebihMudah, KitaLulus adalah jawabannya. Daftarkan diri Anda sekarang juga sebagai mitra KitaLulus dan rasakan perbedaannya.

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd