Mengenal People Analytics, Manfaat, Peran, dan Cara Implementasinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

People analytics adalah– Perkembangan teknologi menuntut perusahaan untuk memperbarui sistem kerja mereka. Terutama HR dalam merekrut karyawan. People analytics adalah salah satu teknologi yang digunakan.

People analytics adalah salah satu teknologi yang bisa membantu HR untuk melakukan proses rekrutmen. Teknologi ini mengandalkan data dan analisis untuk mempelajari karyawan, hingga menemukan posisi yang tepat untuk mereka.

Penggunaan people analytics adalah salah satu bukti bahwa perusahaan ingin terus berkembang di tengah ketatnya persaingan industri bisnis. Simak penjelasan di bawah ini terkait people analytics dan manfaatnya di bidang HR.

BACA JUGA: Talent Acquisition: Pengertian, Skill, & Perbedaannya dengan Recruitment

Apa Itu People Analytics?

Apa itu people analytics

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, people analytics adalah salah satu perkembangan teknologi yang bisa membantu HR dalam melakukan proses rekrutmen dan penempatan karyawan atau sumber daya manusia yang tepat.

Cara kerja people analytics adalah dengan menggunakan data dan analisis. Data yang ditemukan dalam proses people analytics kemudian digunakan untuk menemukan talenta yang tepat di antara karyawan.

Teknologi ini bisa membaca siapa yang akan berhasil, siapa yang akan menjadi pemimpin, hingga apa yang diperlukan untuk memberikan layanan pelanggan berkualitas tinggi.

Dengan adanya people analytics, Anda sebagai HR dapat menganalisa kondisi saat ini dengan lebih valid dan terukur. Selain itu, strategi people analytics juga akan membantu Anda memprediksi “dinamika” apa yang akan dialami tim perusahaan kedepannya.

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan teknologi ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang people analytics. Harvard Business Review menyebutkan bahwa people analytics berpusat pada dua jenis data sumber daya manusia, yaitu:

  • Fakta orang yang tidak bisa berubah. Seperti etnis, jenis kelamin, riwayat pekerjaan.
  • Fakta orang yang bisa berubah. Seperti umur, level pendidikan, masa kerja, dan data lainnya yang bisa berubah.

Manfaat People Analytics Bagi HR

Manfaat people analytics bagi HR dan perusahaan

Di zaman serba dinamis seperti saat ini, people analytics memiliki banyak manfaat bagi HR dan perusahaan secara general. Selengkapnya tentang manfaat people analytics adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Proses Rekrutmen

Faktanya, proses rekrutmen memakan banyak waktu dan tenaga untuk bisa mendapatkan kandidat yang sesuai. Manfaat people analytics adalah untuk memudahkan proses rekrutmen tersebut.

Hal yang bisa dilakukan dengan people analytics adalah perbandingan data antara calon kandidat dengan karyawan yang sudah bekerja dalam jangka waktu tertentu. Hasil ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk mencari kandidat yang sesuai dengan perusahaan.

2. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Manfaat berikutnya menggunakan people analytics adalah meningkatkan nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan Anda sudah merekrut sumber daya manusia yang memiliki nilai tinggi. Sehingga berpengaruh kepada nilai perusahaan.

Jika perusahaan memiliki value yang tinggi, maka hasilnya adalah perusahaan mampu untuk bersaing dengan kompetitor lainnya dan tentunya bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan industri bisnis untuk jangka waktu tak tertentu.

3. Menurunkan Angka Turnover

Pada dasarnya, turnover membutuhkan banyak biaya dan waktu, dan tentunya merugikan perusahaan dari segi sumber daya manusianya. Maka dari itu manfaat people analytics adalah untuk menurunkan angka turnover.

Cara kerja people analytics adalah dengan mengumpulkan data-data terkait kepuasan karyawan terhadap kinerja dan juga perusahaan. Sehingga Anda bisa memprediksi turnover dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

BACA JUGA: Apa Itu Staffing? Ini Pengertian, Proses, & Fungsinya dalam Manajemen

Peran People Analytics Perusahaan di Era Digital

Pentingnya people analytics perusahaan

Selain memberikan segudang manfaat untuk perusahaan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh people analytics:

1. Evaluasi Kinerja

People analytics adalah sebuah sistem yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan. Data yang digunakan adalah analisis regresi, ukuran sampel, signal independence, dan proses versus hasil.

Cara kerja people analytics adalah dengan menggunakan struktur dan data yang sudah jelas dalam menilai kinerja karyawan tanpa adanya penilaian yang bias. Misalnya, jika di perusahaan Anda ada karyawan yang selalu sibuk, hal ini belum tentu menandakan bahwa karyawan tersebut produktif.

2. Staffing

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan people analytics adalah staffing. Dengan menggunakan people analytics, Anda bisa menemukan kandidat yang tepat untuk kebutuhan perusahaan dengan lebih cepat.

3. Kolaborasi Antar Organisasi

Salah satu kelebihan people analytics adalah bisa membaca peta kolaborasi antar organisasi. Dalam hal ini sistem akan membaca pola yang diikuti oleh seseorang ketika mereka melakukan kerjasama. Kemudian sistem akan mendeskripsikan efektivitas dari kolaborasi tersebut.

4. Manajemen Talenta

Satu lagi hal yang bisa dilakukan people analytics adalah manajemen talenta. Sistem akan melihat perilaku karyawan dan melacak perkembangannya dalam perusahaan. Perlu Anda ketahui, jika data yang dimasukan ke dalam sistem semakin banyak, maka people analytics akan semakin canggih membaca data.

Pada dasarnya, data yang dianalisis oleh people analytics adalah keterkaitan karyawan, komunikasi karyawan, travel, lokasi, emosi, penampilan, dan data lainnya yang bisa dibaca oleh mesin.

Kelebihan lain dari people analytics adalah tidak hanya sekedar menghasilkan analisa dan angka saja, tetapi juga memberikan dampak pada proses yang terjadi, cara kerja karyawan, dan hal-hal lainnya berdasarkan data yang dimasukan.

Maka dari itu, sistem ini membutuhkan kemampuan tinggi yang meliputi teknis, analitis, dan kemampuan berkomunikasi.

Cara Implementasi People Analytics dalam Perusahaan

Cara menerapkan people analytics

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, people analytics adalah sebuah sistem yang bisa mengumpulkan data dan menganalisisnya menjadi sebuah hasil untuk perkembangan perusahaan.

Dari data tersebut dapat perusahaan dapat mengetahui hal apa yang mempengaruhi karyawan untuk bergabung, bagaimana kinerja karyawan, hingga apa yang menyebabkan karyawan loyal dengan perusahaan.

Kegunaan data pada people analytics adalah untuk menemukan kandidat bertalenta. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

Lalu bagaimana cara implementasi people analytics? Berikut cara implementasi people analytics dalam perusahaan:

  • Identifikasi pertanyaan yang ingin dijawab oleh perusahaan
  • Kumpulkan data yang dapat diukur sebanyak-banyaknya
  • Pahami hasil analisis dan ambil tindakan yang tepat
  • Pengambilan keputusan selalu berdasarkan pada data yang ditujukan untuk seluruh anggota perusahaan baik dari level tertinggi hingga level terendah

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu people analytics, manfaat, peran, hingga cara implementasinya dalam perusahaan. Selain butuh dukungan teknologi mumpuni, implementasi people analytics juga membutuhkan tim HR yang melek digital dan mau terus belajar!

Sedang mencari kriteria tim yang sedemikian rupa? Anda tidak perlu khawatir lagi! Pasang lowongan kerja sekarang juga di KitaLulus!

Sebagai salah satu aplikasi favorit milenial dan generasi Z (versi Playstore, 2022), KitaLulus siap membantu mitra perusahaan dari seluruh Indonesia merekrut kandidat tim terbaik dan berkualitas. Ingin tahu buktinya?

Ayo daftarkan diri Anda sebagai pemasang loker dan bentuk tim bertalenta dengan #LebihMudah mulai dari sekarang.

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd