7 Contoh Pelatihan dan Pengembangan SDM + Manfaat Bagi Perusahaan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Pelatihan dan pengembangan SDM– Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk bisa memperbaiki kinerja karyawannya. Hal ini tentu sangat penting untuk kelangsungan perusahaan.

Tidak hanya itu, di Indonesia ada regulasi yang mengatur mengenai pelatihan dan pengembangan SDM ini, yaitu Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Tahukah Anda bahwa, pelatihan dan pengembangan SDM ini bisa menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya terkait manfaat dan contoh pelatihan SDM yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu Problem Solving? Ini Pengertian, Tujuan, & 5 Metodenya

Sekilas Tentang Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pengertian pelatihan dan pengembangan SDM

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, pelatihan dan pengembangan SDM adalah salah satu upaya perusahaan untuk memperbaiki kinerja karyawan. Pada dasarnya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan baru bagi karyawan.

Tujuan dari pelatihan dan pengembangan SDM yang dilakukan perusahaan adalah membantu karyawan mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Di zaman yang semakin maju ini, tentu saja selalu ada hal baru untuk menyelesaikan pekerjaan. Terutama teknologi yang semakin berkembang. Mungkin untuk para karyawan muda yang akrab dengan teknologi hal ini menjadi tidak masalah.

Namun lain halnya dengan karyawan yang sudah senior. Mereka cenderung ‘tidak akrab’ dengan kecanggihan teknologi baru. Maka dari itu, perusahaan harus menyediakan pelatihan dan pengembangan SDM.

Pelatihan dan pengembangan SDM tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan saja, tetapi juga bagi karyawan yang mengikutinya. Kegiatan ini bisa menjadi faktor utama untuk retensi karyawan di perusahaan.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM

Sebagai seorang HR, Anda tentu harus memahami tumbuh kembang karyawan. artinya, Anda harus memperhatikan apakah karyawan di perusahaan bisa tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik dalam pekerjaannya.

Salah satu bentuk perhatian yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawannya adalah dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan SDM. Setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk menyediakan kegiatan ini.

Berikut beberapa manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Menemukan Potensi Karyawan

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang pertama adalah menemukan potensi karyawan. Tanpa disadari, mungkin saja di perusahaan Anda ada banyak karyawan yang memiliki potensi tersembunyi.

Namun karena tidak adanya fasilitas untuk mewadahi potensi tersebut, mereka lebih memilih untuk menyembunyikannya. Padahal, hal ini bisa menjadi investasi perusahaan. Siapa tahu satu atau dua karyawan bisa menjadi pemimpin perusahaan di masa mendatang.

2. Memahami Perkembangan Terbaru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, saat ini zaman serba canggih dan berkembang. Ada banyak teknologi baru yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan.

Selain untuk menemukan potensi, manfaat pelatihan dan pengembangan SDM adalah mengajak karyawan memahami perkembangan terbaru.

Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan misalnya materi mengenai cara menggunakan alat-alat baru, mengembangkan strategi, memimpin orang lain, dan seterusnya.

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM lainnya adalah dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan ilmu dan kemampuan baru, tetapi juga bisa menambah rasa percaya diri karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Memahami Harapan Karyawan

Satu lagi manfaat pelatihan dan pengembangan SDM adalah untuk memahami harapan karyawan. Artinya, dengan menyediakan fasilitas ini Anda bisa memahami apa yang diinginkan karyawan. Hal ini juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

BACA JUGA: Program Kerja HRD untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Contoh Pelatihan dan Pengembangan SDM

Jenis pelatihan dan pengembangan SDM

Setelah Anda mengetahui manfaat pelatihan dan pengembangan SDM, sekarang waktunya Anda mengetahui apa saja contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa disediakan oleh perusahaan, diantaranya:

1. Pelatihan Keahlian

Contoh pelatihan SDM yang pertama adalah pelatihan keahlian. Jenis pelatihan ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh perusahaan. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah pelatihan sederhana untuk menilai kebutuhan atau kekurangan yang nantinya akan diidentifikasi.

2. Pelatihan Ulang SDM

Pelatihan ulang SDM adalah contoh pelatihan SDM dengan memberikan keahlian yang dibutuhkan oleh karyawan dengan tujuan bisa menghadapi tuntutan pekerjaan yang berubah-ubah.

3. Cross Functional Training

Contoh pelatihan SDM selanjutnya merupakan pelatihan lintas fungsional yang melibatkan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah dengan meningkatkan komunikasi dan sinergitas antara fungsional satu dengan yang lainnya.

4. Pelatihan Tim

Pelatihan tim adalah jenis pelatihan SDM yang melibatkan beberapa individu untuk menyelesaikan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah kegiatan team building.

5. Pelatihan Bahasa

Bahasa merupakan salah satu aspek terpenting dalam dunia kerja. Bahkan bisa menjadi investasi karyawan di masa mendatang. Jenis pelatihan SDM ini bisa meningkatkan kemampuan dan komunikasi bahasa asing karyawan serta memberikan nilai tambah bagi mereka.

Contoh pelatihan dan pengambangan SDM yang bisa Anda berikan adalah pelatihan bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, atau bahasa asing lainnya.

6. Pelatihan Teknologi

Pelatihan teknologi adalah salah satu jenis pelatihan SDM yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Semakin berkembangnya zaman, teknologi juga semakin berkembang. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda sediakan adalah pelatihan digital marketing, developer, hingga urusan administrasi.

7. Pengembangan Kreativitas SDM

Satu lagi contoh pelatihan SDM yang bisa disediakan oleh perusahaan adalah pelatihan kreativitas SDM. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengeluarkan banyak ide sebebas mungkin. Nantinya dari ide-ide yang terkumpul bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan perusahaan.

Demikianlah penjelasan terkait pelatihan dan pengembangan SDM, manfaatnya dan berbagai contoh pelatihan SDM yang bisa Anda berikan untuk karyawan. Perlu diketahui, jika Anda bisa memberikan pelatihan dan pengembangan ini secara berkala, maka Anda bisa mendapatkan karyawan yang berpotensi dan berkualitas.

Apabila Anda mencari karyawan baru yang berpotensi dan berkualitas untuk perusahaan, Anda bisa menaruh informasinya di platform KitaLulus. Sebagai tambahan informasi, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Gowa.

Daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus. Dapatkan karyawan yang berpotensi dan berkualitas #LebihMudah dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd