Pengertian People Management, Tujuan, dan Skill yang Wajib Dimiliki

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

People management adalah– People management adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Pasalnya, kemampuan ini dibutuhkan agar Anda bisa mengoptimalkan produktivitas karyawan.

Sebagai seorang manajer, tentu Anda memiliki beberapa karyawan sebagai bawahan. Menerapkan strategi people management adalah salah satu cara paling efisien untuk mengelola tim tersebut.

Tidak hanya sekedar mengatur, tetapi juga untuk meningkatkan kinerja, mengoptimalkan produktivitas, dan masih banyak lagi. Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian people management dan cara meningkatkan skill tersebut? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal People Analytics, Manfaat, Peran, dan Cara Implementasinya

Pengertian People Management

Pengertian people management

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, sebagai seorang manajer, strategi people management adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki. Kemampuan ini bisa membantu Anda untuk menyelesaikan tugas dari perusahaan.

Tidak hanya sekedar mengatur, people management adalah kemampuan agar Anda bisa memotivasi, mengatur, mengarahkan, mengoptimalkan, hingga mengawasi kinerja bawahan Anda.

Singkatnya, arti people management adalah sebuah kemampuan untuk mengatur atau pengorganisasian sumber daya manusia dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.

Selain itu, kemampuan people management juga dibutuhkan untuk membuat karyawan bisa lebih nyaman saat bekerja sehingga mereka bisa menjadi lebih loyal kepada perusahaan.

Hal yang harus Anda lakukan untuk bisa menerapkan people management adalah memahami dan menguasai beberapa soft skill. Beberapa soft skill tersebut erat kaitannya dengan penerapan people management di perusahaan Anda.

Tujuan People Management

Tujuan penerapan people management

Adanya people management dalam suatu perusahaan bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa tujuan penting yang bisa dicapai seiringan dengan berkembangnya perusahaan dan bertambahnya jumlah karyawan.

Berikut beberapa tujuan people management:

1. Mengatasi Konflik

Tujuan pertama dari people management adalah mengatasi konflik yang terjadi antar karyawan. Di setiap perusahaan, konflik merupakan hal yang bisa saja terjadi. Hal ini bisa dibilang wajar dalam dunia kerja.

Biasanya terjadi karena gesekan, rasa iri, persaingan tidak sehat, dan lain-lainnya. Dengan people management yang baik, Anda bisa membantu mengatasi konflik tersebut.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengorganisir karyawan, membagi pekerjaan dengan jelas dan proporsional, hingga, menjadi penengah dan pendengar yang baik untuk karyawan Anda.

2. Manajemen Waktu

Tujuan berikutnya dari people management adalah manajemen waktu yang baik. Jika Anda bisa menerapkan people management dengan baik, maka hal ini akan memberikan dampak bagus dalam pengelolaan waktu setiap karyawan.

Tidak hanya itu, dengan manajemen waktu yang baik tujuan-tujuan perusahaan pun akan cepat dan lebih mudah untuk dicapai. Hal ini karena setiap karyawan sudah mengetahui apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya masing-masing hingga batas waktu pengerjaannya.

People management adalah sebuah cara yang dilakukan seorang manajer untuk bisa mengelola waktu dan mengoptimalkan produktivitas setiap karyawan.

3. Membantu Membangun Budaya Perusahaan

Tujuan lainnya dari people management adalah untuk membantu membangun budaya perusahaan. Hal ini karena sebagai seorang manajer, Anda adalah cerminan atau contoh bagi setiap karyawan.

Apapun yang Anda lakukan akan dilihat dan diperhatikan. Mulai dari hal kecil hingga hal besar sekalipun. Maka dari itu, agar bisa menerapkan people management dengan baik, Anda harus memastikan bahwa Anda bisa berorganisasi dengan baik pula.

Hal ini bisa dimulai dari cara Anda memimpin rapat, cara Anda mengatasi konflik yang ada, cara Anda menyapa setiap karyawan, hingga cara Anda mengajak diskusi karyawan. Semua hal tersebut akan selalu menjadi perhatian para karyawan.

4. Mengoptimalkan Kemampuan Sumber Daya Manusia

Satu lagi tujuan dari people management adalah untuk mengoptimalkan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Tidak dapat dipungkiri, meningkatnya angka turnover karyawan adalah momok yang menakutkan bagi perusahaan.

Hal yang bisa dilakukan dengan people management adalah dengan memberikan apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Misalnya seperti pelatihan dan pengembangan, fasilitas penunjang untuk mendukung produktivitas, hingga benefit lainnya yang bisa membuat karyawan merasa nyaman dan betah berada di perusahaan.

BACA JUGA: 8 Perbedaan Leader dan Boss, yang Mana Karakter Anda?

Soft Skills Wajib untuk Menerapkan People Management

Skill yang dibutuhkan untuk penerapan strategi people management

Sebelum Anda bisa menerapkan people management strategi yang harus dilakukan adalah menguasai beberapa soft skill yang dibutuhkan. Semua tujuan dari people management tidak akan bisa berjalan dengan lancar jika Anda tidak memiliki beberapa soft skill yang dibutuhkan.

Berikut beberapa soft skill dalam people management:

1. Komunikasi dan Open Minded

Soft skill pertama dalam people management adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan open minded. Sebagai manajer, tentu Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh karyawan yang Anda bawahi. Soft skill ini adalah hal dasar yang harus dimiliki.

Bentuk komunikasi yang dibutuhkan adalah komunikasi dua arah yang akan membuat kerja tim semakin solid dan kompak. Tidak hanya itu, sebagai manajer, Anda juga harus bisa mengenali karakter dari setiap karyawan.

Open minded juga merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer. Artinya Anda bisa menerima dan mempertimbangkan pendapat atau gagasan dari orang lain. Selain itu, pikiran yang terbuka juga bisa menciptakan suasana kerja yang penuh dengan rasa percaya dan hormat, hingga karyawan merasa dihargai oleh Anda.

2. Pendengar yang Baik dan Memiliki Empati

Kemampuan selanjutnya yang harus Anda kuasai dalam people management adalah mampu menjadi pendengar yang baik dan memiliki empati. Ada kalanya ketika karyawan membutuhkan bantuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaannya atau hanya sekedar berkeluh kesah tentang kehidupannya, dan sebagainya.

Peran Anda sebagai manajer dalam hal ini adalah berusaha menjadi pendengar yang baik untuk karyawan Anda. Selain itu, hal lain yang dibutuhkan untuk menerapkan people management adalah rasa empati.

Misalnya dengan menunjukan rasa empati kepada karyawan yang bercerita atau menanyakan saran kepada Anda. Dengan menunjukan rasa empati kepada karyawan, artinya Anda sedang berusaha untuk membangun hubungan yang lebih kuat lagi di dalam tim yang Anda pimpin.

3. Manajemen Konflik dan Kesabaran

Konflik merupakan salah satu hal yang biasa terjadi di dalam dunia kerja. Maka dari itu, soft skill yang dibutuhkan dalam people management adalah manajemen konflik dan kesabaran. Anda harus bisa memposisikan diri sebagai penengah di tengah konflik yang terjadi.

Selain itu, Anda juga harus bisa mengambil keputusan yang adil untuk setiap pihak yang terlibat dalam konflik tersebut. Jika tidak, maka hal ini bisa berdampak buruk bagi kinerja tim selanjutnya.

Konflik yang terjadi bisa menjadi tantangan dan tekanan kerja yang semakin berat. Maka dari itu, kemampuan yang harus Anda miliki agar bisa menerapkan people management adalah kesabaran. Bijaksana dalam berpikir juga diperlukan untuk bisa menjaga lingkungan kerja tetap kondusif dan stabil.

4. Kolaborasi dan Kemampuan Berorganisasi

Menjadi seorang manajer, artinya Anda harus bisa melakukan kolaborasi untuk bisa menerapkan people management yang baik. Tidak hanya kolaborasi dengan karyawan, tetapi juga dengan manajer dari divisi lainnya di perusahaan.

Anda akan dituntut untuk bisa melakukan kerja sama dengan tim lainnya demi mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, kemampuan yang dibutuhkan dalam people management adalah kemampuan berorganisasi.

Sebagai manajer, Anda akan melakukan banyak pekerjaan dengan cara multitasking. Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa memastikan semuanya berjalan sesuai dengan SOP perusahaan. Seperti merespon email klien, memastikan timeline tugas yang diberikan, hingga mengadakan meeting sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

5. Delegasi dan Rasa Percaya

Kemampuan lainnya yang dibutuhkan dalam people management adalah delegasi dan rasa percaya kepada karyawan Anda. Delegasi artinya pemberian tugas kepada karyawan berdasarkan porsi kerjanya masing-masing.

Setelah memberikan tugas dengan rata dan adil, hal yang harus dilakukan untuk bisa menerapkan people management adalah rasa percaya kepada karyawan Anda. Berikan tenggat waktu pengerjaan tugas dan jelaskan kepada mereka seperti apa hasil tugas yang diminta.

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempercayai karyawan Anda akan bekerja untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Hal yang perlu Anda hindari dalam people management adalah micromanaging atau pengawasan berlebih kepada setiap karyawan. Hal ini malah akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

6. Fleksibel dan Pengakuan

Fleksibel dan pengakuan adalah kemampuan selanjutnya yang harus dibutuhkan dalam people management. Dalam menerapkan people management adalah artinya Anda harus memahami dan menerima bahwa akan ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas atau masalah.

Tidak hanya itu, sikap fleksibel juga dibutuhkan untuk menyikapi segala perubahan pola kerja yang terjadi di perusahaan. Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan dalam penerapan people management adalah pengukuran dan/atau reward kepada karyawan.

Percayalah bahwa setiap karyawan ingin merasa dihargai dan diakui atas segala kerja keras dan pencapaiannya untuk perusahaan. Hal ini bisa mendorong karyawan untuk memberikan yang lebih baik lagi dalam pekerjaannya. Tentu dalam setiap perusahaan, loyalitas karyawan adalah salah satu aset yang paling berharga.

7. Jiwa Kepemimpinan dan Adaptasi

Satu lagi kemampuan yang dibutuhkan dalam people management adalah jiwa kepemimpinan dan kemampuan untuk beradaptasi. Kemampuan Anda memimpin sebagai manajer adalah hal yang paling penting dan krusial. Pasalnya, Anda harus bisa memotivasi karyawan untuk lebih produktif lagi.

Meskipun kemampuan kepemimpinan bukanlah soft skill yang mudah untuk didapatkan, dengan pengalaman Anda bisa mengasah kemampuan ini. Selain itu, hal yang bisa menyeimbangi penerapan people management adalah adaptasi.

Artinya, Anda harus bisa mengerti dan memahami bahwa semua hal membutuhkan waktu dan adaptasi. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhatikan situasi perusahaan dan kondisi sumber daya manusia yang ada.

Cara Meningkatkan Keterampilan People Management

Cara meningkatkan skill people management

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, untuk bisa menerapkan people management strategi yang dilakukan adalah menguasai beberapa soft skill. Selain itu, ada beberapa strategi lainnya yang bisa Anda lakukan.

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan people management:

1. Lakukan Satu per Satu

Agar keterampilan people management Anda semakin meningkat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah lakukan satu per satu dan fokus terhadap satu pekerjaan di satu waktu. Pelatihan people management yang bisa Anda lakukan adalah fokuskan pikiran dan energi Anda pada satu pekerjaan.

2. Training

Meskipun Anda seorang manajer, tidak ada salahnya untuk melakukan pelatihan people management untuk bisa terus belajar dan mendapatkan pengetahuan baru. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan dari perusahaan atau lembaga lainnya yang mengadakan kelas-kelas profesional.

3. Mentor dan Feedback dari Sesama Manajer

Cara meningkatkan keterampilan people management berikutnya adalah memiliki mentor dan meminta feedback dari sesama manajer. Anda bisa meminta saran dari manajer yang sudah berpengalaman dan bertukar cerita dengan mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai people management, tujuannya, soft skill yang dibutuhkan, hingga people management strategi yang bisa Anda lakukan. Perlu diingatkan kembali bahwa people management adalah sebuah keterampilan untuk mengorganisir dan mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada.

Maka dari itu, agar bisa menerapkan people management dengan baik dan tepat, Anda perlu menguasai beberapa soft skill yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, untuk bisa mendapatkan karyawan yang berpotensi dan berkualitas untuk perusahaan, Anda bisa menaruh informasi lowongan kerja di situs KitaLulus.

Caranya mudah, cukup daftarkan diri sebagai pemasang loker dan mulai cari anggota tim berkualitas dengan #LebihMudah bersama KitaLulus!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd